Techlife

6 Fungsi drone untuk pertanian sebagai kemajuan teknologi

Techdaily.id – Drone merupakan teknologi yang masih terus berkembang. Dari sebuah pesawat tanpa awak dalam ukuran besar, drone berubah berbagai bentuk dengan kelengkapan teknologi lainnya. Seiring inovasi yang ada, drone membantu perkembangan di berbagai sektor, salah satunya pertanian. Setidaknya ada 6 fungsi drone untuk pertanian sebagai kemajuan teknologi saat ini.

BACA JUGA
RRQ Resmi Menjadi Pemenang MPL Season 5, Dukungan realme dalam Dunia Esports Belum Berhenti


Meski di agribisnis ada fungsi drone untuk pertanian, pengiplementasiannya masih terhalang beberapa hal. Entah itu permasalah privasi atau keamanan hingga sumber daya yang masih sedikit untuk menggunakan teknologi ini untuk memberikan tindakan yang tepat pada bisnis pertanian.

Agar wawasan kamu terbuka, setidaknya ada 6 fungsi drone yang perlu kamu ketahui. Setidaknya, fungsi dasar ini bisa tercapai dari teknologi AI dan IoT.

1. Pemetaan lahan
Drone mampu melakukan pencitraan lahan yang luas dalam waktu yang singkat. Dengan adanya pencitraan ini, kamu bisa melakukan perhitungan efektivitas jenis bibit, jarak tanam, dan metode tanam yang tepat.

2. Analisis tanaman
Bayangkan lahan pertanian yang luas memerlukan tenaga ahli untuk memantau pertumbuhan tanaman. Dengan bantuan drone, kamu bisa mengetahui titik populasi tanaman yang pertumbuhannya bagus dan buruk. Lebih jauh lagi, kamu bisa memantau permasalah yang terjadi pada tanaman itu, entah itu karena penyakit, hama perusak, atau permasalahan yang lain. Nantinya, kamu bisa melakukan tindakan yang tepat, entah itu pemangkasan, penanaman bibit baru, atau hal lainnya tergantung permasalah yang ada.

BACA JUGA
Cara Ngehack WhatsApp Orang, Jangan Ditiru Guys!


3. Penanaman
Drone dengan kecerdasan buatan mampu melakukan proses penanaman bibit dengan baik dalam waktu yang relatif singkat dan murah ketimbang tenaga manusia. Tentunya, perhitungan ini tidak saat awal kamu melakukan pengadaan drone untuk lahan pertanian.

4. Pemupukan
Drone juga bisa melakukan pemupukan pada tanaman dengan waktu yang relatif singkat. Meski begitu, kamu tidak perlu takut drone akan saling menabrak atau menghajar benda keras karena ada teknologi ultrasonik dan laser yang membantu membaca struktur lahan. Data pembacaan tanah juga bisa berfungsi untuk penentuan kadar pupuk yang dibutuhkan.

5. Penyiraman
Sama halnya dengan pemupukan, drone juga bisa melakukan penyiraman tanaman dengan takaran yang tepat. Entah itu berdasarkan data karakter tanah dan analisa pertumbuhan tanaman.

6. Irigasi
Sensor thermal, hyperspectral, atau multispectral mampu membaca karakter tanah. Lebih lanjut, kamu bisa melihat apakah suatu lahan mempunyai permasalahan irigasi atau tidak. Dengan begini, tanah kamu akan tetap terjaga kondisinya.

Itulah 6 fungsi drone untuk pertanian sebagai kemajuan teknologi. Semoga kedepannya regulasi penerapan drone dan sumber daya yang ada sudah bisa melakukan penerapan yang maksimal. Dengan demikian, tidak menutup kemungkinan pelaku bisnis di bidang pertanian tetap mengalami regenerasi yang stabil dan bisa melakukan ekspor. –Dan

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close