Tips

Tips Menjaga Baterai Smartphone Biar Awet

Techdaily.id – Masalah satu ini kerap dihadapi oleh pengguna smartphone baik Apple maupun Android. Tak bisa dipungkiri, smartphone digunakan untuk menemani aktivitas seharian. Mulai dari sosial media, browsing internet, streaming film, bahkan bermain game, semua dilakukan dalam satu gadget. Apalagi smartphone sekarang dilengkapi dengan prosesor cepat dan dukungan RAM besar. Aktivitas multitasking di smartphone membuat umur baterai menjadi pendek. Nah, jangan khawatir, berikut ini tips menjaga baterai smartphone biar tetap awet seharian. Simak ulasannya!

BACA JUGA
3 Pilihan HP OPPO Sejutaan Terbaik 2020
  1. Aktifkan Battery Saver

Untuk menghemat daya baterai, ada baiknya kamu mencoba fitur battery saver saat baterai mulai lowbat. Saat ini sudah banyak loh aplikasi yang memiliki fitur battery saver. Dengan mengaktifkan fitur ini, sistem akan otomatis mengurangi performa CPU nya. Untuk para pengguna smartphone Apple, kamu bisa memanfaatkan fitur bawaan yakni Low Battery Mode.

  1. Atur Kecerahan Smartphone

Bukan cuma mitos, tips satu ini dapat menjaga baterai smartphone biar awet seharian. Aturlah kecerahan layar ke yang paling rendah, jadi baterai smartphone kamu akan lebih tahan lama untuk digunakan seharian. Ada pula fitur auto-brightness, namun lumayan menguras baterai kamu. Jadi baiknya, atur manual saja. Saat berada di tempat terang, naikkan tingkat kecerahannya hingga kamu bisa melihat layar dengan jelas.

  1. Aktifkan Airplane Mode

Tidak ada salahnya mengubah fitur smartphone ke airplane mode untuk beberapa saat. Daya baterai kamu tidak terbuang, dan kamu bisa memanfaatkan quality time bersama teman dan keluarga tanpa gangguan notifikasi. Lokasi base transceiver station (BTS) operator yang jauh dari smartphone juga mempengaruhi umur baterai loh. Saat berada di daerah yang susah sinyal, lebih baik kamu aktifkan fitur ini.

  1. Jangan Sampai Overheat

Nah, penggunaan HP seharian untuk gaming atau streaming film dapat membuat smartphone cepat panas. Bahkan jika terlalu panas, smartphone akan secara otomatis mengeluarkan notifikasi untuk mengistirahatkan gadget. Jangan biarkan hal ini terjadi! Jika smartphone overheat, umur baterai akan semakin terkuras. Untuk itu, gunakan smartphone dengan bijak dan hindari handphone terpapar sinar matahari langsung. Smartphone akan cepat panas, mengembung, dan mudah drain.

  1. Siklus Pengecasan

Pada handphone jadul, baterai dibiarkan terisi seharian agar penuh. Nah, sekarang hal ini sudah ditinggalkan karena smartphone dilengkapi sistem yang akan menghentikan daya listrik otomatis ketika baterai terisi penuh. Konon menurut sebuah teori, cara pengisian baterai smartphone yang benar dilakukan saat baterainya tinggal 40 persen dan dicabut setelah terisi 80 persen. Hal ini dilakukan untuk menjaga siklus baterai, apalagi sekarang sudah banyak smartphone dengan fitur fast charging.

BACA JUGA
Cara Bayar Youtube Premium via Gopay
  1. Bijak Menggunakan Lokasi

Tak heran baterai cepat habis, fitur lokasi di smartphone yang aktif terus-menerus bisa menguras daya loh. Biar baterai tetap awet, matikan fitur lokasi dari pengaturan saat tidak menggunakan aplikasinya. Baterai yang cepat habis akan membuat kamu ketergantungan dengan powerbank. Saat mencari lokasi dengan bantuan Google Maps dan Waze, barulah aktifkan fitur GPS.

  1. Matikan Notifikasi

Saat beraktivitas di luar rumah dan kondisi baterai tidak penuh, cobalah tips satu ini untuk menghemat daya baterai. Matikan notifikasi dari beberapa aplikasi yang kamu anggap tidak perlu dan tidak akan dibuka seharian. Cara ini efektif untuk menghemat baterai dan menghilangkan kecanduan bermain gadget. Untuk mengaturnya, masuklah ke menu Settings, pilih aplikasi yang kamu ingin matikan notifikasinya dan pada bagian Show Notification, hilangkan centangnya.

Nah, itulah tips menjaga baterai smartphone biar awet seharian. Mudah kan? Pastikan juga smartphone kamu tidak dalam mode getar dan menggunakan wallpaper statis yang tidak memakan daya baterai. Selain itu, update OS dan aplikasi terbaru baiknya terhubung dengan WiFi dulu, ya. Selamat mencoba! (rin)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close