Rekomendasi

Review realme C12, Pilihan Terbaik Untuk Sekolah Online!

Techdaily.idrealme kembali menghadirkan smartphone terbaru lagi di lini C series mereka yakni realme C12. Ulasan tentang review realme C12 bisa menjadi sebuah bahan pertimbangan yang menarik mengingat ponsel ini menjanjikan sederet fitur unggulan dengan harga terjangkau, melengkapi jajaran ponsel entry-level dengan spesifikasi mumpuni yang patut untuk dipertimbangkan.

BACA JUGA
Siapa Bilang Jelek, Yuk Intip Kelebihan Helio P90 yang Jadi Chipset nya OPPO Reno 3

Secara lembar spesifikasi, realme C12 sendiri sejatinya memiliki jabaran spesifikasi yang mirip dengan seri C15 dan C11. Nah, buat kamu yang penasaran dengan smartphone ini, yuk simak review berikut.

Desain & Layar

Review realme C12 kita mulai dari bagian layar. Ponsel ini dilengkapi dengan layar seluas 6,5 inci dengan aspek rasio 20:9, ponsel ini hadir dengan bidang pandang yang lebih luas, memberikan pengalaman menakjubkan untuk bermain game dan menonton video hingga aktivitas belajar online dengan pengalaman layar hampir penuh pada ukuran 6.5 inci.

Struktur internal layar realme C12 mengadopsi proses susunan baru yang ditingkatkan berdasarkan fungsi, secara kreatif menarik bagian dan komponen lebih dekat satu sama lain sehingga area poni berkurang sebesar 30,9% dibandingkan dengan poni dewdrop normal dan menghadirkan rasio layar hingga 88,7%. 

Pada body belakang, nantinya pengguna akan mendapati konsep desain yang sama dengan dua seri terdahulu yakni C11 dan C15 yakni Geometric Gradient Design yang hadir dalam dua pilihan warna yakni Marine Blue and Coral Red.

Oh ya, hal menarik lainnya adalah soal kotak penjualan. Kotak penjualan realme C12 memiliki sisi artistic yang unik. Kotaknya didesain secara khusus oleh fans realme yang menang kompetisi #gambarinboxrealme. Ini juga menunjukkan bahwa realme sangat menghargai para penggemarnya.

Kamera

review realme c12

Review realme C12 selanjutnya adalah bagian kamera. Ponsel terbaru realme ini hanya mengusung tiga kamera belakang saja. Meski begitu, terdapat satu lensa yang dedicated untuk pengambilan mode makro. Konfigurasi kamera belakang ponsel ini adalah 13MP sebagai kamera utama, 2MP sebagai kamera BW dan 2MP sebagai lensa makro. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 5MP, lengkap dengan dukungan penuh dari AI. 

Beberapa fitur unggulan juga tetap hadir pada kamera realme C12 ini seperti Chroma Boost, HDR hingga mode malam yang kualitasnya kurang lebih sama dengan seri C15. Untuk hasilnya, silahkan scroll kebawah ya.

 

Dapur Pacu & Performa

review realme c12

realme C12 hadir dengan dukungan dapur pacu yang mirip dengan dua pendahulunya yakni seri C11 dan C15. Ponsel ini masih didukung oleh chipset MediaTek Helio G35 yang menurut kami masih cukup worth it digunakan untuk kegiatan belajar online maupun para driver ojol. 

Chipset ini memiliki delapan-inti yang dibuat dengan proses produksi 12nm dan kecepatan 2,3Ghz, mengadopsi  struktur Cortex A53, menjadikannya salah satu prosesor tercepat dan terbaru dalam kategorinya. 

Prosesor ini diklaim sangat ideal untuk pengguna smartphone dan gamer pemula karena dapat mengatasi sebagian besar aplikasi dan game menengah dan berat yang banyak digunakan.

Chipset ini ditemani oleh RAM berjenis LPDDR4 berukuran 3GB dengan penyimpanan internal sebesar 32GB. Buat kamu yang belum tahu, jika dibandingkan dengan LPDDR3, kinerja grafis pada RAM berjenis ini meningkat sebesar 20% dan kinerja RAM meningkat 100%.

Untuk menguji performanya, kami memainkan beberapa game seperti Mobile Legends:Bang-Bang dan Call Of Duty Mobile. Kami juga menguji performa dari ponsel ini menggunakan dua alat benchmark yakni Geekbench 4 dan PCMark dan berikut hasilnya. 

-CODM

review realme c12

Saat memainkan game Call of Duty Mobile, realme C12 hanya mampu memberikan setingan grafis low dengan frame rate High. Meski begitu, dengan konsep layar yang cukup lebar, menjadikan pengalaman bermain game ini cukup menyenangkan. 

-Mobile Legends

review realme c12

Berbeda dengan CODM, Pada game Mobile Legends ponsel ini mampu menyajikan setingan grafis High yang menurut kami sudah cukup baik untuk para pemula. 

-Geekbench 4

review realme c12

Pada benchmark yang satu ini, realme C12 mampu mendapatkan skor 896 untuk single core dan 4263 untuk multi core nya. 

-PCMark

review realme c12

Sedangkan untuk PCMark, realme C12 mampu meraih skor 5950 untuk pengujian Work 2.0. Berbeda dengan pengujian Geekbench, pada benchmark ini perangkat terbaru realme tersebut mampu mengungguli realme C15 yang hanya mampu memperoleh skor 5906 pada pengujian yang sama.

OS & UI

 

review realme c12

Review realme C12 kami lanjutkan ke bagian OS & UI serta beberapa fitur penting yang ada pada smartphone. realme C12 menggunakan realme UI berbasis Android 10. realme UI dibangun dengan memikirkan banyak aspek yang bertujuan untuk pengalaman Android yang ditingkatkan dan lebih dekat. realme UI juga cukup enteng dan sederhana, meski secara tampilan kamu tidak akan menemukan efek grafis dan perpaduan warna khas yang ada di UI ponsel lainnya. 

Satu fitur unggulan yang sepertinya perlu kami highlight adalah Game Space yang menurut kami benar-benar bisa diandalkan untuk aktivitas gaming. 

Setidaknya, terdapat tiga pilihan kinerja yang bisa kamu pilih pada Game Space. Pertama adalah Competition Mode, jika memilih opsi ini, maka ponsel akan secara otomatis mengerahkan semua sumber daya secara optimal saat kamu sedang bermain game. Akan tetapi, konsekuensinya adalah daya tahan baterai yang cenderung lebih cepat habis.

Opsi kedua adalah Balanced Mode, kami menyarankan agar memilih opsi ketika kamu tengah bermain game dengan tingkat grafis yang tidak terlalu berat. Opsi ini akan menyeimbangkan penggunaan baterai dan performa ponsel, meski performanya tidak akan se ekstrim opsi pertama.

Terakhir adalah Low Power Mode, opsi ini merupakan pilihan yang cukup bijak ketika kamu ingin bermain game sembari menghemat baterai. Opsi ini layak jadi pilihan ketika kamu berada pada sebuah lokasi di mana sulit untuk menemukan sumber pengisian daya.

Baterai

Review realme C12

Review realme C12 masuk ke bagian baterai. Ponsel ini memiliki baterai berkapasitas 6000mAh yang menurut kami sangat besar untuk ukuran ponsel entry level. 

Bahkan, menurut hasil tes di realme Lab, ponsel ini sanggup bertahan hingga 57 hari dalam mode siaga (standby). Tidak hanya itu, ponsel ini juga mendukung OTG reverse charging yang memungkinkan realme C12 menjadi sebuah powerbank.

Untuk menguji performa dari baterai ponsel ini. Kami menggunakan dua software benchmark yakni PCMark dan Geekbench 4 dan berikut hasilnya.

Review realme C12

Pada benchmark yang satu ini realme C12 berhasil memperoleh skor 7047 sementara untuk PCMark, smartphone ini mampu bertahan selama 14 jam 31 menit. Sebuah hasil yang cukup berbeda ketimbang milik realme C15. 

BACA JUGA
Samsung Galaxy Tab A7, Jadi Solusi Ampuh Untuk Hadapi PSBB

Kesimpulan

Review realme C12 akhirnya masuk ke bagian kesimpulan. Nampaknya realme memang sengaja ingin melengkapi jajaran smartphone entry-level untuk pengguna dengan meluncurkan beberapa smartphone C-series dalam waktu yang berdekatan. Hal ini tentu saja akan menguntungkan konsumen untuk dapat memilih ponsel sesuai dengan kebutuhan dan budget masing-masing.

Menurut kami smartphone ini bisa menjadi sebuah alternatif untuk mendukung kegiatan belajar mengajar secara online di masa pandemi seperti saat ini. Selain itu, ponsel ini juga cocok digunakan oleh armada Ojek Online lantaran kapasitas baterainya yang sangat besar.

Setidaknya terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan pada ponsel terbaru dari realme ini, dan berikut hasilnya. 

BACA JUGA
Samsung Garap Powerbank Fast Charging

(+) kelebihan

  • Kapasitas baterai super besar dan mendukung OTG reverse charging
  • Dapur pacu cukup kuat untuk menunjang kegiatan sekolah online atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
  • Desain premium memberikan kesan mewah

(-) kekurangan

  • Belum tersematnya fitur pengisian daya cepat, padahal memiliki baterai dengan kapasitas besar.
  • Belum adanya perlindungan dari Corning Gorilla Glass pada bagian layar yang menurut kami cukup berisiko. 

Buat kamu yang tertarik dengan produk ini, kamu bisa langsung memilikinya disini

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close