Smartphone

Review OPPO Reno4, Paket Lengkap 4 Jutaan!

Techdaily.idOPPO belum lama ini meluncurkan smartphone seri Reno terbaru mereka yakni OPPO Reno4. Tim Techdaily berkesempatan untuk melakukan review OPPO Reno4 yang hadir dengan sederet fitur premium di rentang harga 4-5 jutaan.

BACA JUGA
5 Smartphone Sejutaan Untuk Abang Ojol

OPPO Reno4 sendiri telah memulai kegiatan pre order mereka sejak tanggal 6 Agustus 2020. Konsumen yang memesan perangkat ini selama periode Pre-Order akan mendapatkan hadiah langsung berupa smart bracelet, Bluetooth headset, dan smartphone standing holder senilai 1 juta rupiah. Sedangkan penjualan perdananya dimulai pada 15 Agustus 2020.

Nah, bagi kamu yang ingin membeli ponsel ini, tidak ada salahnya jika membaca ulasan tentang review OPPO Reno4 yang sudah kami siapkan. Berikut ulasan lengkapnya.

Desain & Layar

Review OPPO Reno4 kita mulai dari bagian desain dan juga layarnya. Ponsel ini OPPO hadir dengan dua pilihan warna yakni Space Black dan Galactic Blue. Reno4 memiliki dimensi 160.3mm x 73.9mm x 7.7mm dengan berat 165 gram.

Sementara untuk layarnya sendiri, OPPO Reno4 menggunakan layar Amoled berukuran 6,4 inci dengan resolusi FHD+ yang sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5. Pada layarnya, terdapat dua buah kamera berkonsep punch hole di sisi kiri atas yang akan kita bahas secara lengkap pada bagian kamera. 

Beralih ke bagian bawah ponsel, kamu akan mendapati lubang speaker, port USB Type C, dan port jack audio 3.5 mm. Sedangkan di sisi kanan terdapat tombol power dan pada sisi kiri terdapat tombol volume Up & Down serta tray sim card. Pada bagian atas, kami hanya menemukan satu lubang antena kecil yang terletak di bagian atas kanan. 

Bergeser ke bagian body belakang, kami yang kebagian warna Space Black cukup terpesona dengan desainnya. Pasalnya, terdapat grafir logo OPPO pada bagian body belakang, tepatnya terletak di sisi bawah. 

Kemudian, terdapat logo Reno di sisi yang sama dan deretan 4 kamera belakang di kiri atas. Menurut kami, desain ponsel ini sangat futuristik dan elegan. Apalagi ditambah dengan bobotnya yang sangat ringan di genggam. 

BACA JUGA
Intip Smartphone Layar Gulung Pertama OPPO

Kamera

review OPPO Reno4

Review OPPO Reno4 kita lanjutkan ke bagian kamera. Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, kamera OPPO Reno4 menjanjikan sederet fitur unggulan yang salah satunya belum dimiliki oleh ponsel merk lain. 

OPPO Reno4 hadir dengan empat kamera belakang yang punya resolusi 48MP, 8MP, 2MP dan 2MP. Sementara kamera depannya terdapat satu buah kamera yang bisa digunakan yang punya resolusi 32MP. Sedangkan kamera depan lainnya dimanfaatkan sebagai sensor untuk AON Smart Sensor. 

Kami menjajal kemampuan kamera dari ponsel ini. Baik untuk foto maupun video. Khusus untuk foto, ponsel ini memiliki beberapa fitur terbaru yang sangat ciamik. Beberapa fitur tersebut yakni AI Color Portrait dan Night Flare Portrait. OPPO juga masih mempertahankan fitur kamera lainnya seperti Ultra Dark Mode dan 108MP Ultra Clear Image. 

Hasil foto di bawah ini menunjukan bagaimana kualitas dari kamera OPPO Reno4 yang menurut kami sangat bagus di kelasnya. Sementara untuk fitur dan hasil videonya, kamu bisa lihat disini.

Performa

review OPPO Reno4

OPPO Reno4 hadir dengan dapur pacu yang menurut kami masih cukup kuat. Ponsel ini menggunakan chipset Snapdragon 720G yang punya kecepatan hingga 2.3 Ghz dengan sistem fabrikasi 8nm. 

Sementara untuk bagian RAM nya sendiri. Ponsel ini menggunakan RAM berkapasitas 8GB berjenis LPDDR4X. RAM besar ini juga disandingkan dengan penyimpanan internal sebesar 128GB yang bisa diperluas hingga 256GB.

Untuk menjajal performa nya, kami menggunakan dua software benchmark yakni Geekbench 4 dan PCMark. Kami juga menjalankan dua game populer yakni PUBG dan Call Of Duty Mobile (CODM) dan berikut hasilnya.

Geekbench 4

review OPPO Reno4

Pada Geekbench 4, OPPO Reno4 berhasil memperoleh skor 2671 untuk single core nya dan 7152 untuk multi core nya. Hasil ini cukup bagus untuk chipset gaming kelas menengah yakni Snapdragon 720G.

PCMark

review OPPO Reno4

Pada pengujian PCMark, OPPO Reno4 berhasil memperoleh skor 8064. Sebuah peningkatan yang cukup signifikan dari seri OPPO Reno3 yang berhasil memperoleh skor 6764. 

PUBG

review OPPO Reno4

Saat memainkan game PUBG, kami tidak merasakan adanya lag atau delay pada layar sentuh dari ponsel ini. OPPO Reno4 juga berhasil menyuguhkan setingan grafis HD dan Frame rate High yang menurut kami sudah cukup. Visualisasinya juga sangat tertolong oleh layar Amoled dengan resolusi yang cukup tinggi. 

CODM

review OPPO Reno4

Saat bermain CODM, Ponsel ini mampu menghadirkan settingan grafis Rata Kanan. Ponsel ini mampu menyajikan grafis very high dan frame rate very high pula. 

 

OS & Fitur

review OPPO Reno4

OPPO Reno4 merupakan ponsel pertama OPPO yang berjalan di ColorOS 7.2 dengan sistem operasi android 10. 

ColorOS 7.2 memang benar-benar dihadirkan untuk mengerti pengguna. Salah satu fitur unggulan ColorOs 7.2 yakni AI APP Preloading mempertegas hal tersebut. 

Melalui algoritma Al, ColorOS secara cerdas memprediksi aplikasi apa yang akan digunakan oleh pengguna, kemudian menjalankannya secara lebih cepat.

review OPPO Reno4

Simpelnya, fitur ini menganalisa behavior pengguna dalam penggunaan smartphone, khususnya aplikasi. Semisal, pengguna biasa membuka aplikasi WhatsApp tiap jam 8 pagi. Maka pada jam tersebut, aplikasi WhatsApp bisa digulirkan dengan cepat.  Selain itu, Al APP Preloading memiliki konsumsi baterai Nol, pengguna akan mendapatkan ponsel yang lebih cepat tanpa konsumsi baterai tambahan.  

Terdapat pula beberapa fitur lainnya seperti Icon Pull Down Gesture, Gravity Wallpaper dan OPPO Lab pada ColorOS versi terbaru ini. Selain itu, OPPO Reno4 juga merupakan smartphone pertama OPPO yang akan mendapatkan update fitur dari Soloop yang nantinya bakal hadir dengan fitur unggulan seperti sinematik dengan durasi waktu yang lebih panjang.

Baterai

review OPPO Reno4

OPPO Reno4 menggunakan baterai berkapasitas 4015 mAh yang menurut kami cukup besar dan irit, apalagi didukung oleh ColorOS 7.2 yang memang sangat efisien dalam penggunaan daya. 

Baterai ini juga disandingkan dengan sistem pengisian daya cepat khas OPPO yakni 30W VOOC 4.0 yang mampu mengisi ulang daya ponsel dari nol hingga penuh dalam kurun waktu 57 menit.

review OPPO Reno4

Kami juga melakukan pengujian menggunakan Geekbench 4 dan PCMark untuk ‘menyiksa’ baterai dari ponsel ini. Hasilnya, pada Geekbench 4 ponsel ini mampu menghasilkan skor baterai mencapai 8293 sementara untuk PCMark, OPPO Reno4 mampu bertahan hingga 15 jam 32 menit.

BACA JUGA
Samsung dan LG Bikin Layar Portabel untuk Smartphone?

Kesimpulan

Menurut kami OPPO Reno4 menjadi paket lengkap untuk rentang harga Rp.4-5 juta rupiah. Hadirnya banyak fitur kamera yang ciamik serta dukungan ColorOS 7.2 membuat ponsel ini memiliki interface dan kemampuan layaknya ponsel flagship. 

OPPO Reno4 sendiri dibanderol dengan harga Rp. 4.999.000,- Proses pemesanan perangkat ini berlangsung mulai 6 hingga 14 Agustus 2020. 

Buat kamu yang menginginkan ponsel ini, kami menyarankan untuk mengikuti kegiatan Pre-order karena konsumen yang memesan perangkat ini selama periode Pre-Order akan mendapatkan banyak hadiah langsung seperti smart bracelet, Bluetooth headset, dan smartphone standing holder senilai 1 juta rupiah. 

Selain itu konsumen juga akan mendapatkan bonus kuota Telkomsel TAU hingga 30GB. OPPO Reno4 akan dijual perdana pada 15 Agustus 2020.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Close
Close