GadgetRekomendasi
Trending

Gaming Test OPPO Reno4, Bisa Apa?

Techdaily.ID Awal Agustus lalu, OPPO Reno4 resmi mendarat di Indonesia dengan harga Rp. 4.999.000. Ponsel baru OPPO ini mengusung sederet fitur andalan. Dari sekian banyak fitur jagoannya, ColorOS 7.2 dan fitur gaming menjadi daya tarik tersendiri Reno4.

BACA JUGA
Nokia 6.1 Plus Sudah Bisa Cicipi Android 10

Seperti yang kita ketahui, Reno4 merupakan ponsel pertama yang kebagian sistem operasi baru OPPO yakni ColorOS 7.2. Sistem operasi berbasis Android 10 ini memboyong segudang fitur menarik yang cocok buat gaming seperti Quick Return Bubble, Super Power Saving Mode dan Game Space.

Bagi pengguna setia smartphone OPPO, pastinya sudah tak asing lagi dengan fitur Game Space. Namun, fitur Game Space pada Reno4 ini telah mengalami sejumlah peningkatan dibandingkan pendahulunya.

Fitur Game Space baru ini mampu memaksimalkan kinerja Reno4 ketika bermain game apapun. Kamu juga bisa menambahkan game atau aplikasi apapun di Game Space.

Saat bermain game online, Game Space juga mampu menstabilkan jaringan dimana pun kamu berada berkat fitur Signal Strength. Jadi, tidak perlu khawatir putus koneksi saat asik bermain game online. Tak hanya itu, Game Space baru ini didukung fitur Competition Mode, Balanced Mode dan Low Power Mode yang mampu menghemat daya baterai.

Masih soal daya tahan, ColorOS 7.2 disokong fitur baru Super Power Saving Mode pada ColorOS 7.2. Super Power Saving Mode memanfaatkan pendekatan seluruh sistem seperti penyesuaian frekuensi CPU dan penyesuaian cahaya latar dan menyesuaikan penghematan daya untuk masing-masing aplikasi.

Di fitur Super Power Saving Mode ini kamu bisa mengatur aplikasi apapun termasuk game untuk menghemat daya ponsel. Ketika baterai ponsel pengguna turun menjadi 10% dan 5%, sebuah pesan pop-up akan muncul yang meminta pengguna untuk mengaktifkan mode Super Power Saving Mode. Dengan fitur Super Power Saving Mode, kamu dapat berkirim pesan WhatsApp selama 1,5 jam dan menelepon lebih dari 1 jam dengan baterai hanya 5%.

Satu lagi fitur gaming baru pada ColorOS 7.2 yang bisa Techviewer coba di Reno4 adalah Quick Return Bubble. Sesuai namanya, fitur ini merupakan gelembung ikon mengambang di layar yang menampilkan informasi dari game yang berjalan pada latar belakang. Misalnya, ketika kamu menunggu untuk respawn (aksi pemain yang hidup kembali setelah terbunuh) dalam game, maka kamu dapat beralih ke layar lain sambil masih dapat melihat waktu respawn dalam gelembung.

Ketika pengguna ingin melakukan respawn, maka mereka dapat mengetuk gelembung untuk kembali ke permainan. Hingga saat ini, fitur Quick Return Bubble baru mendukung sejumlah game seperti PUBG, Mobile Legends dan AoV saja.

Cara mengaktifkan Quick Return Bubble ini cukup mudah. Ini caranya.

  1. Buka menu setting.
  2. Pilih Convenience tools.
  3. Lalu pilih Quick Return Bubble.
  4. Kemudian geser toggle ke kanan untuk mengaktifkan Quick Return Bubble.
  5. Selanjutnya pilih game yang ingin menggunakan Quick Return Bubble dengan cara menggeser toggle ke kanan.

Selain fitur gaming, Reno4 juga mengusung sejumlah spesifikasi mumpuni untuk gaming. Misalnya chipset Snapdragon 720G yang punya kecepatan hingga 2.3 Ghz dengan sistem fabrikasi 8nm. Dapur pacunya ditunjang RAM berkapasitas 8GB berjenis LPDDR4X disandingkan dengan memori internal 128GB yang bisa diperluas hingga 256GB.

Baterainya juga cukup besar untuk gaming yakni 4015mAh didukung fitur VOOC 4.0 berdaya 30 watt. Selain itu, layar AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi FHD+ yang dilapisi Corning Gorilla Glass 5 yang pas banget buat game.

Nah, daripada Techviewer penasaran, langsung saja kita lakukan tes gaming di Reno4. Kali ini game yang Redaksi Techdaily gunakan untuk tes adalah Mobile Legends: Bang Bang dan PUBG Mobile.

Mobile Legends: Bang Bang

Kami memainkan game ini selama satu jam yakni dimulai pada pukul 12.45 hingga 13.45. Pada game populer tersebut, OPPO Reno4 berhasil menyuguhkan settingan grafis High dan mampu mengoptimasi Frame Per Second dari game tersebut.

Selama satu jam pemakaian, kami tidak merasakan adanya lag ataupun suhu ponsel yang terlampau panas. Ini juga berkat balutan material metal berlapis kaca Corning Gorilla Glass 3 yang mampu meredam suhu panas. Meski berbalut kaca, Reno4 tidak licin ketika dipegang untuk bermain game.

Daya tahan baterainya juga cukup irit ketika bermain game selama satu jam. Dengan masuk ke Competition Mode di Game Space, baterai ponsel ini tetap terasa awet.

Tercatat, baterai ponsel ini hanya berkurang 10% saja untuk bermain Mobile Legends selama satu jam. Dukungan fitur Super Power Saving Mode ketika kami aktifkan saat gaming terbukti mampu menghemat daya baterai.

Jaringan juga cukup stabil ketika bermain game Mobile Legends: Bang Bang berkat dukungan fitur Signal Strength pada Game Space. Jadi Techviewer tidak perlu khawatir AFK (Away From Keyboard) saat koneksi tidak stabil.

Selanjutnya yang kami paling suka adalah fitur Quick Return Bubble. Fitur ini sangat berguna ketika bermain game Mobile Legends: Bang Bang, terutama saat karakter yang kita gunakan sedang respawn. Saat respawn, kita bisa melihat waktu karakter game kita hidup kembali dan beralih ke aplikasi lain berkat dukungan fitur Quick Return Bubble.

Layar AMOLED berukuran 6,4 inci cukup luas dan nyaman ketika bermain game Mobile Legends: Bang Bang. Ditambah lagi bezel di sekujur layar lebih tipis.

Resolusi layar FHD+ juga menyuguhkan grafis yang cukup tajam. Suara yang dihasilkan Reno4 ketika gaming cukup jernih dan stereo.

PUBG Mobile

 

Selanjutnya kami bermain game PUBG dengan durasi yang sama sekitar satu jam dari pukul 18.05 sampai 19.05. Melalui settingan tertinggi dengan graphics HD dan frame rate High, Reno4 sanggup melibas habis game PUBG dengan mulus.

Tidak ada lag sedikit pun seperti saat bermain game Mobile Legends: Bang Bang. Suhu ponsel pun cukup stabil, tidak terasa panas setelah bermain game selama satu jam.

Reno4 tidak terlalu menyedot banyak daya saat bermain game PUBG. Sama seperti saat bermain bermain Mobile Legends: Bang Bang, daya yang berkurang hanya 10% dari 78% menjadi 68%. Jelas ini setelah kami menggunakan Competition Mode di Game Space dan mengaktifkan Super Power Saving Mode.

Sama halnya ketika bermain game Mobile Legends: Bang Bang, layar Reno4 memberikan kenyamanan tersendiri. Control pada game PUBG pun terasa cukup responsif. Resolusi FHD+ pada Reno4 terasa semakin nyata saat bermain game PUBG yang menyuguhkan tampilan visual lebih detail.

Ketika bermain game PUBG, suara yang keluar terasa lebih powerfull dan menggelegar. Terutama saat baku tembak dengan lawan main.

Setelah melewati pengujian kedua game tersebut, Reno4 mampu memberikan performa maksimal, hemat daya, jaringan stabil, audio powerful dan layar lebih luas. Kira-kira game mana yang bakal Techviewer mainkan di Reno4 ? Mobile Legends: Bang Bang atau PUBG Mobile ?

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close