Tips

Cara Melacak Lokasi Seseorang dengan Nomor HP, Mudah dan Langsung Ketemu

Techdaily.id – Perkembangan teknologi memudahkan siapa saja untuk mendapatkan informasi. Bermodalkan smartphone, bukan tidak mungkin kamu melacak lokasi seseorang hanya dengan nomor ponselnya. Dengan melacak lokasi, kamu bisa mengetahui dengan jelas keberadaan teman, pacar, adik, atau orang tua saat tak ada kabar. Penasaran kan?  Simak cara melacak lokasi seseorang dengan nomor HP yang tidak memerlukan waktu lama, lewat aplikasi dan provider seluler.

BACA JUGA
Resmi Meluncur, Ini Harga realme C11
  1. Lacak Melalui Operator
  • Melacak Nomor HP Indosat: Untuk para pengguna provider Indosat, kamu bisa melacak lokasi nomor HP melalui layanan SMS. Cukup dengan mengetik LACAK (spasi) nomor HP Indosat, kirim ke 9111.
  • Melacak Nomor HP XL: Untuk para pengguna provider XL, kamu juga bisa menggunakan layanan SMS. Dengan cara ketik CARI (spasi) nomor HP XL tujuan, kirim ke 9455. Untuk layanan SMS ini, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 1.000 per sms.
  • Melacak Nomor HP Telkomsel: Untuk para pengguna provider Tsel, kamu bisa menggunakan fitur Telkomsel Finder. Untuk melacak nomor HP tujuan, masukkan nomor tersebut pada kolom yang tersedia di layanan tersebut.
  1. Lacak Menggunakan Aplikasi HLR Lookup

Aplikasi HRL Lookup juga dapat membantu kamu melacak nomor HP untuk mengetahui lokasi orang tersebut. Untuk diketahui, HRL (Home Location Register) akan memberi tahu kamu dimana kartu provider tersebut didaftarkan. Aplikasi ini dapat kamu unduh melalui Google Play Store. Setelah di install, buka aplikasi HRL Lookup, kemudian masukkan nomor HP pada kolom yang tersedia dan tekan “Check” atau ikon tanda panah. Setelah itu, akan muncul data-data dari nomor HP tersebut berupa data kota negara, provider, dan lainnya.

  1. Lacak Menggunakan Google Maps

Cara melacak lokasi seseorang dengan nomor HP selanjutnya bisa menggunakan aplikasi Google Maps. Google Maps adalah layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini dapat diunduh oleh para pengguna Apple di App Store dan pengguna Android di Google Play Store. Kamu dapat melacak lokasi teman dengan persetujuannya. Pertama, mintalah temanmu membuka aplikasi Google Maps, lalu mengklik foto profil di pojok kanan atas. Akan terlihat opsi “Share Location”, dan bisa dipilih pengirimannya melalui Whatsapp, SMS, ataupun email. Dalam hal ini, temanmu bisa memilih kontak yang ingin dibagikan lokasinya dan menentukan durasi sharing lokasi.

Bisa pula dengan memilih opsi “Sampai Anda menonaktifkan ini”, dimana sharing lokasi tidak lagi berlaku saat temanmu menutup aplikasi Google Maps.   Setelah mendapatkan lokasi dari teman, kamu dapat mengklik link tersebut dan akan diarahkan ke aplikasi Google Maps.

  1. Lacak Menggunakan WhatsApp

WhatsApp Messenger adalah aplikasi bertukar pesan untuk smartphone dengan menggunakan paket data internet. Untuk mengetahui posisi teman dan keluarga, kamu dapat memanfaatkan fitur Live Location yang tersedia di aplikasi WhatsApp. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengarahkan temanmu membuka aplikasi Whatsapp, membuka room chat, dan mengklik icon “+”. Akan terlihat opsi “Location”, dan opsi untuk “Share Live Location” yang dapat terdeteksi selama 1 atau 8 jam.

Nah, itulah beberapa cara melacak lokasi seseorang dengan nomor HP yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui posisi orang lain. Dengan begini, kamu bisa mengetahui posisi temanmu bila benar-benar sudah on the way (otw) atau belum. Selain itu, kamu bisa melacak nomor HP yang tidak dikenal dan segera memblokir nomor tersebut bila mengganggu. (rin)

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close