ReviewWearable devices

Review Xiaomi Mi Band 5, Pilihan Cocok Saat PSBB

Techdaily.idBuat kamu yang sedang mencari wearable device untuk aktivitas kamu selama masa PSBB lanjutan, mungkin ulasan review Xiaomi Mi Band 5 ini cocok menjadi rujukan.

BACA JUGA
Casio Pro Trek WSD-F30, Smartwatch Tahan Banting

Seperti diketahui, saat ini banyak orang yang lebih sering menghabiskan waktu mereka di rumah, atau setidaknya di sekitar rumah. Bahkan untuk berolahraga saja, tidak sedikit dari masyarakat yang melakukannya di sekitar rumah mereka saja, alih-alih menuju pusat kebugaran seperti biasanya.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan banyak orang untuk membeli perangkat smart watch ataupun smart band seperti Mi Smart Band 5 ini. 

Khusus untuk wearable device milik Xiaomi yang satu ini, tim redaksi Techdaily mendapatkan kesempatan untuk menguji perangkat ini sekaligus menjajal banyak fitur unggulannya. Berikut ulasannya. 

Desain & Layar

review Xiaomi Mi band 5

Review Xiaomi Mi Band 5 kita awali pada bagian desain & layar. Kita semua setuju kalau salah satu alasan mengapa kita membeli sebuah perangkat adalah desain dari perangkat tersebut kan. Pada Mi Band 5 ini, kita disuguhkan oleh desain yang mirip dengan pendahulunya yakni Mi Band 4. 

Akan tetapi, pada bagian layar kamu akan menemukan layar AMOLED berukuran 1,1” membuat notifikasi yang diterima bisa dibaca dengan jelas. Layar ini sedikit lebih luas ketimbang Mi Band 4 yang hanya berukuran 0,95 inch.

Selain itu, layar perangkat ini memiliki resolusi 126 x 294 piksel, kedalaman warna 16 bit, dan tingkat kecerahan 450 nits yang mampu menampilkan konten berwarna dengan cukup jelas dan terang.

Xiaomi sendiri menghadirkan pengaturan tingkat kecerahan mencapai lima tingkat dari redup hingga paling terang. 

Dengan layar yang lebih lebar, kamu bisa lebih leluasa melihat dan menyentuh tampilan berbagai menu pada perangkat ini. Akan tetapi, strap milik Mi Band 4 tidak bisa digunakan di perangkat ini. Namun, terdapat beberapa pilihan warna strap yang bisa dipilih seperti warna jingga, kuning, navy, hitam, biru, hijau mint dan teal. Warna-warna ini bisa mewakili kepribadian kamu loh, jadi jangan asal pilih warna ya. 

Tim Techdaily sendiri mendapatkan warna hitam yang cukup elegan. Strap Mi Band 5 juga cukup nyaman saat bersentuhan dengan kulit, hanya saja kami agak khawatir dengan ujung strap yang bisa saja putus. 

Masih pada bagian layar, kamu dijamin tidak akan bosan dengan perangkat ini lantaran banyak memiliki tampilan muka atau watch face yang bisa dipilih pada aplikasi Mi Fit yang bisa kamu unduh di toko aplikasi. 

Konektivitas

review Xiaomi Mi Band 5

Patut diakui kalau menghubungkan perangkat ini ke smartphone cukup mudah dan hanya memerlukan waktu satu atau dua menit saja. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Mi Fit pada smartphone kamu dan mengkoneksikan perangkat ini menggunakan bluetooth. 

Pada aplikasi Mi Fit, nantinya kamu akan diminta untuk membuat akun terlebih dahulu jika belum memilikinya. Jika sudah, maka kamu hanya perlu login dan rekaman aktivitas kamu pada perangkat Mi Band seri lain pun langsung terpampang di layar. 

Sangat wajar jika proses koneksi perangkat android cukup cepat, untuk itu kami menggunakan perangkat iOS untuk coba menghubungkan wearable device yang satu ini. Hasilnya, proses koneksi ini tidak kalah cepat dan sama mudahnya. Hal tersebut membuktikan kalau Xiaomi Mi Band 5 tidak hanya cocok untuk pengguna android saja. 

Mode Olahraga

review Xiaomi Mi band 5

Terdapat 11 mode aktivitas olahraga yang dapat diaktifkan di Mi Smart Band 5 mulai dari Yoga, lari di luar ruangan, bersepeda di luar ruangan, berenang di kolam, bersepeda di dalam ruangan, lompat tali, treadmill, jalan sehat, mesin dayung, mesin elips, dan bersepeda di dalam luar ruangan.

Perangkat ini juga diselipkan sebuah GPS yang memungkinkan kamu untuk memetakan rute ketika jogging atau bersepeda. Jadi kamu bisa langsung post di sosial media deh, aktivitas olahraga kamu. 

Selain itu, hadirnya sertifikasi 5ATM memungkinkan Mi Smart Band 5 bisa digunakan untuk berenang, snorkeling, atau bahkan saat mandi. Xiaomi juga mengklaim bahwa perangkat ini mampu bertahan selama 50 meter di dalam air tawar.

Fitur Unggulan

Selain memiliki banyak fitur olahraga, hingga merekam detak jantung. Sejatinya terdapat dua fitur unggulan yang perlu banget kita highlight, yakni fitur Camera dan Music. 

Kedua fitur ini memungkinkan pengguna untuk menjadikan Mi Band 5 sebagai remote untuk memotret dan mengendalikan musik pada ponsel mereka. 

Kami menjajal kedua fitur ini untuk menjadi remote pada perangkat iPhone, biasanya fitur seperti ini hanya bisa berjalan di ponsel Android saja. Namun, pada Mi Band 5, kedua fitur ini bisa digunakan dengan baik di perangkat iOS sekalipun. Kami coba memotret dengan Mi Band 5 dan memutar lagu di platform Spotify melalui smart band tersebut.

Selain kedua fitur ini, terdapat pula fitur Personal Activity Intelligence (PAI) di Mi Band. PAI merupakan fitur cerdas yang akan memantau kualitas tidur, kualitas detak jantung, hingga tingkat efektivitas dari aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari. Pada fitur ini, nantinya kamu akan menemukan beberapa fungsi, seperti:

– Fungsi untuk mengukur kadar stres pengguna

– FItur Breathing yang mengajak kamu untuk mengatur pernapasan.

– Fitur baru lainnya yang sangat bermanfaat, khususnya untuk pengguna wanita, adalah ‘Cycles’. Fitur ini mendukung pengguna wanita untuk mencatat dan melacak siklus haid mereka. Uniknya, fitur diklaim bisa memberikan sebuah pengingat sehari sebelum waktu haid tiba.

Terdapat pula fungsi pemantauan detak jantung yang bisa merekam detak jantung pengguna seharian penuh, bahkan saat tidur.

Fungsi ini juga diperkuat oleh fungsi lain yang dapat melacak kualitas tidur kamu sehingga kamu bisa memperbaiki pola hidupmu.

Baterai

review Xiaomi Mi Band 5

Review Xiaomi Mi Band 5 masuk ke bagian baterai. Perangkat ini ditopang oleh baterai berkapasitas 125mAh. Setidaknya kami memerlukan waktu sekitar satu jam untuk mengisi perangkat ini hingga penuh. 

Namun, daya tahan dari baterainya diklaim mampu bertahan hingga 14 hari pemakaian. Untuk mengisi ulang baterainya juga cukup mudah, kamu hanya perlu mengaitkan PIN magnetis pada bagian bawah smartband ke kabel charger bawaannya dan kemudian menghubungkannya dengan kepala charger smartphone. 

Disarankan untuk melepas strap perangkat ini terlebih dahulu, namun jika kamu merasa kesulitan, kamu hanya cukup mengaitkan PIN magnetis tadi ke chargernya. 

BACA JUGA
Spesifikasi Infinix Hot 10, Ponsel Gaming Harga Sejutaan

Kesimpulan

review Xiaomi Mi Band 5

Dengan berbagai fitur yang ditawarkan ini, Xiaomi membanderol perangkat Mi Smart Band 5 dengan harga resmi Rp 449.000 di Indonesia.

Menurut kami, perangkat ini cukup Worth to buy mengingat banyak fitur unggulan di dalamnya yang bisa menunjang aktivitas kamu selama PSBB. Apalagi, perangkat ini juga akan secara realtime menginformasikan  jika ada notifikasi yang masuk ke ponsel kamu. Hal ini tentu saja sangat berguna untuk menunjang komunikasi dengan rekan kerja selama PSBB. 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close