TipsUncategorized

7 Fitur Tersembunyi Spotify yang Harus Kamu Ketahui Sekarang

Techdaily.id – Mendengarkan musik dapat membantu mengurangi stress dan meningkatkan suasana hati. Karena kecanggihan teknologi, musik dapat didengarkan melalui aplikasi streaming musik pada PC dan HP.  Saat ini, Spotify menjadi layanan streaming musik terpopuler dengan jumlah pendengarnya sebanyak 286 juta per bulan. Bahkan, aplikasi asal negara Swedia ini menguasai 35 persen pangsa pasar dari keseluruhan total pelanggan berbayar layanan streaming musik. Nah, untuk kamu para pengguna Spotify wajib mengetahui 7 fitur tersembunyi pada aplikasi ini sehingga mendengarkan musik semakin menyenangkan. Apa saja fitur tersebut? Yuk, simak ulasannya!

BACA JUGA
Ini Cara Melacak Iphone Hilang, Meski dalam Keadaan Offline
  1. Aktifkan Private Session

Bila mengakses aplikasi Spotify dari PC, terdapat fitur ‘Friend Activity’ dimana kamu dapat melihat lagu yang tengah didengarkan teman-teman secara realtime. Namun, bila khawatir terlihat mendengarkan lagu yang dianggap “alay”, kamu dapat menyembunyikan kegiatanmu. Bukalah ‘Settings’, lalu scroll ke bawah hingga menemukan tab ‘Social’, dan aktifkan opsi ‘Private Session’. Perbedaan selera musik itu hal yang wajar kok, guys!

  1. Buat Collaborative Playlist

Terkadang, kamu dapat merasa jenuh karena mendengarkan lagu yang itu-itu saja dari playlist pribadi. Tapi tenang, karena Spotify menawarkan fitur yang mungkin dapat mengatasi kegundahanmu. Coba deh, buat collaborative playlist untuk berbagi lagu favorit dengan teman-teman. Siapapun user yang membuka playlist tersebut dapat menambah ataupun menghapus daftar lagu tersebut. Caranya mudah, klik ‘ikon dengan tiga titik’ di sebelah opsi Play, lalu pilih Collaborative Playlist.

  1. Pencarian Lagu Detail

Bosan juga kan mendengar lagu booming yang sering diputar dimana saja? Mendengarkan lagu lawas dapat menjadi solusi dan membuat kamu bernostalgia loh. Saat mencari lagu di Spotify, kamu dapat mencari persis sesuai tahunnya. Misalnya, kamu hanya ingin mendengarkan musik The Beatles dari tahun 1960 hingga 1970, cukup cari The Beatles pada search bar dan tambahkan “year:1960-1970” tanpa spasi. Setelah itu, Spotify akan memunculkan lagu dan album The Beatles yang dirilis antara tahun 1960 hingga 1970.

BACA JUGA
Spesifikasi Samsung Galaxy Note 20 sudah rilis resmi, yuk intip
  1. Kembalikan Playlist Terhapus

Apakah kamu dan mantan saling bertukar playlist satu sama lain? Menghapus playlist juga menjadi opsi untuk membantu kamu move on. Namun, ada cara untuk mengembalikan playlist tersebut bila ingin mendengarkannya kembali. Caranya, dengan membuka website resmi Spotify.com dari browser, lalu masukkan username dan password untuk login. Setelah itu, kamu dapat masuk ke halaman Profile dan menemukan tab Recover Playlist yang ada di sisi kiri layar. Pilih playlist yang ingin dipulihkan, lalu klik Restore untuk mengembalikkannya seperti semula.

  1. Keyboard Shortcut

Mendengarkan musik dapat dilakukan sambil mengerjakan tugas, skripsi, bahkan kerjaan kantor. Dengan situasi yang hectic, terkadang kamu ingin menghentikan atau bahkan mendengarkan lagu berikutnya. Aplikasi memiliki sebuah “hack” yang dapat digunakan bila mendengarkan musik dari PC, kamu dapat dengan mudah mengontrol Spotify dengan tombol di keyboard. Bila ingin memainkan atau mem-pause lagu, kamu dapat menekan tombol Space saat membuka aplikasi. Sementara untuk pindah ke lagu berikutnya, kamu bisa tekan Ctrl+Right di Windows atau Ctrl+Cmd+Right di Mac. Untuk keyboard shortcuts lainnya, kamu dapat melihat langsung di website resmi Spotify.

  1. Tampilkan di Waze dan Google Maps

Fitur tersembunyi Spotify lainnya yakni aplikasi ini bisa hadir di aplikasi navigasi layaknya Google Maps. Ketika sedang berkendara, pasti banyak yang ingin mendengarkan musik agar tidak bosan selama di perjalanan. Kini, Spotify dapat pula digunakan sambil melihat navigasi dari aplikasi Google Maps dan Waze. Caranya mudah, bila kamu biasa menggunakan Waze, pastikan kamu telah memiliki kedua aplikasi ini di smartphone. Setelah membuka aplikasi Waze, klik search bar pada bagian bawah, dan klik ikon ‘Settings’. Selanjutnya, tap ‘Spotify’ dan tap opsi ‘Connect Spotify’. Nantinya, kamu akan melihat logo Spotify pada sudut kanan atas yang bisa diklik untuk membuka menu Spotify dari Waze.

Sedangkan untuk pengguna Google Maps, bukalah menu ‘Settings’ dan tekan opsi ‘Navigation’. Pada pengguna Android, akan muncul opsi Show Media Playback Control dan akan muncul opsi Music Playback Control pada pengguna iOS. Terakhir, pilih Spotify untuk mengakses musik pada bagian bawah layar.

  1. Irit Paket Data

Fitur tersembunyi Spotify selanjutnya adalah irit paket daya. Streaming musik tentu akan memakan kuota data yang cukup banyak, namun kamu tetap bisa berhemat kok. Spotify memiliki fitur Data Saver yang bisa diaktifkan untuk menghemat kuota yang tersedot. Aplikasi streaming musik asal Swedia ini mengklaim, fitur Data Saver dapat menghemat data hingga 75 persen. Fitur ini akan menghemat data dengan cara meng-cache data dari lagu yang dimainkan. Caranya cukup mudah, kamu dapat mengaktifkannya dengan mengakses ‘Settings’ pada aplikasi Spotify, lalu pilih opsi ‘Data Saver’ pada bagian atas. (rin)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close