Tips

Cara Memperbesar Resolusi Foto, 100 Persen Jernih dan Tajam

Techdaily.id – Faktanya, resolusi foto yang jernih akan membuat kerjaanmu semakin enak dipandang mata. Namun tanpa disangka, karena keterbatasan sumber kita hanya menemukan foto berkualitas rendah. Resolusi kamera HP yang rendah juga terkadang memaksa kamu untuk membeli kamera DSLR ataupun mirrorless. Tapi tenang, karena kecanggihan teknologi, memperbesar resolusi foto dapat dilakukan secara online dari berbagai website bahkan melalui aplikasi di smartphone.  Tak perlu khawatir, simak cara memperbesar resolusi foto yang telah redaksi Techdaily rangkum dalam artikel ini.

BACA JUGA
5 Tips Cerdas Belanja Online

Perbesar Resolusi Foto dari PC

Bila ingin memperbesar resolusi foto untuk keperluan tugas dan kerjaan, kamu dapat menggunakan fitur dari beberapa website gratis berikut.

  1. Website Waifu2x
  • Langkah pertama, buka website resmi waifu2x.booru.pics atau kamu dapat mengetik “waifu2x.booru.pics” pada search bar Google, lalu klik Enter.
  • Setelah masuk ke halaman utama website Waifu2x, klik Choose File untuk memilih foto yang ingin diperbesar resolusinya.
  • Setelah memilih foto, kamu dapat custom terlebih dulu pilihan untuk meningkatkan kualitasnya. Pada pilihan Noise Reduction, terdapat pilihan None, Medium, dan High. Pilihlah opsi High, untuk mendapatkan kualitas terbaik.
  • Pada pilihan Scale, terdapat dua pilihan yaitu None atau 2x. Pilihlah opsi 2x agar ukuran foto menjadi lebih jernih dan tajam. Setelah selesai custom, pencet tombol Waifu2x pada bagian bawah.
  • Setelah menunggu beberapa saat, foto yang kamu upload akan selesai diproses website. Selanjutnya, kamu dapat menyimpan gambar dengan pilihan PNG atau JPG. Disarankan untuk memilih format PNG agar kualitas foto lebih baik dan tidak pecah.
  • Terakhir, kamu akan diarahkan ke halaman baru. Download foto yang telah berhasil diedit untuk disimpan dan digunakan.
  1. Website Let’s Enhance
  • Langkah pertama, buka website letsenhance.io/boost untuk memulai. Setelah masuk pada halaman website, klik opsi ‘Click here to upload image’ untuk upload foto yang ingin diperbesar resolusinya.
  • Setelah memilih foto, terdapat pilihan Upscalling dan Enhancement. Pilih opsi ‘Photos and Art’ pada menu Upscalling bila mengupload foto. Kamu juga dapat memilih Illustration bila ingin meningkatkan resolusi kartun atau ilustrasi.
  • Pilih Advance Settings untuk memilih ukuran foto yang diinginkan. Namun, untuk pengguna website gratis, kamu hanya dapat membesar ukuran foto hingga 4x. Selanjutnya, klik Start Processing untuk memulai proses memperbesar resolusi.
  • Untuk diingat, kamu harus membuat akun gratis sebelum menggunakan fitur Let’s Enhance. Pengguna gratis hanya dapat memperbesar resolusi foto sebanyak 5 kali. Setelah berhasil membuat akun, tunggu beberapa saat hingga foto selesai diproses dan dapat diunduh.

Perbesar Resolusi Foto dari HP

Bila foto yang ingin diunggah ke media sosial memiliki resolusi rendah, jangan khawatir. Kamu dapat memperbesar resolusi foto dari smartphone loh, cukup download aplikasi gratis berikut ini.

  1. Aplikasi Waifu2x
  • Pertama, para pengguna Android dapat mengunduh aplikasi Waifu2x dari Google Play Store. Setelah berhasil mengunduh dan membuka aplikasi, kamu akan diarahkan ke menu utama. Klik Select Image untuk memilih foto dari galeri atau mengambil foto secara langsung.
  • Pada kolom Noise Reduction, pilih opsi High untuk mengurangi noise pada foto secara maksimal. Selanjutnya, pilih Scale untuk menentukan ukuran gambar yang diinginkan. Bisa memilih None untuk normal, atau 2x untuk memperbesar ukuran foto 2x lipat.
  • Selanjutnya, pilih opsi Convert untuk memulai proses memperbesar foto. Lalu, pilih format PNG atau JPG sebelum men-download foto yang telah diedit.
  1. Aplikasi Lit Photo
  • Untuk para pengguna Android, unduh aplikasi Lit Photo pada Google Play Store. Setelah selesai mengunduh, buka aplikasi untuk masuk ke menu utama dan pilih opsi ‘Resize Photo’ guna memulai proses.
  • Selanjutnya, pilih foto yang diinginkan, lalu klik tombol check pada kanan atas layar smartphone. Dengan aplikasi Lit Photo, kamu dapat memilih hingga 99 gambar sekaligus loh.
  • Pada layar Resize Options, pastikan kamu memilih Pixel pada menu Resize Mode. Pilihlah ukuran yang diinginkan serta preset yang tersedia pada aplikasi. Klik tombol Start Resizing dan tunggu beberapa saat untuk mengunduh foto. (rin)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close