AplikasiUncategorized

Mengenal Youtube Shorts, Aplikasi Video Singkat Mirip TikTok

Techdaily.id –¬† Youtube baru memperkenalkan layanan video singkat bernama Youtube Shorts yang mirip dengan aplikasi TikTok. Layanan ini telah diuji oleh Youtube selama beberapa hari di India dan kemudian berkembang di lebih banyak negara. Apa sih layanan Youtube Shorts? Lalu kenapa dibilang mirip dengan aplikasi TikTok? Simak penjelasan berikut ini ya.

BACA JUGA
5 HP Baterai Besar Sejutaan (Agustus 2020)

 

 

Apa bedanya aplikasi ini dengan Youtube biasa? Fitur pertama yang berbeda adalah kamu bisa merekam video pendek dengan durasi sekitar 15 detik atau kurang di aplikasi ini seperti yang ditawarkan di aplikasi TikTok. Selain itu ada fitur multisegment camera yang membuat kamu bisa merangkai timeline dari beberapa potongan video.

Fitur lainnya yang ditawarkan di layanan terbaru dari Youtube ini adalah record with music yaitu kamu bisa merekam video ditambah lagu dari music library. Kemudian ada fitur speed control, timer dan countdown yang bisa membuat kamu merekam secara hands-free.

Dengan adanya layanan terbaru ini menawarkan pengalaman menonton video pendek dengan cara swipe vertikal tapi lagi-lagi cara ini mirip dengan TikTok.

Pada awalnya Youtube Shorts dirilis dalam versi beta di India. Sementara untuk Indonesia, harus menunggu sedikit lebih lama sembari Youtube mengembangkan fitur dan menjajalnya pada pengguna pertama.

Dipilihnya India sebagai negara perilisan awal layanan Youtube Shorts ini bertepatan dengan larangan TikTok di salah satu pasar terbesarnya di India sehingga kesempatan tersebut digunakan Youtube untuk meningkatkan penawaran di negara India.

Meski tidak dipungkiri memiliki cara pengoperasian yang sama dengan TikTok, namun Youtube menyebut bahwa cikal bakal video pendek Youtube sudah dimulai sejak video pertama user generated dirilis pertama kali di tahun 2005 dengan judul “Me at the Zoo”.

BACA JUGA
Kenapa Layar Luas Perlu Ada di Perangkat Tablet? Ini Jawabannya!

Secara umum layanan ini untuk kebutuhan menciptakan video bagi konten kreator menjadi lebih kreatif lagi. Dengan adanya layanan Youtube Shorts dapat menghadirkan pengalaman membuat dan menonton video pendek  dan konten menarik lainnya hanya dengan smartphone.

Fitur di Youtube Shorts memungkinkan pengguna untuk merekam video dan menambahkan efek khusus dan soundtrack yang diambil dari perpustaak musik di Youtube. (ira)

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close