Tips

Cara Membuat Receiptify, Struk Lagu Favorit dari Spotify

Techdaily.id – Beberapa hari terakhir, media sosial Instagram dan Twitter dihebohkan dengan struk belanja berwarna putih. Pada bagian atas struk, tertulis Receiptify yang memuat daftar lagu favorit tiap user di Spotify.  Lewat Receiptify, kamu bisa berbagi playlist dan mengetahui lagu yang sering di dengar teman-teman dari bulan lalu, bahkan enam bulan terakhir. Nah, biar kamu tak ketinggalan eksis dengan tren struk ini, simak cara membuat Receiptify yang gampang dan praktis!

BACA JUGA
Cara Blokir Nomor Asing di iOS, Praktikkan di iPhone

Sekilas Tentang Receiptify

Pada dasarnya, Receiptify bukanlah fitur resmi dari Spotify. Fitur Spotify Top Track Generator ini dibuat oleh Herokuapp dan Michelle Liu, seorang mahasiswi Sistem Informasi Carnegie Mellon University Pennsylvania, Amerika Serikat. Dalam laman resmi Receiptify, Michelle mengungkap, inspirasinya membuat fitur Spotify Top Track Generator ini berawal dari akun Instagram @albumreceipts. Melihat fiturnya, Receiptify sekilas tak jauh berbeda dengan Spotify Wrapped yang biasanya happening di akhir tahun. Hanya saja, Receiptify membawa tampilan yang unik, dimana pengguna akan mendapatkan deretan lagu dan total durasinya sebagai “jumlah akhir” dari tagihan.

Cara Membuat Receiptify

Untuk membuat Receiptify, kamu tak perlu lagi mengunduh aplikasi yang dapat membuat memori HP penuh. Ikuti langkah mudah berikut.

  1. Buka website Receiptify

Untuk membuat Receiptify, kunjungi situs https://receiptify.herokuapp.com atau dapat pula langsung mengetik ‘Receiptify’ di Google, lalu pilih laman paling atas.

  1. Login Spotify

Setelah berhasil masuk ke situs Receiptify, tekan tombol Login with Spotify lalu masukkan data username dan password akun Spotify kamu.

  1. Klik Agree

Jika sudah login, klik tombol Agree agar Receiptify dapat mengakses lagu-lagu yang sering kamu dengarkan di Spotify.

  1. Pilih Track List

Receiptify memberikan fitur untuk mengakses daftar lagu-lagu favorit dengan interval waktu yang ditentukan.

  • Pilih Last Month, bila kamu ingin menampilkan deretan lagu yang sering diputar dalam satu bulan terakhir.
  • Pilih Last 6 Months, bila ingin Receiptify menampilkan lagu favorit dalam 6 bulan terakhir.
  • Pilih All Time, bila ingin melihat lagu-lagu yang sering diputar sejak menggunakan Spotify.
  1. Unduh Gambar Struk

Setelah menunggu beberapa saat, Receiptify akan menunjukan tagihan berisi track list lagu yang sering kamu dengarkan. Tekan tombol ‘Get Image’ untuk mendownload struk agar sehingga tersimpan di Galeri dan dapat diupload ke media sosial.

BACA JUGA
Cara Cek Saldo e-money di iPhone, Gampang Banget

Cara Menghentikan Akses Receiptify

Perlu diketahui, memberikan informasi account apalagi password kepada aplikasi pihak ketiga harus berhati-hati. Hanya dengan klik “Agree”, kamu berarti telah bersedia memberikan data pribadi secara cuma-cuma. Dikhawatirkan, data tersebut dapat disalahgunakan dan merugikan salah satu pihak. Setelah login dengan akun Spotify di laman Receiptify, kamu dapat menghapus aksesnya dengan mengikuti langkah berikut.

  1. Buka website Spotify

Bukalah website Spotify.com melalui browser HP atau PC kamu. Setelah itu, lakukan Login akun yang terdaftar di Receiptify.

  1. Ubah Pengaturan ‘Aplikasi’

Setelah berhasil Login, kamu dapat melihat menu ‘Aplikasi’ pada daftar menu bagian kiri laman. Scroll ke bawah hingga menemukannya, lalu klik menu ‘Aplikasi’.

  1. Hapus Akses Receiptify

Setelah muncul daftar aplikasi yang mendapat akses dan informasi akun Spotify kamu, pilihlah aplikasi mana yang ingin dihentikan aksesnya.

Nah, sekarang kita telah mengetahui cara mudah membuat struk lagu Receiptify kekinian yang mudah yang tidak memakan waktu lama. Dengan begini, kamu bisa tetap eksis dan membagikan rekomendasi lagu pada teman-teman di social media. Selamat mencoba! (rin)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close