Tips

Cara Menggunakan Strava, Aplikasinya Reno4 Virtual Run

Techdaily.id – Buat kamu yang mengikuti event lari virtual bertajuk Reno4 Virtual Run, aplikasi Strava menjadi sebuah aplikasi wajib yang harus kamu instal di ponsel kamu. Namun, tidak semua peserta mengetahui cara menggunakan Strava ini. 

BACA JUGA
Acer Chromebook 712, Laptop Tangguh untuk Pelajar

Padahal, aplikasi ini cukup berguna untuk mengukur jarak tempuh kamu dalam berlari hingga bersepeda loh. Jadi, aplikasi ini bisa merekam rute lari dan bersepeda pengguna serta melakukan analisa latihan dengan semua statistik yang terekam. 

 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memetakan jalur lari dan bersepeda kamu hingga membentuk sebuah pola yang lucu dan keren loh, jadi bisa sekalian di pajang di sosial media deh. Selain untuk merekam aktivitas lari atau bersepeda pengguna, aplikasi ini juga bisa membuat kamu saling terhubung dengan teman dan melihat track lari mereka.

 

Cara menggunakan Strava

Cara menggunakan strava

Untuk bisa menggunakan Strava di smartphone, pertama kali yang perlu kita lakukan adalah memasang aplikasi ini. Aplikasi ini bisa diunduh dari Google Play  bagi pengguna Android seperti smartphone OPPO dan bisa pula diunduh di Appstore bagi pengguna iPhone.

Strava bisa dipasang di smartphone dengan sistem operasi Android 5.0 ke atas, jadi kalau kamu pengguna OPPO Reno4, aplikasi ini akan berjalan dengan sangat baik loh. Tetapi, aplikasi ini tidak bisa berjalan di Android yang sudah dimodifikasi seperti Cynogen Mod. 

Setelah memasang aplikasi ini di ponsel kamu, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan mendaftar layanan ini atau langsung login bila sebelumnya telah mempunyai akun Strava.

Untuk mempermudah pengguna mendaftar, Strava menawarkan 3 cara mendaftar, yaitu mendaftar menggunakan akun Facebook, akun Google, dan dengan email. Dari ketiga pilihan ini, mendaftar menggunakan email dirasa cukup sulit. Namun, jika kamu memilih menggunakan cara ini, berikut kami hadirkan beberapa langkahnya.

Langkah pertama, kamu hanya tinggal memilih Sign up with email maka pada layar selanjutnya kita akan diminta untuk memasukkan email yang kita gunakan dan memasukkan password baru untuk Strava. Perhatikan ini password untuk Strava, bukan password email kita.

Setelah menekan tombol sign up maka Strava akan mengirim konfirmasi ke akun email yang kita gunakan. 

Langkah kedua, buka inbox email kamu dan temukan email baru dari Strava. Di email dari Strava terdapat sebuah link konfirmasi. 

Langkah ketiga, yakni tinggal menekan / tap link konfirmasi tersebut untuk memastikan bahwa kita sendiri yang mendaftar Strava.

Setelah itu, aplikasi Strava akan berubah ke halaman lain hingga kamu menemukan opsi Pada opsi “Can We contact you?” pilih No saja dan pada halaman “Strava community standards” pilih Continue meskipun sebaiknya kita membaca standard dan aturan – aturan yang dibuat Strava bagi pengguna. Setelahnya, kamu hanya tinggal mengikuti step-step yang diperlukan saja untuk kemudian aplikasi ini sudah bisa digunakan.

Disarankan juga untuk mengganti beberapa fitur pengukuran seperti Imperial ke Metric.Ha; ini dimaksudkan agar kamu tidak bingung dan dapat dengan mudah melihat beberapa satuan ukur yang familiar seperti km/minutes untuk pace dan km/hour untuk kecepatan dari sebelumnya mile/minute.

Untuk mengganti beberapa fitur diatas, kamu hanya tinggal masuk ke menu settings, Pilih “Display”, tab “Unit of Measurement”, dan pilih “Metric”. Sampai disini sudah bisa ditebak kan betapa mudahnya cara menggunakan Strava

 

Menggunakan Strava di Event Reno4 Virtual Run

Reno4 Virtual Run

Strava merupakan aplikasi olahraga yang sangat mudah digunakan. Kamu tinggal menjalankan aplikasi ini dan akan segera disambut dengan halaman dengan tombol Record Button yang terletak di bagian tengah bawah layar smartphone.

Sebelum menekan tombol “START”, kamu harus memastikan terlebih dahulu aplikasi ini mendapatkan sinyal GPS yang akurat yang biasanya ditandai dengan tulisan “GPS SIGNAL ACQUIRED”, kemudian kamu tinggal menekan ikon olahraga “Run” untuk mulai merekam aktivitas lari kamu.

Dalam mode berlari Strava akan menampilkan sejumlah informasi penting di layar smartphone. Informasi itu meliputi: waktu berlari, pace atau laju berlari, dan berapa jauh jarak yang telah kita tempuh.

Layar utama Strava ini pun bisa kita gunakan untuk melihat posisi kita sekarang dan peta dimana kita sedang berolahraga lari. Untuk mengakses fitur ini kita tinggal menekan tombol berikon peta yang terletak di kanan bawah layar, di samping tombol stop.

Cara menggunakan strava

Tombol “Stop” sendiri berfungsi untuk menghentikan proses perekaman olahraga lari kita. Ketika tombol Stop ditekan maka Strava akan memberi kita dua pilihan. Pilihan pertama adalah Resume bila kita akan beristirahat sejenak untuk kemudian melanjutkan berolahraga, sedangkan yang kedua adalah tombol Finish yang berguna untuk mengakhiri olahraga lari kita.

Bila kita menekan tombol Finish, aplikasi ini akan membawa kita ke halaman untuk menyimpan olahraga lari kita untuk kita akses suatu saat nanti untuk mengevaluasi kemajuan latihan kita.

Di halaman ini kita bisa memasukkan judul lari yang sedang kita jalani. Bila tidak diisi secara default Strava akan menamai seperti Morning Run, Afternoon Run, Night Run sesuai waktu kita berlari. Setelah itu, data-data tadi tinggal kamu submit di laman ini (link submit Reno4 Virtual run) Dalam satu hari, kamu bisa mensubmit hasil lari kamu sebanyak satu kali yang dimulai dari tanggal 12 Oktober.

Pada laman ini juga kamu bisa melihat leaderboard secara real time untuk mengetahui klasmen sementara. 5 orang pertama yang berhasil menempuh jarak 50K akan terpilih sebagai pemenang. Tapi kamu jangan berkecil hati, OPPO juga menghadirkan kompetisi sosial media yang tidak kalah menarik hadiahnya. 

BACA JUGA
Semudah Itu! Cara Mengaktifkan Dark Mode di TikTok

Ajang Reno4 Virtual Run sendiri merupakan sebuah event lari secara virtual yang digagas oleh OPPO Indonesia dan merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia. Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk mengajak masyarakat tetap menjaga kebugaran selama masa pandemi Covid-19.

Selain itu, ajang lari virtual ini merupakan salah satu bentuk dukungan OPPO dalam menyambut Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 pada bulan September silam. Pendaftaran ajang kompetisi lari virtual secara mandiri ini akan berlangsung mulai dari 1 – 11 Oktober 2020, sedangkan lomba dimulai pada 12 Oktober – 31 Oktober 2020 secara online.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close