GadgetTipsUncategorized

Cara Membuat Android Lebih Aman, Gunakan Layanan Google

Techdaily.id – Smartphone sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang terutama di zaman teknologi sekarang. Namun seringkali keamanan android sebagai smartphone menjadi masalah ketika dipinjam orang lain atau berpindah tangan. Untuk itu kali ini kita akan membahas cara membuat android lebih aman, meskipun harus berpindah tangan.

BACA JUGA
Casio Pro Trek WSD-F30, Smartwatch Tahan Banting

Sebagai pengguna android, sudah sewajarnya kita cerdas dalam memakai smartphone karena berbagai data-data penting dan data pribadi disimpan didalamnya. Oleh karena itu sangat penting untuk memasang pengamanan andoroid agar tidak sembarang orang bisa meretasnya, dan memastikan bahwa HP hanya bisa dibuka oleh kita sendiri.

Cara membuat android lebih aman

Ternyata menjaga keamanan smartphone tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Selain menggunakan pengaturan secara manual yang sudah menjadi bawaan smartphone mu, kamu juga bisa menggunakan layanan google untuk memastikan smartphone mu dalam keadaan aman. Berikut ini adalah cara menjaga keamanan smartphone yang bisa kamu ikuti:

1.Google Play Protect

Google play protect adalah pemindai malware yang ditanamkan google di smartphone andorid dan berfungsi untuk memindai aplikasi yang ada di dalam smartphone dan memastikan tidak adanya malware di dalamnya. Google Play Protect ini akan aktif secara otomatis di smartphone mu ,namun jika kamu ingin lebih memastikannya, cukup dengan membuka menu setting lalu pilih security dan klik Google Play Protect.

Selanjutnya kamu tinggal klik ikon tiga titik yang ada di bagian pojok kanan layar atas dan aktifkan fitur Scan apps with play protect.

2. Aktifkan Lock Screen

Untuk menghindari smartphone mu bisa dibuka oleh sembarangan orang, kamu bisa mengaktifkan fitur lock screen di menu Setting dan pilih security. Selanjutnya kamu tinggal klik screen lock dan pilih fitur penguncian layar yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih PIN, Sandi atau pola. Untuk memastikan privasi, kamu juga bisa mengaktifkan pengaturan tampilan notifikasi yang diterima yaitu opsi hide sensitive notification content atau hide all notification on the lock screen.

3. Jalankan Security Check Up Google

Untuk menjalankan fitur Security Check Up Google ini, kamu tinggal membuka menu Setting lalu masuk ke Manage Your Account Google dan buka opsi security untuk memastikan apakah ada masalah di smartphone mu.

4. Gunakan Safe Browsing di Chrome

Chrome memiliki sistem keamanan sendiri. Untuk mengaktifkannya kamu tinggal klik ikon tiga titik di pojok kanan atas dan pilih menu Settings. Selanjutnya kamu pilih Sync and Google Service dan aktifkan Safe Browsing untuk melindungi smartphone androidmu agar tidak mudah diretas.

5. Jangan Menginstal Aplikasi dari Sumber yang Tidak Jelas

Jika kamu ingin menginstal aplikasi yang tidak ada atau berbayar di Google Play Store atau Apps memang bisa dimudahkan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak jarang bisa didapatkan dari uknown source. Tapi hal ini bisa berbahaya buat smartphone mu. Oleh karena itu kamu perlu memastikan untuk tidak mengaktifkan fitur ini.

6. Hindari Penggunaan Wifi Publik Terlalu Sering

Wifi publik memiliki kemungkinan besar untuk dimanfaatkan oleh para hacker dan informasi pribadi seseorang seperti email, foto atau data login bisa saja dimanfaatkan oleh hacker untuk keperluan yang kurang baik. Oleh karena itu usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan wifi publik terutama yang gratis.

7. Gunakan Autentifikasi Dua Faktor

Google memiliki fitur autentifikasi dua faktor untuk melindungi penggunanya. Oleh karena itu kamu bisa menggunakan layanan ini untuk menjaga keamanan smartphone mu. Caranya adalah dengan login ke akun google mu lalu pilih opsi security, klik sign to google dan terakhir aktifkan 2 step verification.

8. Gunakan VPN

Menggunakan layanan VPN juga bisa membantumu untuk mengamankan smartphone. VPN bekerja dengan cara menyamarkan IP perangkat pengguna dan tunneling melalui server ke alamat pengguna lain yang tersebar di seluruh dunia sehingga pengguna bisa mengakses data atau menonton video streaming yang diblokir. Tapi menggunakan VPN bisa menjaga keamanan smartphonemu karena yang digunakan adalah bukan alamat asli.

BACA JUGA
Smartphone Terbaru Motorola Gunakan Exynos?

9. Aktifkan Find My Device

Aplikasi ini bisa digunakan untuk melacak lokasi smartphone yang hilang dan bisa diunduh secara gratis dari Play Store . Selain itu Find My Device juga bisa digunakan setiap kali pengguna ingin masuk ke akun google dengan browser. Dengan mengaktifkan aplikasi ini, HP yang dicuri atau hilang bisa jadi lebih mudah ditemukan.

Demikian informasi cara membuat android lebih aman. Semoga informasi ini bermanfaat. (ira)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close