Tips

Cara Backup Chat WhatsApp, Biar Tidak Hilang pas Ganti HP

Techdaily.id – WhatsApp Messenger menjadi salah satu aplikasi pesan favorit bagi pengguna smartphone. Pasalnya, WhatsApp memungkinkan penggunanya bertukar pesan tanpa pulsa dan mengandalkan paket data internet. Saat akan mengganti HP, hal yang ditakutkan adalah riwayat chat yang otomatis hilang. Namun jangan khawatir, karena WhatsApp memiliki fitur bagi pengguna untuk melakukan backup dan restore chat tersebut. Kali ini, redaksi Techdaily akan merangkum untuk kamu cara backup chat WhatsApp anti ribet agar tidak hilang saat ganti HP. Simak ulasannya!

BACA JUGA
Menelisik Pentingnya Peranan Teknologi dalam Sektor Pendidikan

Cara Backup Chat WhatsApp

Tak perlu khawatir, fitur ini bisa digunakan melalui menu Settings pada akun WhatsApp dengan memanfaatkan layanan Google Drive. Dengan melakukan backup chat, riwayat percakapan dapat tersimpan dengan aman meskipun akun WhatsApp dipindahkan ke HP lain.

  1. Yang pertama, pastikan kamu telah menginstall aplikasi WhatsApp pada HP baru. Pastikan pula nomor WhatsApp yang digunakan memang sama dengan nomor yang dicantumkan di akun Gmail.
  2. Selanjutnya, buka aplikasi WhatsApp pada HP lama. Bagi pengguna iOS, kamu dapat menekan menu “Settings”, lalu setelah tampilan layar muncul dapat menekan opsi “Chat”. Sementara untuk pengguna Android, kamu dapat menekan opsi “titik tiga” di atas layar untuk masuk menu “Settings”.
  3. Sebelum klik “Chat Backup”, pastikan kamu memiliki kuota yang cukup banyak dan memiliki koneksi internet yang cukup kencang. Kamu juga dapat memanfaatkan koneksi WiFi agar proses backup tidak berlangsung terlalu lama.
  4. Setelah itu, pilih opsi “Backup to Google Drive” untuk mencadangkan riwayat percakapan. Kamu dapat memilih waktu untuk backup chat secara otomatis ke Google Drive, baik setiap hari, seminggu sekali, sebulan sekali, atau tidak sama sekali. Bahkan, kamu dapat memilih untuk backup video atau tidak.
  5. Lalu, klik opsi “Backup”. Kamu dapat memilih akun Google Drive yang akan digunakan sebelum menyimpan riwayat chat. Pengguna juga dapat menambahkan alamat Gmail yang belum sign in di HP.
  6. Jika sudah, pilih “Back Up Over” untuk memilih koneksi yang akan digunakan dalam mencadangkan chat, baik melalui WiFi atau paket data internet. Terakhir, kamu dapat memilih opsi “Back Up”. Lama penyimpanan akan ditentukan dari ukuran chat yang akan disimpan. Bila semakin banyak chat yang akan dicadangkan, maka prosesnya akan memakan kuota dan waktu yang lebih banyak.

Tips Memulihkan Chat WhatsApp

Setelah selesai melakukan backup chat, selanjutnya kamu dapat langsung memindahkan riwayat percakapan pada HP baru. Pertama, bukalah aplikasi WhatsApp pada HP. Untuk mendaftarkan nomor, pilih opsi “Agree and Continue” lalu masukkan nomor WhatsApp dari HP sebelumnya. Jika sudah maka pilih “Next”, selanjutnya kamu akan menerima kode verifikasi dari WhatsApp melalui SMS.

WhatsApp juga akan melakukan verifikasi pada HP pertama. Selanjutnya, pada HP baru, lakukan login akun Google Drive untuk memulihkan chat yang telah dibackup. Terakhir, pilih “Restore” agar riwayat chat muncul di aplikasi pada HP baru.

Nah, itulah cara backup chat WhatsApp agar tidak hilang saat ganti HP. Mudah bukan? Percakapan WhatsApp akan berpindah setelah proses restoring selesai. Selamat mencoba! (rin)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close