Tips

Pahami Kelebihan dan Kekurangan VPN Sebelum Digunakan, Apa Saja?

Techdaily.id –VPN merupakan layakan yang banyak digunakan untuk mendapatkan koneksi internet secara aman dan private. Virtual Private Network juga dapat memberikan akses ke website dengan mengubah jalur koneksi dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi. Sederhananya, VPN dapat menghubungkan smartphone, tablet, maupun PC untuk mengakses website yang tidak dapat diakses dari negara kamu. Walaupun saat ini banyak layanan VPN gratis yang tersedia, kamu juga perlu mengetahui kinerja layanan ini. Simak ulasan berikut yang telah redaksi Techdaily rangkum untuk memahami kelebihan dan kekurangan VPN sebelum digunakan.

BACA JUGA
Cara Menghubungi Call Center Tokopedia, Buat Kamu yang Suka Complain!

Manfaat Layanan VPN

Terdapat beberapa manfaat dari penggunaan layanan VPN, seperti remote access yang memungkinkan kita mengakses internet menggunakan jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke internet. Walaupun menggunakan jaringan luar, ketika perangkat terhubung dengan VPN, jaringan bisa dikenali oleh internet menggunakan jaringan kantor. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari layanan VPN.

  • ByPass, kamu bisa melewati batasan geografi situs streaming ataupun video. Hal ini dapat digunakan pemerintah untuk mengakses situs yang dianggap membahayakan.
  • Melindungi pertukaran data yang dilakukan dari WiFi atau jaringan yang tidak terpercaya. VPN akan membantu mengamankan perangkat saat terhubung dengan WiFi di café ataupun bar.
  • VPN dapat menyembunyikan lokasi secara realtime, sehingga tidak dapat diakses oleh sembarangan orang yang ingin mengetahui lokasi kamu. Lokasi yang terdeteksi adalah lokasi server VPN kamu berada.
  • Saat memproses pertukaran data dan web aplikasi, data kamu akan dienkripsi. Meskipun seseorang dapat melihat apa yang komputer kirimkan, mereka hanya akan melihat data yang terenkripsi, bukan data mentah.

BACA JUGA
Analis: Smartphone Lipat Semakin Menjamur dalam Lima Tahun Ke Depan

Kelebihan Layanan VPN

Selain manfaatnya, terdapat beberapa kelebihan dari layanan VPN yang perlu diketahui sebelum digunakan pada perangkat.

  • Menghemat biaya setup jaringan. Karena VPN dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya yang relatif kecil. Transmisi data teknologi VPN menggunakan media jaringan publik yang sudah ada tanpa perlu membangun jaringan pribadi.
  • Kemampuan membentuk jaringan LAN tidak dibatasi tempat dan waktu, karena konektivitasnya dilakukan via internet.
  • VPN dapat meningkatkan kecepatan download dari protokol transfer berkas end-to-end. Kamu juga dapat menggunakan hotspot WiFi dengan aman, karena penyedia layanan internet (ISP) tidak memiliki akses aktivitas online kamu.
  • Dengan VPN, mobilitas perusahaan akan lebih baik karena para pekerja dapat terhubung dengan jaringan kantor melalui perangkat pribadi di rumah.

Kekurangan VPN

Dibalik praktisnya penggunaan VPN, terdapat beberapa kekurangan dari layanan ini yang perlu kamu ketahui sehingga dapat mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

  • Koneksi internet tidak bisa diprediksi, karena pada dasarnya kita hanya “nebeng” pada koneksi jaringan pihak lain, sehingga tidak memiliki kontrol terhadap jaringan tersebut.
  • Karena menggunakan jaringan publik, kita perlu menaruh perhatian lebih guna mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti penyadapan, hacking, ataupun cyber crime.
  • Koneksi internet kerap lamban dan tidak stabil. Selain itu, kita tidak mengetahui seberapa kuat sistem enkripsi yang disediakan oleh VPN.

Nah, sekarang kita telah memahami lebih lanjut kelebihan dan kekurangan VPN. Adapun beberapa jenis layanan VPN yang cukup populer dan dapat digunakan seperti Hotspot Shield, TunnelBear, Hide.me, dan NordVPN. (rin)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close