Tips

Cara Blokir Nomor Asing di iOS, Praktikkan di iPhone

Techdaily.id – Bila selama ini kamu kerap mendapat panggilan atau SMS spam, jangan khawatir. Kamu dapat memblokir nomor asing pengganggu dari perangkat iOS dengan mudah, baik memanfaatkan aplikasi maupun secara manual. SMS spam memang dapat dibiarkan begitu saja, namun lama kelamaan akan memenuhi isi inbox kamu. Penasaran kan caranya? Jangan khawatir, dalam artikel ini redaksi Techdaily akan mengungkap cara blokir nomor asing di iOS yang dapat dengan mudah dipraktikkan di iPhone. Simak ulasannya!

BACA JUGA
4 Cara Mudah Kenali Smartphone Resmi Xiaomi

Cara Blokir Nomor Asing di iOS Tanpa Aplikasi

  1. Aktifkan “Heningkan Penelepon Tak Dikenal”

Dengan iOS 13 dan versi terbarunya kini yakni iOS 14, kamu bisa menyalakan fitur “Heningkan Nomor Tak Dikenal” untuk mencegah panggilan dari orang yang tak dikenal. Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu dapat memblokir nomor telepon yang sebelumnya tidak pernah melakukan kontak dengan kamu bahkan tidak pernah disimpan.  Namun, jika kamu pernah mengirim pesan kepada seseorang yang menggunakan nomor tersebut atau seseorang membagikan nomor teleponnya melalui email, maka panggilan nomor tersebut akan masuk.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu cukup membuka Pengaturan > Telepon, scroll ke bawah, dan ketuk Heningkan Nomor Tak Dikenal untuk menyalakan fitur. Selanjutnya, panggilan dari nomor tak dikenal akan diheningkan dan dikirimkan ke pesan suara. Pesan suara ini kemudian akan ditampilkan dalam daftar panggilan terbaru. Jika terdapat panggilan darurat, fitur ini akan dinonaktifkan sementara selama 24 jam agar iPhone kamu dapat dihubungi.

Sebelum mengaktifkan fitur “Heningkan Penelepon Tak Dikenal”, pastikan kamu telah menyimpan kontak penting agar tidak melewatkan panggilan telepon dari orang tertentu. Panggilan akan tetap dikirimkan melalui pesan suara, namun kamu tidak akan menerima notifikasi saat telepon masuk.

  1. Block Secara Manual

Bila fitur “Silence Unknown Callers” diatas cukup merepotkan, kamu tetap memblokir nomor dengan mudah di perangkat iOS. Nomor yang terus-menerus menelpon atau mengirimkan pesan spam dapat diblokir melalui Pengaturan. Pertama, kamu dapat membuka Phone > Recents > lalu klik ikon informasi biru di sebelah kanan nomor yang akan diblokir. Sebagai langkah akhir, kamu dapat memilih opsi “Block This Caller” agar tidak lagi merasa terganggu.

BACA JUGA
Cara Membuat Facebook Avatar yang Sedang Viral

Cara Blokir Nomor Asing di iOS dengan Aplikasi

Terdapat sejumlah aplikasi untuk perangkat iOS yang dapat diunduh di App Store untuk memblokir panggilan masuk ataupun SMS spam dari nomor asing. Kamu dapat memilih layanan dari Hiya, Callblock, Robot Call Blocker, Spam Killer, dan aplikasi lainnya. Kendati demikian, sebagian besar layanan memerlukan langganan bulanan atau tahunan. Setelah meng-install aplikasi pilihan kamu, buka Pengaturan > Telepon, lalu ketuk “Blokir Panggilan & Identifikasi”. Pada opsi “Izinkan App ini Memblokir Panggilan dan Menyediakan ID Penelepon”, pilih untuk mengaktifkan aplikasi.

Saat akan menerima panggilan, iPhone akan memeriksa nomor penelepon dan membandingkannya dengan daftar nomor telepon di aplikasi. Jika terdapat kecocokan, iOS akan menampilkan label identifikasi yang dipilih oleh aplikasi seperti Spam atau Telemarketing. Jika ditentukan sebagai spam, aplikasi akan memilih untuk memblokir nomor tersebut secara otomatis.

Nah, itulah cara mudah blokir nomor asing di perangkat iOS yang dapat kamu praktikkan di iPhone. Jika ingin berhenti menggunakan layanan aplikasi blocker, kamu cukup menghapus tersebut. Selamat mencoba! (rin)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close