Aplikasi

Daftar Aplikasi Recovery Data di Android, Pulihkan Data Terhapus

Techdaily.id – Smartphone Android kian menyuguhkan memori besar untuk penyimpanan data. Kendati demikian, terkadang file seperti foto, audio, dan video tidak sengaja terhapus karena ceroboh. Malangnya lagi, kalau kamu tidak sengaja memformat ulang HP sehingga data-data yang disimpan terhapus. Jika kejadian ini menimpa kamu, jangan panik dulu karena ada cara mudah untuk memulihkan data yang terhapus. Berikut daftar aplikasi recovery data di Android yang dapat kamu unduh dari Google Play Store untuk memulihkan data yang terhapus. Simak ulasannya!

BACA JUGA
Cara Download Aplikasi Zoom di Laptop
  1. DigDeep Image Recovery

Mengawali daftar aplikasi recovery data di Android, kamu bisa menjadikan DigDeep sebagai pilihan. Seperti namanya, DigDeep Image Recovery merupakan aplikasi yang dapat mengembalikan data berupa foto yang terhapus baik dalam memori internal maupun eksternal. Penggunaan aplikasinya cukup mudah. Setelah terinstall, aplikasi ini akan memindai (scan) memori dan menyajikan daftar foto yang terhapus untuk dipulihkan. Hal ini mungkin akan memakan waktu lama, tergantung seberapa besar memori HP. Setelah selesai memindai, muncul berbagai folder yang berisi foto dari lokasi tertentu. Periksa setiap folder dan foto yang ingin dipulihkan, lalu pilih opsi “Restore”.

 

  1. Dumpster

Aplikasi recovery data berikutnya yang bisa kamu unduh di Google Play Store yakni Dumpster. Dumpster dapat digunakan untuk mengembalikan data dalam berbagai foto atau jenis mulai dari foto, video, audio, dan dokumen. Yang pasti, kamu dapat mengembalikan data dengan format mp3, mp4, avi, jpg, png, docx, pdf, txt, dan lainnya. Prinsip kerja aplikasi ini serupa dengan Recycle Bin yang ada di PC OS Windows, bahkan dapat digunakan secara offline. Bahkan, aplikasi ini telah diunduh 40 juta pengguna dan memiliki flexible cloud storage yang dapat menampung file kamu.

 

  1. DiskDigger

DiskDigger merupakan salah satu aplikasi untuk memulihkan data yang dapat kamu gunakan dengan mudah. Aplikasi ini dapat memulihkan file foto maupun video tanpa perlu terkoneksi dengan PC. Bahkan, versi premium DiskDigger dapat memulihkan berbagai jenis file lain. Aplikasi ini akan memindai (scan) untuk mencari foto dan video yang terhapus dari HP. Setelah proses scan selesai, kamu dapat menekan “Clean Up” untuk benar-benar menghapus semua file yang tidak diperlukan. Bahkan, kamu dapat menghapus free space yang tersisa, dengan opsi “Wipe free space” agar foto terhapus tak lagi dapat ditemukan.

BACA JUGA
Mudik Virtual, Silaturahmi di Tengah Pandemi
  1. EaseUS MobiSaver

Aplikasi Android berikutnya yakni EaseUS MobiSaver, yang dapat memulihkan berbagai file mulai dari foto, video, kontak, pesan WhatsApp, dan chat yang terdapat dalam memori internal dan memori eksternal HP. Yang pasti, EaseUS MobiSaver mendukung berbagai format mulai dari jpg, jpeg, png, gif, bmp, tif, mp4, 3gp, avi, dan mov. Setelah mengunduh aplikasi, kamu dapat memilih untuk memulihkan data dari galeri, kontak, WhatsApp, atau SD Card. EaseUS MobiSaver akan memindai file yang terhapus dan memberi daftar file. Bahkan, kamu bisa filter file berdasarkan size, tipe, dan tanggal. Untuk memulihkan, kamu cukup menekan opsi “Recover”.

 

  1. fone

Selain aplikasi diatas, ada pula dr.fone yang dapat kamu gunakan pada smartphone dan tablet Android. Adapun file yang dapat dipulihkan menggunakan dr.fone seperti foto, video, kontak, pesan, notes, riwayat panggilan, dan lainnya. Yang pasti, aplikasi ini dapat memulihkan file dalam format jpg, png, bmp, gif, tif, mp4, 3gp, mov, avi, mpg, wmv, flv, m4v, dan swf.  Menyerupai Recycle Bin pada PC Mac dan Windows, kamu bisa memulihkan file ini kapan saja. Bahkan, dr.fone dapat digunakan untuk transfer kontak, pesan, dan file lainnya dari satu HP ke HP lainnya dengan satu klik. (rin)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close