ReviewSmartphone

Review OPPO Reno4 F, Teman Baru di Era New Normal

Techdaily.idTim redaksi Techdaily berksempatan untuk me – review OPPO Reno4 F versi resmi di Indonesia. Smartphone yang dikategorikan sebagai keluarga dari Reno4 Series ini memang seolah menjadi pelengkap dari dua unit ponsel sebelumnya yakni Reno4 reguler dan Reno4 Pro.

BACA JUGA
Review Nokia 2.2, Cocok Buat Daily Driver

Seperti diketahui, smartphone seri Reno biasanya hadir dengan desain yang anggun dan menawan, namun pada ponsel ini desain bukan menjadi satu-satunya senjata andalan untuk mengarungi kerasnya persaingan di pasar smartphone Tanah Air. Apa saja sih kelebihannya? yuk simak ulasan review OPPO Reno4 F berikut.

Desain dan Layar

Review OPPO Reno4 F kita mulai pada bagian desain dan layar dari ponsel ini. OPPO Reno4 F memiliki body yang sangat tipis dan punya desain yang sangat futuristik. Smartphone ini memiliki  ketebalan hanya 7,4mm dan bobot hanya 164 gram yang menjadikannya sebagai ponsel tertipis milik OPPO hingga saat ini.

Selain itu, smartphone yang punya dimensi 7.48mm x 73.8mm x 160.1mm dengan bobot 164g ini juga hadir dengan dukungan teknologi terbaru untuk urusan desain layarnya. Reno4 F menggunakan teknik lapisan optik terbaru yang meningkatkan kedalaman lapisan dari 250 nanometer menjadi 400 nanometer. Lapisan ini jika terkena transmisi pantulan cahaya akan menghasilkan warna yang bervariasi saat ponsel digenggam pada sudut yang berbeda. Selain itu, body belakang ponsel ini juga dilindungi oleh lapisan khusus anti sidik jari yang menurut kami menjadi sebuah inovasi yang sangat berguna.

Untuk pilihan warna, OPPO Reno4 F memiliki dua pilihan warna yakni Matte Black yang melambangkan prestise dan terinspirasi dari warna pada mobil sports cars kelas atas. Metallic White menawarkan warna putih yang pada sudut tertentu dapat menghasilkan nuansa warna merah muda atau biru. 

Selain menyuguhkan tampilan belakang yang anggun dan mewah, pada bagian belakang juga terdapat jajaran empat kamera belakang yang membentuk segi empat, lengkap dengan LED Flash di sampingnya. 

BACA JUGA
Review realme C11, Suksesor yang Sempurna!

Pada bagian bawah kamu akan mendapati hadirnya lubang jack audio 3.5 mm, port USB Type C, lubang speaker dan lubang mic. Sedangkan untuk sisi kiri dan kanannya terdapat tray SIM Card serta tombol volume pada sisi kiri dan tombol power pada sisi sebaliknya.

Untuk bagian layar, Reno4 F menggunakan layar berukuran 6,43 inci berjenis SUper Amoled dengan resolusi layar FHD+. Layar ini dapat menghasilkan gambar yang lebih hidup dengan piksel yang lebih terang dan lebih jelas bahkan di bawah sinar matahari langsung. Layar Reno4 F juga mengusung konsep Mini Dual Punch-Holes dengan diameter yang lebih kecil (3.7mm) yang berarti dapat lebih banyak memberikan luar layar yang lapang dan dapat menawarkan pengalaman menonton yang lebih imersif.

Kamera

Review OPPO Reno4 F masuk ke bagian kamera. Pada bagian depan, ponsel ini mengusung kamera selfie ganda, yakni satu kamera 16 MP (f/2.4) yang didampingi kamera depth sensor 2 MP (f/2.4). Lalu pada bagian belakang, terdapat empat kamera yang tersusun dalam modul berbentuk persegi. Adapun kamera tersebut terdiri dari kamera utama (wide) 48 MP (f/1.8), kamera ultra wide angle 8 MP (f/2.2), kamera 2 MP mono (f/2.4), dan kamera 2 MP mono (f/2.4). 

Beberapa fitur kamera unggulan khas Reno4 juga tidak luput pada ponsel ini. Beberapa fitur tersebut seperti AI Color Portrait, Beautification 2.0, Super Night Portrait, Night Flare Portrait, dan Super Clear Portrait.

Untuk hasil fotonya sendiri, kamu bisa melihat pada awal pembahasan tentang bagian kamera dari review ini yang menurut kami cukup baik dan  di awal pembahasan tentang bagian ini 

Sedangkan untuk hasil video dari smartphone ini, kamu bisa klik link berikut. 

Performa & Dapur Pacu

OPPO Reno4 F hadir dengan chipset Mediatek Helio P95 yang disandingkan dengan dukungan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Kapasitas penyimpanan tersebut dapat diperluas hingga 512 GB, lewat slot microSD yang terpisah dengan kartu SIM. 

Selain itu, ponsel ini juga menggunakan sensor pemindai sidik jari yang tertanam pada layar serta dukungan interface ColorOS 7.2 yang berbasis Android 10. 

Untuk menguji performanya, kami memainkan game Call Of Duty Mobile pada ponsel ini serta mengujinya lewat aplikasi benchmark PC Mark. 

Pada software PC Mark, smartphone ini mampu memperoleh skor 6697 yang menurut kami merupakan skor yang wajar untuk ponsel kelas mid range. Sedangkan ketika pengujian dilakukan dengan bermain game Call Of Duty Mobile, ponsel ini berhasil menyuguhkan settingan grafis Medium dengan Frame Rate High. Saat bermain selama setengah jam, kami tidak merasakan adanya lag sedikitpun dan suhu ponsel pun tetap stabil dan tidak terasa panas. Sepertinya, dukungan layar Super Amoled pada ponsel ini benar-benar meningkatkan pngalaman bermain kami di Reno4 F.

BACA JUGA
Samsung Galaxy S20 Ultra, Ponsel Flagship Rasa Gaming

Baterai

review OPPO Reno4 F

Review OPPO Reno4 F masuk ke bagian baterai. Smartphone ini menggunakan baterai berkapasitas 4000 mAh dan telah didukung oleh sistem pengisian daya cepat 18W. Seperti diketahui, smartphone ini menggunakan Color OS 7.2 yang sangat handal dalam menjaga daya tahan baterai yang membuatnya tahan hingga seharian penuh. 

Untuk lebih meyakinkan kami dalam urusan daya tahan, Kami menggunakan battery test dari PC Mark untuk menguji ketahanan baterai dari ponsel ini. Pada pengujian tersebut, terlihat baterai ponsel ini mampu bertahan hingga  12 jam 46 menit.

Kesimpulan
OPPO Reno4 F dibanderol dengan harga Rp. 4.299.000,- yang menurut kami cukup sesuai dengan fitur unggulan yang ditawarkan. Ponsel ini juga bisa menjadi teman setia kamu untuk menjalani aktivitas di era new normal seperti saat ini.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close