Smartphone

Review realme narzo 20, Kandidat Kuat Hp 2 Jutaan Terbaik!

Techdaily.id – realme memang gemar dalam meluncurkan smartphone kelas menengah yang punya performa bagus dan harga yang relatif terjangkau. Ponsel teranyar yang dihadirkan adalah realme narzo 20. Review realme narzo 20 juga menjadi sebuah ulasan yang tidak boleh dilewatkan oleh para realme Fans di Indonesia.

Smartphone yang digadang-gadang menjadi ponsel gaming terbaik di rentang harga Rp. 2 jutaan ini memang menjanjikan perform gemilang lengkap dengan kapasitas baterai yang besar yang sesuai dengan kebutuhan para gamers di Indonesia.

Kali ini, tim redaksi Techdaily berkesempatan untuk menghadirkan ulasan tentang review realme narzo 20 yang tidak boleh kamu lewatkan dan berikut ulasannya.

Desain & Layar

Review realme narzo 20 kita mulai dari bagian desain dan juga layar yang diusung oleh ponsel ini. realme narzo 20 hadir dengan layar 6.5 inci berkonsep mini drop full screen. layar lebar ini hadir dengan rasio 20:9 yang sengaja dihadirkan untuk memberikan pengalaman lebih pada pengguna ketika mereka sedang bermain game atau menonton film di ponsel ini. layar ponsel ini berjenis IPS dengan rasio body ke layar mencapai 81.7%.

Beralih ke bagian bodi belakang, ponsel ini mengusung konsep desain gradasi yang membentuk huruf V. Huruf V ini menjadi isyarat dari Victory atau kemenangan yang mengartikan pula kalau ponsel ini adalah ponsel juara dan dihadirkan untuk para anak muda bermental juara.

Pada pojok kiri bawah, kamu akan menemukan tulisan ‘narzo’ sedangkan di bagian atasnya terdapat empat konfigurasi kamera berbentuk persegi 4 lengkap dengan LED Flash dan sensor pemindai sidik jari fisik di bagian tengah. 

Pada bagian bawah ponsel, terdapat lubang jack audio 3.5 mm, lubang mic, port USB Type C dan lubang speaker. sedangkan di bagian kiri dan kanannya, terdapat tombol power, tombol volume up & down, dan tray SIM Card.

Secara keseluruhan, body ponsel ini memiliki dimensi 164.5 x 75.9 x 9.8 mm dengan bobot hanya 208 gram saja. Menurut kami, desain realme narzo 20 ini cukup enak dilihat dan cukup nyaman di genggam meski body belakangnya cukup mudah kotor. 

Kamera

Review realme narzo 20 beralih ke bagian kamera. Smartphone ini hadir dengan empat kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 48MP sebagai kamera utama, 8MP untuk lensa ultra wide, 2MP sebagai portrait BW dan 2MP untuk macro. Keempat kamera belakang ini memiliki fungsi dan kemampuannya masing-masing.  

Pada bagian depan, terpampang kamera depan dengan resolusi yang cukup besar yakni 16MP. 

Beberapa fitur kamera andalan seperti Nightscape masih tersedia pada ponsel ini. Berbicara mengenai hasil foto dari kamera ini, kamu bisa menscroll kembali ke bagian atas atau tepatnya di bawah sub judul “Kamera”.

Menurut kami, kamera dari ponsel ini sangat membantu dalam menghasilkan foto yang bagus. Salah satu faktor utamanya yakni kamera utama realme narzo 20 yang memiliki sensor 48MP dengan bukaan lebar f/1.8, dan lensa 6P. Kamera ini menerapkan mekanisme binning piksel 4-in-1 Quad Bayer yang menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi piksel besar, meningkatkan resolusi dan kualitas gambar yang diambil bahkan dalam pengaturan cahaya rendah dan mewujudkan rentang sensasional dari detail yang kaya.

Performa & Dapur Pacu

realme narzo 20 ditopang oleh dapur pacu yang cukup membuat kami penasaran. Smartphone ini hadir dengan chipset gaming kelas menengah dari Mediatek yakni Helio G85 yang diklaim mampu untuk melahap sederet game-game mainstream. Chipset ini akan disandingkan dengan GPU ARM Mali-G52. Untuk urusan memori, realme narzo 20 ditopang oleh konfigurasi RAM 8GB dan penyimpanan internal mencapai 128GB yang menurut kami cukup lega untuk multitasking dan menyimpan banyak data.

Untuk menguji performanya, pada review narzo 20 kali ini kami melakukan pengujian menggunakan alat uji PCMark dan bermain game Call of Duty Mobile. 

Pada pengujian menggunakan PCMark, ponsel ini berhasil memperoleh skor 7771 sedangkan saat memainkan game Call Of Duty Mobile, realme narzo 20 mampu menyuguhkan settingan grafis medium dan frame rate high

Software & UI

review realme narzo 20

Ponsel terbaru ini sudah menggunakan realme UI yang sudah disempurnakan dan berbasis pada Android 10. Tampilan UI ini sudah dibangun dengan lebih baik untuk pengalaman Android yang lebih baik dan lebih dekat. 

realme merancang UI dengan mengingat preferensi dan estetika konsumen muda. Alhasil, realme UI akan terasa mulus dan menyenangkan untuk digunakan. realme narzo 20 sendiri membawa lebih banyak fitur terbaru melalui realme UI dengan tampilan sederhana tapi tidak membosankan, terinspirasi oleh gaya hidup sehari-hari dari generasi muda. 

Untuk mencapai real design dalam efek visual, realme UI dirancang dengan mempertimbangkan 4 hal – warna sistem, ikon, wallpaper, dan animasi. Pada UI kali ini, kami cukup tertarik dengan salah satu fitur yakni Dual Mode Music Share yang sangat berguna ketika dua pengguna mencoba menikmati video atau lagu yang sama pada waktu yang sama dari perangkat yang sama. Kamu dapat menghubungkan sepasang earbud nirkabel dan earphone kabel secara bersamaan, sehingga keduanya dapat mendengarkan lagu yang sama yang diputar dari smartphone realme yang sama. 

BACA JUGA
Review OPPO A92 : Desain, Layar, Kamera

Fitur ini didukung jika satu pengguna mendengarkan musik dalam Bluetooth dan headphone kabel secara bersamaan. Lalu, jika satu pengguna sedang menelepon melalui Bluetooth, pengguna lainnya tetap dapat mendengarkan musik melalui perangkat kabel.

Melalui aplikasi realme Link, realme narzo 20 bisa dipasangkan dengan AIoT dari realme seperti realme Watch, realme Band dan realme Buds Air. Setelah dipasangkan, pengguna dapat mengatur fungsi dari realme AIoT melalui realme Link sesuai preferensi.

Baterai

review realme narzo 20

Review realme narzo 20 berlanjut ke bagian baterai. Smartphone ini menggunakan baterai besar berkapasitas 6000 mAh. Smartphone ini juga didukung oleh sistem pengisian daya cepat 18W Quick Charge yang diklaim mampu memberikan solusi pengisian daya yang pas untuk ponsel ini. 

Pada pengujian di realme Lab, baterai realme narzo 20 mampu bertahan selama 45 hari dalam mode siaga, 43,16 jam untuk telepon, 11,02 jam untuk bermain game dan 25,26 jam untuk nonton YouTube secara non stop. 

realme juga telah membenamkan fitur hemat daya yang cerdas seperti App Quick Freeze, Screen Battery Optimization, Sleep Standby Mode dan Power Saving Mode. Keempatnya akan secara cerdas memonitor setiap aplikasi yang berjalan di taskbar dan tingkat kecerahan layar untuk kemudian mematikan aplikasi yang jarang digunakan tadi dan menurunkan tingkat kecerahan layar yang kesemuanya bertujuan untuk memberikan efisiensi pada baterai. 

BACA JUGA
Telkomsel & Garena Gelar Turnamen eSport Online “Indonesia Games Championship” 2020

Untuk lebih meyakinkan kami, akhirnya kami menggunakan software dari PC Mark dalam menguji daya tahan smartphone ini. Hasilnya, realme narzo 20 mampu memberikan dukungan daya baterai hingga 12 jam 33 menit setelah ‘disiksa’ oleh aplikasi ini.

review realme narzo 20

Kesimpulan

Review realme narzo 20 masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami, smartphone ini mampu memberikan performa tangguh dan baterai yang sangat awet. Buat kamu yang sedang mencari smartphone gaming dengan bajet 2 jutaan, kami sangat merekomendasikan ponsel ini karena terdapat banyak ‘senjata ampuh’ seperti dapur pacu, baterai dan bandrol harga. 

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close