AnalisisFeatureLaptopTech

Keunggulan Chip Apple M1, Ada Apa Saja?

Techdaily.id – Apple secara resmi memperkenalkan Mac petama mereka yang menggunakan chip Apple silicon yang bernama Apple M1 untuk MacBook Pro, MacBook Air, dan MacBook mini. Ini merupakan langkah Apple untuk beralih dari prosesor Intel ke chip Apple M1. Chip Apple M1 memiliki kelebihan yang lebih unggul dari prosesor Intel. Nah, berikut ini adalah beberapa keunggulan chip Apple M1.

BACA JUGA
Bosch looking to smart devices to get ahead in the cloud
  • Performa Lebih Tinggi

Apple mengeklaim bahwa Apple M1 memiliki performa yang lebih unggul dari prosesor intel. Perbandingan ini tidak hanya berlaku untuk Mac yang menngunakan prosesor intel saja, tetapi untuk semua PC di dunia dengan kelas yang sama. Tapi sayangnya hal tersebut belum bisa dibuktikan karena Chip M1 belum resmi dipasaran.  Namun, ada bocoran bahwa skor benchmark MacBook Air dengan chip M1 bisa mengalahakan skor benchmark MacBook Pro 16 inch yang menggunakan prosesor Intel.

  • Lebih Hemat Energi

Fokus utama dari Apple silicon adalah efisiensi energi, hal tersebut tentunya bermanfaat bagi pengguna yang mengandalkan energi dari baterai. Dan Apple telah mengeklaim bahwa MacBook Air dengan chip M1 bisa bertahan 18 jam dibanding dengan MacBook Air yang menggunakan prosesor intel. MacBook Pro dengan chip M1 bisa bertahan 20 dari pada MacBook Pro yang menggunakan prosesor intel.

BACA JUGA
15 Cara Mempercepat Koneksi Internet Tanpa Aplikasi Tambahan
  • Lebih Bayak Fitur Unik

Kehadiran fitur-fitur unik menjadikan salah satu keunggulan chip Apple M1. Fitur yang akan hadir diantaranya Apple Neural Engine, Apple Image Signal Processing, Apple Secure Enclave, dan lain sebagainya akan hadir ke Mac.tentunya fitur-fitru baru dan unik tersebut tidak akan didapat jika Mac kamu masih menggunakan prosesor Intel.

  • Control Penuh Oleh Apple

Tidak memiliki control apapun terhadap prosesor intel merupakan alasan Apple beralih dari Intel ke prosesor buatan sendiri. Contoh jika prosesor memiliki kecacatan desain, Apple harus menunggu pembuat prosesor untuk diperbaiki. Atau ketika Apple ingin merilis produk baru Apple harus berkonsultasi dengan pihak Intel. Dan jika Apple menggukan prosesor sendiri Apple bisa berinovasi bahkan merilis produk sesuai keinginana tanpa harus menunggu kepastian dari pihak ketiga.

  • Membuat Mac Semakin Jadi “Mac”

Sebelum menggunakan prosesor Intel, Apple mmenggunakan prosesor hasil kerjasama Apple, IBM, dan Motorola yang bernama PowerPC yang memiliki peforma lebih cepat namun mengkonsumsi daya kebih banya, disbanding Intel yang memiliki performa lebih lamat namun lebih hemat daya. Kini dengan chip Apple M1, komputer buatan Apple bisa kembali menjadi unik dan benar-benar menjadi “Mac”. Mac bukanlah PC, dan PC bukanlah Mac.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa keunggulan chip Apple M1. Semoga informasi pada artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu ya. (ran)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close