News Enterprise

Onno W. Purbo Sabet Penghargaan Postel Service Award

Techdaily.id – The Internet Society, organisasi nirlabal global yang mempromosikan pengembangan dan penggunaan Internet yang terbuka, terkoneksi secara global dan aman, menganugerahkan sebuah penghargaan bergengsi Jonathan B. Postel Service Award kepada Onno W. Purbo atas kontribusi teknis, kepemimpinan dan pengabdiannya yang luar biasa dan terus-menerus bagi komunitas Internet global.

Penghargaan ini sendiri merupakan sebuah pengakuan terhadap pegiat TI seperti Onno yang telah ‘makan asam garam’ di industri TIK, seperti pengembangan, pertumbuhan dan kekuatan Internet. Dikenal sebagai “Tokoh Pembebasan Internet Indonesia”, Onno Purbo merupakan advokat Internet yang produktif dan mendapat publikasi luas. Pria yang kerap disapa Kang Onno ini memainkan peran kunci dalam demokratisasi akses Internet, sehingga Internet menjadi lebih terjangkau terutama di kawasan-kawasan pedesaan Indonesia.

“Kontribusi Pak Onno terhadap sektor digital tidak ternilai harganya dan penghargaan ini menandai prestasi yang telah diraihnya dan menginspirasi orang lain untuk juga meraih prestasi serupa. Gagasan akses Internet dan Jaringan Komunitas bermanfaat yang diusungnya telah mendorong pertumbuhan tidak hanya Internet yang lebih terjangkau tapi juga dapat diakses di berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Saya yakin penghargaan ini akan menguatkan tekad masyarakat Indonesia lain untuk berinovasi dan mengikuti langkah beliau untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi berbagai komunitas terutama dalam meningkatkan digitalisasi,” ujar Mnteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate pada keterangan pers yang diterima tim Techdaily (19/11).

BACA JUGA
UC Browser Luncurkan UC Drive Dengan Kapasitas Gratis 20GB

Dari sekian banyak prestasi yang diraihnya, Onno paling dikenal karena merintis Internet di Indonesia melalui penggunaan teknologi nirkabel dan Voice over Internet Protocol secara canggih. Beliau merintis koneksi Internet pertama di Institut Teknologi Bandung dan menggunakannya untuk membangun jaringan pendidikan pertama di Indonesia.

Ia juga menjadi salah satu penggagas deregulasi frekuensi Wi-Fi dan memperkenalkan warung Internet (warnet), jaringan RT-RW-Net dan jaringan selular komunitas di Indonesia. Pak Onno menggelar jaringan telephony over Internet pertama dan memimpin diperkenalkan kembalinya teknologi informasi dan komunikasi dalam kurikulum sekolah menengah atas.

Saat ini Onno terlibat dalam layanan e-Learning GRATIS terbesar di Indonesia yang telah menggelar lebih dari 700 kursus untuk hampir 40.000 peserta dan melatih lebih dari 8000 tenaga pengajar mengenai pengoperasian e-learning.

Terpilhnya Onno W. Purbo sendiri berdasarkan proses seleksi oleh komite internasional yang sangat kompeten, terdiri dari para pemenang Jonathan B. Postel award sebelumnya, yang meliputi para visioner dan tokoh Internet.

Sekadar informasi, Postel Award didirikan pada 1999 oleh Internet Society untuk memberi penghargaan kepada individu dan organisasi yang karya mereka mencerminkan semangat Jonathan Postel, yang pengaruhnya di bidang teknis dapat ditemukan di inti banyak protokol yang menggerakan Internet.

BACA JUGA
Bhinneka.Com Luncurkan Gerakan #Mask4Indonesia, Ayo Dukung!

Related posts:

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close