Tips

Hindari Bahaya, Ini Cara Melindungi Smartphone dari Hacker

Techdaily.id -Di era digital seperti saat ini, kita tidak lepas dari penggunaan smartphone. Hampir setiap orang pasti memiliki smartphone dan digunakan untuk berbagai keperluan. Namun semakin pintar perangkat yang kita miliki, akan semakin besar pula bahaya yang mengintai. Saat ini penjahat siber atau hacker memanfaatkan berbagai kesempatan untuk melancarkan aksinya dalam berbagai kepentingan. Mulai dari meretas data-data penting yang tersimpan di dalam smartphone, mencuri identitas atau aktivitas memata-matai dan masih banyak lagi. Oleh karena itu sangat penting untuk kita tahu cara melindungi smartphone dari hacker, agar tetap aman.

BACA JUGA
Mudah! Cara Menonton Video YouTube yang Diblokir Server

Berikut ini beberapa cara yang dapat digunakan untuk melindungi smartphone kita dari serangan hacker:

Cara melindungi smartphone dari Hacker

1.Rajin Update

Yang pertama adalah memastikan smartphone selalu update dengan pembaharuan sistem operasi terkini. Hal ini berfungsi untuk memperbaik kekurangan dan menutup celah keamanan perangkat smartphone kita. Oleh karena itu, jika sudah muncul pemberitahuan untuk update di smartphonemu segeralah lakukan.

2. Gunakan Password Manager

Mendownload dan menggunakan password manager ini akan bermanfaat untuk mengontrol password yang kita gunakan dalam banyak layanan. Download password manager dan lakukan otentifikasi dua faktor di semua akun yang menawarkannya untuk mengamankan smartphone dari hacker, meskipun sudah password sudah didapat.

3. Download Aplikasi Antivirus

Penggunaan aplikasi antivirus di smartphone juga bisa membantu melindungi smartphone yang kita gunakan dari serangan hacker, pasalnya hacker kerap kali menggunakan malware untuk menyusup dan mencuri informasi password dan akun kita.

4. Hindari Penggunaan Wifi Publik

Terlalu sering menggunakan wifi publik bisa saja datamu terpantau oleh hacker. Meski terdengar menyenangkan dan irit kuota, namun terlalu sering menggunakan wifi publik tidak baik untuk keamanan data dalam smartphone kita.

5. Buat Password yang Kuat

Cara selanjutnya adalah membuat passaword yang kuat untuk menjaga smartphone kita dari serangan hacker. Hindari penggunaan password yang gampang dan mudah diingat karena hacker akan dengan mudah bisa menebaknya. Buatlah password yang tidak berhubungan dengan dirimu untuk mengamankan smartphone dari serangan hacker.

BACA JUGA
Spesifikasi Xiaomi Mi CC9 Versi GSM Arena, Masih Worth It?

Nah itulah beberapa cara melindungi smartphone dari hacker. Semoga informasi ini bermanfaat untuk membantu melindungi smartphonemu dari serangan hacker sehingga terhindar dari bahaya. (ira)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close