LaptopTechTechlifeTips

Cara Melihat Spesifikasi Laptop, Mudah Banget!

Techdaily.id – Apakah kamu berencana ingin membeli laptop? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin membeli laptop yaitu cek spesifikasinya terlebih dahulu. Mengetahui spesifikasi laptop bisa membuat kamu mengatur beban yang bisa ditampung laptop dan batasnya. Tentu saja masing-masing spesifikasi laptop menunjukkan kegunaan laptop tersebut. Berikut ini kami akan ulas bagaimana cara melihat spesifikasi laptop secara rinci dan akurat. Simak yuk!

BACA JUGA
Cara Download Cyberpunk Gratis, Buat Nemenin Liburan!

Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Terdapat beberapa cara melihat spesifikasi laptop yang dapat kamu lakukan, diantaranya yaitu:

  1. Menggunakan Properties

Buka “This PC’ atau “My Computer”, lalu klik kanan dan tekan properties pada salah satu dari keduanya. Maka akan muncul jendela baru berisikan beberapa informasi seperti sistem operasi, prosesor, RAM , nama komputer dan juga sistem komputasi.

  1. Menggunakan System Information

Kamu bisa melihat spesifikasi laptop dengan cara, buka “Start Menu” lalu ketik “msinfo32” pada search bar pojok kiri bawah, lalu klik tulisan “System Information”.

Nantinya, bar di sisi kanan akan memunculkan daftar spesifikasi laptop, seperti System model, system type, processor, detail UEFI (or legacy BIOS), termasuk tanggal dan mode pembaruan firmware hingga memori yang terpasang.

  1. Menggunakan Command Prompt

Buka “Start Menu” lalu ketik “Command Prompt” pada search bar, lalu klik kanan kemudian Run as administrator. Kemudian, langsung ketikan “systeminfo” dan tekan enter pada Command Prompt.

Kamu akan mendapatkan konfigurasi terperinci tentang perangkat keras, spesifikasi dan sistem operasi, termasuk Windows, informasi pembaruan, versi BIOS, memori, detail network adaptor, dan lainnya.

  1. Menggunakan dxdiag

Tekan tombol Windows + R di laptop kamu. Kemudian ketikkan “dxdiag” lalu tekan enter atau OK. Tunggu beberapa saat maka akan muncul pop up box yang menampilkan informasi lengkap spesifikasi.

Kamu akan mendapatkan informasi tentang prosesor, OS, RAM, kartu grafis dan segala sesuatu yang berhubungan dengan layar, sound hingga input device.

  1. Menggunkan Speccy

Pertama download dan install terlebih dulu aplikasi Speecy di laptop kamu. Buka aplikasinya dan  otomatis spesifikasi laptop kamu akan langsung terlihat.

Itulah 5 cara yang bisa kamu terapkan untuk mengetahui spesifikasi laptop secara lengkap dan terperinci. Sangat mudah bukan? Semoga dapat membantu kamu yang ingin melihat spesifikasi laptop sebelum membelinya. (ran)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close