Wednesday, September 22, 2021
BerandaSciencePlanet5 Fakta Planet Mars yang Bikin Kamu Males Tinggal Disana

5 Fakta Planet Mars yang Bikin Kamu Males Tinggal Disana

TechDaily.id – Ketika menyaksikan film “Martian” tentu semakin meyakinkan kamu jikalau setiap manusia bisa tinggal di Planet Mars.

Pada film tersebut, terlihat bagaimana si pemeran utama mampu bertahan hidup di Mars hingga menanam dan memanen kentang.
Jika berkaca dari film tersebut, memang sah-sah saja kalau kita beranggapan Mars adalah ‘rumah’ kedua kita setelah Bumi.
Namun beberapa fakta yang berhasil dihimpun oleh tim TechDaily berikut ini, akan membuatmu berfikir ulang untuk tinggal di Planet Mars.
Atmosfer Mars Lebih Tipis
Meski mirip dengan Bumi, namun Mars memiliki atmosfer yang cukup tipis. Bahkan atmosfer nya  100 kali lebih tipis daripada atmosfer Bumi.

Tidak sampai disitu, atmosfer di Mars juga mengandung 95 persen karbondioksida yang sangat berbahaya bagi manusia. Selain itu, atmosfer di Mars juga mengandung banyak gas yang cukup berbahaya untuk tubuh kita.

 

 

Atmosfer yang tipis juga menyebabkan tekanan udara yang ada di Mars sangat rendah, hal ini menjadikan air akan menguap, tak terkecuali cairan di tubuh kita.

BACA JUGA
5 Bakteri Dengan Kekuatan Super
BACA JUGA
Buang Limbah Sembarangan, Tesla Kena Denda Ratusan Juta

 

Suhu Mars yang Ekstrim

 

Planet Mars merupakan salah satu planet yang dekat dengan Bumi. Namun, di Mars memiliki suhu yang cukup ekstrim dan bahkan sangat dingin untuk dihuni Manusia.

 

Jika di rata-rata, suhu udara yang ada di Mars hampir sama dengan suhu yabg berada di Antartika. Ketika malam hari, suhu udara di Mars bisa mencapai minus 70 hingga 100 derajat Celcius.

 

Dengan suhu yang seperti ini, melihat gas karbondioksida membeku di Mars bukanlah kejadian yang langka bukan.

 

Badai Debu di Mars

 

Planet Mars merupakan planet yang cukup dingin. Meski begitu, di Mars juga terdapat musim panas yang cukup mengerikan.

 

Musim panas di Mars memiliki periode dua tahun sekali. Ketika musim panas tiba, biasanya terjadi badai debu di Mars yang cukup dahsyat.

 

Badai debu khas Mars ini biasanya berlangsung selama seminggu dan membuat lokasi sekeliling gelap karena diselimuti oleh debu.

 

Tanah Mars yang Beracun

BACA JUGA
Jauh Dari Kata Indah, Inilah 5 Planet Paling Mengerikan di Jagat Raya

 

Mars yang dikenal dengan planet merah ini ternyata memiliki tanah yang cukup berbahaya.

BACA JUGA
HID Global Luncurkan Solusi untuk Verifikasi Usia Penduduk

 

Tanah di Mars mengandung banyak garam yang bernama perklorat. Garam ini sendiri sebenarnya merupakan zat utama untuk membuat roket.

 

 

Jika manusia tinggal di Mars, tentu zat  ini akan sangat berbahaya dan bisa mencemari lingkungan.

 

Kalau kita sering terkena perklorat, maka kelenjar tiroid bisa tidak berfungsi dengan baik. Selain itu, tanah di Mars juga hanya bisa ditanami sedikit jenis tanaman.

 

Gravitasi di Mars Cukup Kecil

 

Mars dianggap menyerupai Bumi karena di planet ini memiliki gravitasi. Manusia sejatinya mampu berjalan di gravitasi Mars yang hanya sekitar 38 persen saja.

 

Namun karena gravitasi di Mars cukup kecil, membuat kita tidak dapat berlari bebas dengan lincah di planet ini. Bayangkan saja, seorang Lionel Messi pun tentu tidak bisa menggiring bola dengan lincah di Mars.

 

Demikian lah sedikit fakta menarik soal Mars. So, masih mau tinggal di Mars? Tulis jawaban kamu di kolom komentar ya.

BACA JUGA
Nasa Temukan Exomoon, Ada Alien?
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
BACA JUGA
5 Bakteri Dengan Kekuatan Super

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi