Thursday, February 2, 2023
BerandaGadget5 Kesalahan Umum yang Dilakukan Pengguna Android

5 Kesalahan Umum yang Dilakukan Pengguna Android

TechDaily.id – Meskipun ponsel Android cukup mudah digunakan, ada beberapa kesalahan yang dapat memengaruhi kinerja dan keandalan perangkat. Berikut ini 5 kesalahan umum yang dilakukan pengguna Android.

Pengguna smartphone terkadang melakukan kesalahan yang tidak disadarinya. Kesalahan itu memengaruhi kinerja perangkat mulai dari menginstal aplikasi yang buruk hingga kehilangan beberapa fitur paling berguna.

Untuk menghindari kerusakan perangkat yang tidak diinginkan, ada baiknya kamu mengetahui apa saja kesalahan yang biasa dilakukan pengguna Android. Tujuannya agar kamu bisa selalu waspada. Berikut daftarnya sebagaimana dikutip dari Makeuseof.

5 Kesalahan Umum yang Dilakukan Pengguna Android

  1. Sering Menutup Aplikasi

Android memiliki mekanisme yang efektif mengelola semua proses yang berjalan secara bersamaan di perangkat Anda. Ini mengelola aplikasi latar belakang Anda, statusnya saat ini, dan konsumsi baterai juga, dan kamu tidak perlu khawatir tentang itu. Saat kamu menutup aplikasi secara manual, aplikasi akan dihapus dari memori dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dibuka di lain waktu.

  1. Menggunakan Aplikasi Cleaning Palsu
BACA JUGA
Cara Meningkatkan Performa Game di HP Android

Ada banyak sekali aplikasi di Google Play yang mengklaim dapat membersihkan ponsel Anda atau meningkatkan baterai dan RAM. Berita buruknya banyak dari aplikasi ini tidak melakukan banyak hal sama sekali. Faktanya, beberapa di antaranya mungkin benar-benar menghabiskan sumber daya ponsel kamu, sehingga memengaruhi kinerjanya secara negatif. Mereka membuat janji besar tetapi hanya ada untuk menampilkan iklan atau menjual pembelian dalam aplikasi kepada kamu.

  1. Instal Aplikasi dari Sumber Tak Dikenal

Terkadang saat tidak dapat menemukan aplikasi atau game di Google Play Store, kamu mungkin tergoda mencari file apk dari pihak ketiga di Google. Aplikasi dari situs web tidak diverifikasi ponsel, sehingga berpotensi membuat kamu terancam keamanan dan privasi.

Jika kamu hanya menginginkan versi reguler aplikasi yang tidak dapat ditemukan di Google Play di wilayah, kamu akan baik-baik saja dalam banyak kasus jika menggunakan situs ini untuk mengunduh APK Android. Tapi kamu lebih mungkin terkena virus dan spyware jika mencoba menginstal aplikasi berbayar versi crack atau modded.

  1. Tap Iklan Cerdik di Aplikasi
BACA JUGA
Cara Bikin Kode QR di Android

Iklan adalah bagian dari hampir semua aplikasi dan situs web modern, dan merupakan sumber pendapatan penting bagi pengembang dan pembuat konten. Tetapi penting untuk dipahami bahwa beberapa iklan berbahaya dan dapat mencuri data atau mengirimkan virus ke arah kamu.

  1. Memberikan Izin yang Tak Perlu ke Aplikasi

Izin aplikasi memungkinkan kamu mengakses data dan sumber daya dari perangkat sehingga dapat memberikan fungsionalitas yang relevan. Saat kamu menginstal aplikasi, beberapa pop-up muncul untuk meminta izin. Aplikasi galeri akan meminta akses ke foto, misalnya, atau aplikasi perpesanan harus dapat melihat kontak kamu.

Tapi, beberapa dari izin ini tidak diperlukan dan digunakan untuk mengumpulkan data untuk analitik dan iklan yang dipersonalisasi atau bahkan untuk memata-matai kamu.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi