BerandaEnterpriseTelco5 Manfaat Jaringan 5G di Indonesia

5 Manfaat Jaringan 5G di Indonesia

Techdaily.id – Setidaknya sejak akhir tahun 2020 lalu negara kita sudah ramai memperbincangkan tentang jaringan internet 5G. Akan tetapi, mungkin tidak banyak dari kita yang mengetahui manfaat jaringan 5G untuk konsumen. 

Sekadar informasi, ketika jaringan internet mobile generasi kelima ini diperkenalkan banyak pihak yang meyakini kalau layanan ini diperuntukan bagi keperluan industri maupun Machine to Machine (M2M). 

Akan tetapi, bukan layanan internet mobile namanya jika tidak diperuntukkan bagi konsumen. Sama halnya dengan 4G, jaringan 5G juga punya banyak manfaat untuk end user. 

Tujuan Hadirnya Jaringan 5G

Sebelum kita membahas mengenai manfaat jaringan 5G,  ada baiknya kita mengetahui tujuan dari penerapan layanan internet mobile generasi kelima ini. 

Seperti diketahui, layanan 5G sendiri merupakan sebuah lompatan besar dalam kemajuan teknologi. Jaringan ini menjanjikan kecepatan internet yang tinggi dan dibarengi dengan tingkat latency yang juga rendah. 

Dengan tingkat latency yang rendah serta kecepatan downlink dan uplink yang tinggi, maka bisa dipastikan pengalaman pelanggan dalam menggunakan internet pun menjadi lebih baik. 

5G sendiri memberikan kecepatan data sebesar 10 hingga 100 kali lebih cepat dari jaringan 4G yang ada saat ini.

Menurut Harish Krishnaswamy, seorang profesor teknik elektro di Universitas Columbia di New York seperti dilansir dari live science mengungkapkan, kecepatan internet 5G sendiri dapat menciptakan sebuah inovasi baru di masyarakat.

”Sebagai contoh, dengan kecepatan data gigabit per detik, pengguna berpotensi mengunduh film ke ponsel atau tablet dalam hitungan detik. Jenis kecepatan data itu dapat memungkinkan aplikasi virtual reality atau mobil mengemudi otonom,” ujarnya.

manfaat jaringan 5G
5G Experience Center di ajang PON 2021

Jadi sangat wajar apabila banyak orang yang sangat mengidam-idamkan layanan internet generasi kelima ini. 

Manfaat 5G di Indonesia

Setelah mengetahui sedikit informasi tentang tujuan diimplementasikannya layanan ini, sekarang saatnya untuk membahas mengenai manfaat jaringan 5G untuk konsumen akhir. Berikut ini adalah 5 inovasi yang mungkin hadir di era 5G.

Cloud Gaming

Inovasi pertama yang kemungkinan besar akan hadir di era 5G adalah Cloud Gaming. Dengan hadirnya teknologi ini, kamu bisa bermain game secara online dengan resolusi yang besar dimanapun dan kapanpun. 

Kamu juga tidak perlu repot-repot untuk mengunduh file game yang tentu saja sangat besar.

Smart Farming

Dengan hadirnya jaringan 5G, konsep Smart Farming juga bisa diaplikasikan. Smart farming sendiri merupakan proses pemanfaatan sebuah platform yang terkoneksi dengan perangkat teknologi seperti tablet maupun smartphone.

Konsep ini bertujuan untuk mengumpulkan data penting terkait pertanian seperti kelembaban udara, status unsur hara hingga cuaca. Dengan adanya konsep ini, diharapkan akan meningkatkan kuantitas serta kualitas hasil bumi.

Smart Home

Manfaat jaringan 5G untuk konsumen selanjutnya adalah Smart Home atau Rumah Pintar. Inovasi ini sejatinya bukan hal baru, namun hadirnya teknologi 5G tentu akan menyempurnakan konsep ini.

Dengan 5G, pengguna bisa memasang kamera beresolusi tinggi serta banyak sensor yang akan terhubung ke perangkat smartphone kamu. 

Kamu bisa lebih menghemat listrik dengan mematikan AC ketika tidak ada orang di rumah dan kembali menyalakannya ketika hendak sampai di rumah. Bahkan, kamu juga bisa memantau keadaan hewan peliharaan kamu kapan pun dengan teknologi ini. 

Optimalisasi Penggunaan Drone

Seperti diketahui, menggunakan Drone sudah bukan hal baru di Indonesia. Dengan hadirnya jaringan 5G, penggunaan pesawat tanpa awak ini menjadi lebih besar lagi, salah satunya Smart Air Patrol.

Menurut Edward Ying, Smart Air Patrol merupakan teknologi yang memanfaatkan drone untuk mengawasi operasional pabrik secara real-time dengan pengiriman berlatensi rendah.

“Smart Air Patrol bisa diimplementasikan pada industri minyak dan gas. Drone dapat memantau saluran pipa sepanjang 240 kilometer misalnya, dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan helikopter,” terangnya.

Selain itu, drone juga bisa digunakan untuk mengantar barang-barang belanjaan yang kamu beli di e-commerce secara langsung, jadi gak harus nunggu sampai berhari-hari deh.

manfaat jaringan 5G
5G Experience Center Telkomsel di ajang PON 2021

Virtual Reality 

Teknologi Virtual Reality (VR) memang bukan sebuah teknologi baru. Namun, dengan adanya jaringan 5G, pengalaman menggunakan teknologi ini tentu akan lebih baik lagi. 

Adalah Immersive Collaboration yang merupakan sebuah sambungan layanan ultra broadband yang memungkinkan kolaborasi tanpa batas antara pelaku bisnis di berbagai lokasi untuk saling bekerjasama. Sistem ini pun didukung teknologi fixed wireless access.

Nantinya, kamu tidak perlu mengunjungi sebuah mall untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Kamu cukup menggunakan kacamata VR dan menjelajah mall tersebut secara virtual dan real time. 

Telkomsel Pelopori Layanan 5G di Indonesia

Setelah mengetahui manfaat jaringan 5G, hal lain yang perlu kamu ketahui adalah operator penyelenggara jaringan 5G. Di Indonesia sendiri, Telkomsel menjadi pionir dalam menghadirkan layanan ini.

Tim Redaksi Techdaily sendiri beberapa waktu lalu sempat menjajal kecepatan internet 5G Telkomsel yang berhasil memperoleh kecepatan hingga 636Mbps. Dengan kecepatan seperti itu, kamu bisa streaming drakor sambil meeting virtual dan bermain game di waktu yang bersamaan tanpa takut mengalami lag. 

Untuk menikmati layanan ini, kamu perlu memastikan beberapa hal berikut:

  • Menggunakan kartu bertipe uSIM (kartu SIM 4G)
  • Berada di lokasi yang sudah di cover jaringan Telkomsel 5G
  • Menggunakan perangkat smartphone yang telah mendukung jaringan dan layanan Telkomsel 5G, serta memastikan fitur 5G sudah aktif pada perangkat tersebut
  • Memastikan fitur 5G telah aktif di nomor ponselnya
  • Untuk saat ini nomor ponsel sejumlah pelanggan telah diaktifkan fitur 5G secara langsung (bertambah secara bertahap). Kamu juga dapat mengunjungi www.telkomsel.com/5G untuk mengisi form registrasi aktivasi fitur 5G untuk nomor ponselnya dan memberikan aspirasi sebagai bahan pertimbangan pengembangan jaringan Telkomsel 5G.

Informasi lebih lanjut mengenai layanan Telkomsel 5G dapat diakses melalui www.telkomsel.com/5G

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi