Saturday, May 21, 2022
BerandaEnterpriseTelco5G Telkomsel Nge-Gas di Mandalika

5G Telkomsel Nge-Gas di Mandalika

Techdaily.id – Telkomsel mendukung perhelatan MotoGP Mandalika dengan menyediakan konektivitas serta layanan 5G. Jaringan 5G Telkomsel pun juga digelar pada ajang balap motor terakbar di dunia tersebut. Tidak hanya menyediakan jaringan,  mereka juga menghadirkan 5G Experience yang bertujuan untuk menghadirkan pengalaman berinternet 5G.

BACA JUGA
Techdaily Editorial Choice: 5G Flagship Killer - realme GT Master Edition

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, pihaknya memperkirakan akan ada potensi peningkatan trafik layanan komunikasi yang cukup signifikan di area MotoGP 2022 tersebut.”Untuk itu, Telkomsel hadir melalui dukungan fasilitas jaringan berteknologi terdepan 4G/LTE yang merata dan setara, untuk memastikan tim official, jurnalis nasional maupun internasional, dan pengunjung dapat tetap nyaman dan lancar berkomunikasi, dan dapat membagikan momen seru ini melalui berbagai platform media sosial.”

“Selain itu, kami turut menggelar jaringan Hyper 5G yang dilengkapi showcase ‘Telkomsel 5G Experience’ yang berada di kawasan Mandalika International Street Circuit untuk memberikan pengalaman aktivitas digital yang baru bagi para pengunjung dengan menampilkan berbagai use case pemanfaatan teknologi berbasis jaringan 5G,” sambungnya.

5G Telkomsel

Terkait 5G, Telkomsel menggunakan frekuensi 2100 MHz dan 2300 MHz yang secara komersial telah digelar sejak tahun lalu, serta tambahan frekuensi 3500 MHz dan millimeter wave 26 GHz (26000 MHz) yang untuk sementara diizinkan penggunaannya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI selama gelaran MotoGP Mandalika. Pada pengujian di kawasan Mandalika, kombinasi frekuensi 2100 MHz, 2300 MHz, dan 2500 MHz dapat menghasilkan kecepatan lebih dari 2 Gbps. Sedangkan pada pengujian menggunakan frekuensi millimeter wave 26 GHz, kecepatan Hyper 5G Telkomsel yang mencapai lebih dari 5 Gbps.

BACA JUGA
Telkomsel Hadirkan DCE 2021, Waktunya UMKM Go Digital!

Telkomsel juga menghadirkan showcase ‘Telkomsel 5G Experience’ yang hadir di area Commercial Mandalika International Street Circuit, dan menampilkan enam use case teknologi terbaru yang didukung jaringan Hyper 5G Telkomsel. Use case 5G pertama adalah Humanoid Robot, di mana pengunjung dapat melihat langsung sebuah robot yang memiliki kemampuan menyerupai manusia dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai industri seperti hiburan, media, hingga retail. Kemudian use case 5G kedua adalah Cloud Gaming, yang menghadirkan keseruan bermain game online balap MotoGP secara streaming dan didukung karakteristik throughput yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah.

Berikutnya, melalui use case 5G Drone pengunjung dapat melihat sebuah video demonstrasi penggunaan 5G drone untuk kebutuhan remote surveillance pada industri. Selanjutnya, use case Virtual Reality, yang dapat dimanfaatkan para pengunjung untuk mencoba menggunakan teknologi tersebut untuk bermain game online, menggelar rapat, simulasi training dan kolaborasi jarak jauh, hingga menikmati destinasi wisata dan keindahan alam di Labuan Bajo secara virtual.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi