Saturday, September 18, 2021
BerandaGadgetTips7 Tips Memilih Desktop PC Yang Tepat Untuk WFH

7 Tips Memilih Desktop PC Yang Tepat Untuk WFH

Techdaily.id –┬áSetup Desktop PC yang baik dapat membuat seseorang betah dan nyaman berproduktif dalam waktu dan periode yang lama. Sebelum mengambil keputusan merakit desktop PC, ada baiknya kamu membaca ragam tips memilih desktop PC yang tepat karena ini menjadi investasi dengan jangka lama dan biaya cukup besar.

BACA JUGA
Laptop Harga Rp 8 Jutaan Terbaik (Update Juli 2021)

Nah, kalau kamu penasaran, berikut sejumlah panduan yang bisa dipakai untuk pilih PC desktop yang pas buat kamu:

Memilih Sistem Operasi Komputer
Ada 3 operating system populer yang paling umum digunakan desktop PC konsumen dan profesional. Setiap operating system memiliki perbedaannya masing-masing, namun fungsi mendasar mereka masih sama yaitu untuk menavigasi menu dan mengoperasikan program, software.

Windows, sebagai operating system paling populer di seluruh dunia sebesar 87,56%, Windows mendukung sebagian besar program yang ada di pasar. Sementara MacOS, operating system paling populer kedua dengan 9,54%.

MacOS mendapat reputasi sebagai perangkat populer di kalangan profesi kreatif karena program khusus yang hanya tersedia di MacOS, seperti Logic Pro untuk musisi, Final Cut untuk video editor, dan lain-lain.

Sedangkan Linux, operating system ini paling familiar digunakan developer program, coding, dan fungsi kompleks kode komputer.

Tentukan Tipe Prosesor Grafis
Tips memilih desktop PC selanjutnya adalah dengan memilih tipe graphic card. Komputer dengan prosesor grafis dengan kualitas yang tinggi akan sangat membantu menjalankan program dan pekerjaan dengan kebutuhan menuntut sekalipun. Selain itu, komputer dengan prosesor grafis mumpuni dapat digunakan untuk bermain game yang menghibur dengan lancar dan mulus.

Tentukan Tipe Prosesor Komputasi
Hampir serupa dengan prosesor grafis, prosesor komputasi atau CPU akan menjadi otak utama yang melatarbelakangi responsivitas komputer. Komponen CPU modern akan baiknya jika mendukung quad-core atau lebih yang memiliki 4 otak sekaligus untuk menjalankan multitasking dengan optimal.

Tentukan Kapasitas Memory RAM
RAM menjadi wadah utama yang menampung program selama aktif dijalankan. Semakin besar kapasitas RAM maka semakin lapang pengguna membuka beragam aplikasi bahkan dalam waktu bersamaan sekaligus. Pastikan perangkat desktop PC memiliki kapasitas RAM yang cukup menjalankan program paling krusial dan paling utama digunakan, disarankan minimal 8GB atau 16GB untuk penggunaan lebih nyaman dan lapang.

Tentukan Jenis Media Penyimpanan
Media penyimpanan tidak melulu tentang kapasitas, sebab kemajuan teknologi membuat performa media penyimpanan lebih baik, lebih cepat, dan lebih stabil. Solid-state drive (SSD) lebih cepat dibaca oleh komputer. Ini berbeda dengan hard disk drive (HDD), jenis penyimpanan pendahulunya.

Tentukan Kapasitas Media Penyimpanan
Teknologi SSD ini sayangnya bukan tanpa kekurangan, SSD dipastikan lebih mahal dari HDD. Untuk kapasitas yang sama SSD bisa mematok harga 2 hingga 3 kali lipat lebih mahal dibanding HDD. Dengan demikian, bagi pengguna yang lebih membutuhkan kapasitas besar dibanding performa, dapat berkompromi dan menghemat biaya dengan memilih HDD. Sebaliknya bagi pengguna yang membutuhkan performa tanpa kapasitas besar dapat mengutamakan pembelian SSD dengan performa terbaik.

Pastikan Desktop PC Mudah Diupgrade
Salah satu daya tarik utama desktop PC dibanding laptop adalah kemudahan dan modularitas penggantian setiap komponen. Kerusakan atau keterlambatan salah satu komponen dapat dengan mudah diatasi dengan mengganti komponen itu saja tanpa mengganggu lainnya. Desktop PC yang mudah diupgrade dan kompatibel dengan segala komponen menjamin pengguna untuk menyimpan dan tetap menggunakan perangkat desktop PC dalam jangka waktu yang sangat lama.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi