Sunday, August 14, 2022
BerandaGadgetPeneliti: Akurasi Sensor Galaxy Watch 4 SpO2 Sebanding Dengan Alat Medis

Peneliti: Akurasi Sensor Galaxy Watch 4 SpO2 Sebanding Dengan Alat Medis

Techdaily.idSamsung Galaxy Watch 4 merupakan smartwatch terbaru dari Samsung yang ditopang oleh berbagai sensor canggih. Bahkan, ada sebuah penelitian yang menyebut bahwa akurasi sensor Galaxy Watch 4 SpO2 sebanding dengan alat medis.

BACA JUGA
Ingin Program Diet Lebih Efektif? Cek Tips Ini

Studi yang diterbitkan oleh jurnal medis National Sleep Foundation “Sleep Health,” memantau 97 orang dewasa dengan gangguan tidur dan menyimpulkan bahwa Galaxy Watch 4 dapat membantu mengatasi mahalnya biaya alat pengukuran tradisional.

Galaxy Watch 4 dilengkapi dengan sebuah reflectance pulse oximeter module yang tetap bersentuhan dengan kulit pengguna saat smartwatch dipakai. Sensor SpO2 juga terdiri dari delapan fotodioda yang mendeteksi cahaya yang dipantulkan dan menangkap sinyal PPG pada frekuensi sampling 25Hz.

Selain spesifikasi teknis, penelitian ini meminta para peneliti melakukan pengukuran simultan terhadap puluhan orang dewasa yang menderita gangguan tidur, menggunakan Galaxy Watch 4 dan sistem medis tradisional sebagai perbandingan.

Sensor Galaxy Watch 4 SpO2

Para peneliti menemukan bahwa akurasi sensor Galaxy Watch 4 sangat akurat. Hal ini dibuktikan dari pembacaan yang ditangkap dengan smartwatch Samsung dan perangkat medis tradisional secara bersamaan selaras, membuktikan bahwa Galaxy Watch 4 memang dapat melakukan pengukuran saturasi oksigen yang akurat selama tidur. Ini dapat membantu pelanggan Galaxy Watch 4 mengurangi tagihan medis dan biaya prosedur di rumah sakit.

BACA JUGA
OPPO Gandeng Kodak, Bikin HP Dengan Kamera 50MP?

Obstructive Sleep Apnea adalah gangguan tidur yang umum. Diperkirakan hingga 38% orang dewasa menderita OSA. Hingga 50% pria dan 25% wanita dalam kelompok populasi usia paruh baya menghadapi OSA sedang hingga berat.

Fitur Canggih Galaxy Watch 4

Tidak hanya ditopang oleh sensor yang teruji, Galaxy Watch 4 juga dilengkapi oleh sederet fitur canggih. Nah, berikut merupakan beberapa fitur unggulannya.

Bioactive Sensor
Berbeda dari seri pendahulunya, Galaxy Watch4 dilengkapi dengan Samsung BioActive Sensor. Berbentuk lebih kecil dan ringkas, sensor 3-in-1 ini bekerja lebih baik dalam mendeteksi tiga hal, yaitu Optical Heart Rate, Electrical Heart, dan Bioelectrical Impedance Analysis.

Dengan adanya fitur ini, memungkinkan pengguna untuk memantau kesehatan dengan lebih lengkap, mulai dari pengecekan detak jantung, tekanan darah, kadar oksigen dalam darah, elektrokardiogram (EKG), dan untuk pertama kalinya mampu memantau komposisi tubuh seperti kadar air hingga lemak tubuh. Dengan begitu, kamu jadi lebih mudah memantau Health Journey pada perangkat wearable device yang satu ini.

Body Composition
Fitur canggih yang satu ini sangat bisa diandalkan oleh kamu yang sedang mencari bentuk tubuh ideal. Fitur ini bisa kamu temukan pada pembaruan versi dari Galaxy Watch4. Jika kamu belum mengunduh versi terbaru, kamu bisa mulai melakukannya dengan membuka pengaturan, kemudian pilih menu Pembaruan Perangkat Lunak, ketuk Unduh dan tinggal mengikuti petunjuk yang ada di layar.

Dengan hadirnya fitur Body Composition Target, kini kamu bisa mengatur target dari berbagai elemen komposisi tubuh, mulai dari berat badan hingga kadar lemak, sekaligus mendapat tips dan pengingat tiap harinya yang memotivasi kamu untuk mencapai target yang dicanangkan.

Berkat Body Composition Target, kamu juga bisa menghubungkan target komposisi tubuh kamu dengan workout routine, termasuk dengan kegiatan lari. Jadi, kamu bisa mendapatkan manfaat yang lebih maksimal dari rutinitas kamu dalam berolahraga dengan target yang lebih komprehensif dan detail.

Sleep Tracker
Fitur lain yang tidak kalah canggih adalah Sleep Tracker. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan insight terkait tidur yang berkualitas. Apalagi sekarang fitur pelacak tidur telah diperbarui dengan Sleep Coaching untuk membantu mengembangkan kebiasaan tidur pengguna lebih baik.

Sleep Coaching akan melacak pola tidur selama tujuh hari dan menyelesaikan dua survei tidur terkait. Program menetapkan satu dari delapan hewan simbol tidur yang mewakili jenis tidur kamu.Sleep Coaching disusun berdasarkan chronotypes atau ritme sirkadian alami seseorang. Terdapat delapan chronotypes yang digunakan, yaitu singa, landak, penguin, tikus tanah, rusa, buaya, hiu, dan anjing laut.

BACA JUGA
Fitur Canggih Galaxy A72, Bikin Kamu Lebih Awesome!

Setelah melacak pola tidur pengguna selama seminggu dan menyelesaikan survei tidur, Sleep Coach akan mengidentifikasi kualitas tidur yang direpresentasikan salah satu jenis hewan tersebut. Program Sleep Coach kita diarahkan pada program yang lebih dipersonalisasi selama 4–5 pekan. Untuk membentuk kebiasaan tidur yang lebih baik kita akan diajak menyelesaikan misi harian, bermeditasi, maupun menghindari tidur siang.

LTE
Samsung Galaxy Watch4 juga didukung oleh fitur LTE yang membuat kamu tetap terkoneksi di mana pun. Kini pengguna dapat menikmati fungsi-fungsi penting smartwatch tanpa wajib membawa smartphone seperti untuk olahraga atau aktivitas lainnya.

Untuk memaksimalkan fitur ini, Samsung juga telah berkolaborasi dengan Smartfren, salah satu penyedia jaringan eSIM di Indonesia, yang nantinya akan digunakan pada seri Galaxy Watch4. Dengan begitu, kamu bisa tetap fokus berolahraga, tanpa perlu membawa perangkat smartphone.

Galaxy Watch4 Series tersedia dalam ukuran 40mm dan 44mm. Perangkat ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 2.999.000,- dengan opsi warna Black dan Pink Gold. Sedangkan untuk versi LTE nya dibanderol dengan harga Rp 3.999.000 dan tersedia dengan warna Pink Gold.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi