Sunday, August 14, 2022
BerandaGadgetApa Itu Marisilicon X, NPU nya Reno8 Pro 5G

Apa Itu Marisilicon X, NPU nya Reno8 Pro 5G

 

Techdaily.id – OPPO Reno8 Pro dipastikan bakal menggunakan NPU khusus yakni Marisilicon X. Sebenarnya, apa itu marisilicon X? dan mengapa chipset ini yang dipilih sebagai NPU dari OPPO Reno8 Pro?

BACA JUGA
The Reviewers' Award : Best Durability in Midrange, OPPO A95

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya jika kita mengetahui apa pengertian dari NPU terlebih dahulu. Agar lebih mudah memahami mengapa OPPO memutuskan untuk menggunakan chip ini pada seri Reno8 Pro. Nah, tanpa berlama-lama lagi yuk langsung aja kita masuk ke pembahasannya.

Apa Itu Marisilicon X

Marisilicon X adalah sebuah NPU. Apa Itu NPU?

Buat kamu yang belum tahu, NPU merupakan singkatan dari Neural Processing Unit. Chip ini biasanya hadir bersama dengan CPU dan GPU pada sebuah System On Chip (SoC). NPU sendiri NPU merupakan chip pengolah gambar yang bertugas untuk mempercepat kemampuan sistem kecerdasan buatan dari sebuah sistem komputasi. Komponen ini biasanya membawa semua logika kontrol atau aritmatika penting untuk mengeksekusi algoritma dari machine learning.

Dengan penambahan NPU dalam chipset, perangkat smartphone dimungkinkan untuk memproses berbagai macam sistem cerdas (seperti asisten virtual, pengenal wajah, atau fitur fotografi) secara lebih cepat, akurat, dan mudah.

apa itu marisilicon X

Penamaan NPU sendiri cukup beragam di industri smartphone. Kita kadang kala akan menemukannya sebagai Tensor Processing Unit (TPU), Neural Network Processor (NNP), Image Signal Processor (ISP) hingga Intelligence Processing Unit (IPU).

BACA JUGA
Perangkat 5G OPPO Terbaru Bakal Meluncur di Q1

Sampai disini sudah cukup jelas, bahwa OPPO membenamkan sebuah NPU dan bukan sebuah SoC sendiri pada seri Reno8 Pro. Bisa jadi, smartphone ini nantinya bakal menggunakan SoC dari Snapdragon maupun Mediatek.

Mengapa Marisilicon X

Proyek Marisilicon X sendiri sejatinya di mulai pada tahun 2018 lalu di mana nama Marisilicon sendiri terinspirasi dari palung Mariana yang gelap. Seperti diketahui, gelap nya palung Mariana menyulitkan para ilmuan untuk mengetahui ada misteri apa di tempat tersebut. Dengan hadirnya chip NPU ini, diharapkan bisa membantu si pengguna smartphone untuk menghasilkan foto dan video meski berada di tempat gelap sekalipun.

Chip MariSilicon X Imaging NPU ini diklaim mampu menghasilkan gambar lebih bagus, bahkan memungkinkan penggunanya untuk merekam dengan mode 4K Ultra Night Video dengan gangguan lebih sedikit serta warna yang lebih baik. Chip Marisilicon X juga memungkinkan perekaman video HDR hingga 20-bit.

Selain itu, NPU ini mampu menjalankan algoritma advanced AI noise reduction (AINR) yang berfungsi untuk mendeteksi dan mengurangi noise pada setiap frame foto. Artinya, meski pengguna mengambil foto pada kondisi cahaya redup atau pencahayaan rendah, perangkat OPPO ini masih bisa menghasilkan video pada tingkat yang sangat memuaskan.

Alasan OPPO memilih menggunakan Marisilicon X ketimbang NPU yang disediakan oleh SoC adalah untuk menghilangkan persepsi dari pengguna tentang perbedaan NPU yang digunakan oleh tiap pabrikan SoC. Perbedaan NPU ini berpengaruh pada foto yang dihasilkan.

Dengan hadirnya Marisilicon X, OPPO sekaligus memastikan hasil foto yang kurang lebih sama terlepas dari SoC apa yang digunakan oleh smartphone Reno8 Pro 5G. Terlebih lagi, NPU ini bisa kompatibel dengan dua pabrikan SoC besar yakni Mediatek dan Qualcomm.

Kelebihan Marisilicon X

Setelah mengetahui alasan mengapa OPPO menggunakan NPU ini pada Reno8 Pro 5G, sekarang saatnya kita bahas mengenai kelebihan dari NPU yang satu ini. NPU terbaru OPPO tersebut mampu menjalankan algoritma advanced AI noise reduction (AINR) yang berfungsi untuk mendeteksi dan mengurangi noise pada setiap frame foto. Artinya, meski pengguna mengambil foto pada kondisi cahaya redup atau pencahayaan rendah, perangkat OPPO ini masih bisa menghasilkan video pada tingkat yang sangat memuaskan.

MariSilicon X juga dapat menghadirkan kualitas foto terbaik pada smartphone dengan dukungan Ultra High Dynamic Range dengan rasio kontras 1.000.000 : 1 atau 4 kali dynamic range yang dihasilkan oleh perangkat OPPO Find X3 Pro. Tidak perlu khawatir melakukan foto potret (portrait) di depan sumber cahaya yang sangat kuat, dynamic range tinggi akan tetap memberikan struktur wajah yang sangat jelas dengan warna alami pada kondisi ini.

BACA JUGA
Fitur Unggulan OPPO A16, Yakin Gak Tertarik?

Apalagi diperkuat dengan peningkatan mode RGBW yang menghadirkan tekstur 1,7 kali lebih jelas dan kecepatan pemrosesan file mentah 2 kali lebih cepat. Dengan algoritma RAW terbaru, chipset MariSilicon X dapat melakukan pengurangan noise melalui kecerdasan buatan pada masing-masing saluran warna R/G/B secara paralel untuk menghasilkan foto potret malam yang sangat jernih.

NPU ini juga ditopang oleh Extra DDR Bandwith Dedicated dengan kecepatan transmisi data hingga 8,5 GB/s yang dibuat eksklusif untuk chipset MariSilicon X. Dengan begitu, waktu yang dibutuhkan untuk pemrosesan gambar menjadi lebih cepat ketimbang menggunakan NPU bawaan SoC.

MariSilicon X didasarkan pada teknologi fabrikasi 6m dan memberikan daya komputasi Al yang sangat efisien hingga 18 Triliun Operasi per Detik (18 TOPS). Di Reno8 Pro 5G, MariSilicon X melakukan pengurangan noise Al pada video 4K 30fps dengan peningkatan efisiensi daya 11,16x dibandingkan dengan Reno7 Pro 5G.

Dengan melakukan pemrosesan real-time, MariSilicon X dapat melakukan pemrosesan Al tingkat lanjut untuk menangkap video 4K dengan rentang ultra dinamis hingga 20bit.

Seperti yang disinggung di awal, kecanggihan NPU ini bisa kamu temukan pada OPPO Reno8 Pro. Untuk hasil foto Low Ligh OPPO Reno 8 Pro, bisa kamu temukan pada artikel kami lainnya.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi