Wednesday, September 22, 2021
BerandaGadgetRekomendasiApa Itu RAM LPDDR4X dan Manfaatnya Pada OPPO Reno6

Apa Itu RAM LPDDR4X dan Manfaatnya Pada OPPO Reno6

Techdaily.id – Smartphone sangat erat kaitannya dengan RAM. Bahkan, tidak sedikit yang menyebut bahwa semakin besar RAM pada smartphone akan semakin cepat pula proses kinerja dari smartphone tersebut. Kini, para produsen smartphone sudah menghadirkan jenis RAM LPDDR4X. Buat kamu yang penasaran apa itu RAM LPDDR4X?

BACA JUGA
Review OPPO Reno6, Kameranya Gokil !

Seperti yang disinggung di awal, saat ini banyak produsen smartphone yang menghadirkan jenis RAM LPDDR4X pada smartphone mereka, salah satunya OPPO yang menghadirkan jenis RAM ini pada seri OPPO Reno6 nya. 

Sebelum masuk ke pengertian jenis RAM yang ini, kita akan membahas secara garis besar fungsi dari RAM tersebut. RAM sendiri berfungsi sebagai media penyimpanan sementara dari penyimpanan data atau sebuah instruksi – instruksi program yang sedang kita jalankan dan sebelumnya sudah dieksekusi oleh Processor. 

Singkatnya, RAM ini nantinya difungsikan untuk mengakses data secara acak sehingga bisa menampilkan data yang pengguna smartphone inginkan dengan lebih cepat. Jadi, semakin RAM yang besar pada smartphone tentu akan berpengaruh pada kinerja dari smartphone tersebut.

Apa itu RAM LPDDR4X

LPDDR sendiri merupakan singkatan dari Low Power DDR. Jelasnya, LPDDR adalah tipe RAM hemat daya yang diperuntukan untuk perangkat mobile. Dengan penjelasan ini, sudah jelas bahwa jenis ini berbeda dengan RAM DDR yang biasa digunakan pada perangkat komputer. 

Saat ini LPDDR sudah mengalami beberapa perubahan, mulai dari LPDDR1, LPDDR2, LPDDR3, dan LPDDR4, hingga yang teranyar adalah LPDDR4x yang memiliki kelebihan ketimbang seri pendahulunya. 

Jenis LPDDR4X sendiri merupakan sebuah jenis RAM terbaru yang banyak digunakan pada smartphone-smartphone kekinian yang memiliki banyak fitur multitasking. LPDDR4X sendiri merupakan versi terbaru dari LPDDR4 yang hingga kini dikenal sebagai generasi terbaik.

RAM LPDDR4X

RAM yang satu ini diproduksi dengan teknologi proses fabrikasi 19 nm. Meski kecepatan transfer datanya sama dengan generasi pertama, tapi yang jadi pembeda adalah dari segi efisiensi dayanya mampu mencapai 10%. 

Selain itu, RAM jenis LPDDR4x ini juga punya kemampuan transfer data yang bisa menembus 34.1 Gbps emoticon-Wow. Jika dibandingkan dengan generasi pertamanya, dari segi desain pun ketebalannya bisa dipangkas sampai 20%.

Manfaatnya Pada Smartphone

Dari penjelasan di atas, smartphone yang menggunakan jenis RAM ini tentu memiliki kecepatan dalam proses transfer data, memungkinkan pengalaman multitasking yang jauh lebih baik dan tentunya hemat daya. 

Sebagai contoh pada OPPO Reno6, smartphone ini bahkan memungkinkan pengguna untuk memiliki dua sistem dalam satu perangkat. Melalui fitur System Cloner, kamu bisa menjadikan smartphone OPPO Reno6 sebagai perangkat kantor dan perangkat pribadi dengan menginstal beberapa aplikasi yang sama dengan sistem yang berbeda.

BACA JUGA
Rekomendasi 7 HP Xiaomi Dibawah Rp 2 Juta

Selain itu, Kamu juga bisa menerapkan proses multitasking yang mungkin tidak dimiliki oleh produsen smartphone lainnya. 

Adalah fitur Game Floating Windows yang memungkinkan kamu bahkan bisa bermain dua game sekaligus dalam satu waktu tanpa takut proses smartphone jadi lemot. Fitur ini bisa juga kamu gunakan untuk bermain game sambil membalas pesan Whatsapp yang sejatinya sangat berguna saat kondisi WFH seperti saat ini. 

LPDDR4X pada OPPO Reno6 ini juga membantu smartphone ini dalam hal efisiensi daya, meski memiliki baterai sebesar 4300mAh dengan sistem pengisian daya cepat 50W. Bahkan, pada pengujian saat kami melakukan review OPPO Reno6, smartphone ini bisa bertahan hingga 10 jam 34 menit saat diuji menggunakan aplikasi PCMark. 

RAM LPDDR4X

Selain itu, OPPO Reno6 memiliki teknologi RAM Expansion yang memungkinkan kamu bisa menambah kapasitas RAM ponsel tanpa aplikasi tambahan ataupun root. 

Cara kerja dari fitur ini pun terbilang sederhana. Jadi, kamu tidak perlu lagi sampai harus ‘membongkar’ ponsel.

Fitur RAM Expansion memanfaatkan ruang memori penyimpanan yang tak terpakai untuk menambah RAM ponsel yang sebenarnya. Berkat fitur ini, kinerja ponsel kamu akan ditingkatkan dan mampu menjalankan berbagai aplikasi dalam satu waktu dengan lancar. Jadi, kamu gak perlu khawatir lagi saat membuka banyak aplikasi ataupun bermain game berat pada OPPO Reno6. 

Jika kamu tertarik untuk mendapatkan ponsel ini, OPPO Reno6 dibanderol dengan harga Rp5,1 Juta di official store OPPO pada beberapa situs e-commerce unggulan seperti Shopee, Tokopedia dan Lazada. 

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi