Aplikasi

Aplikasi Deep Nostalgia, Hidupkan Kenangan Lama!

Techdaily.id – Foto biasanya bisa digunakan untuk mengingat kembali kejadian atau kenangan di masa lalu saat mengalami suatu kejadian. Melalui foto juga seseorang bisa bernostalgia tentang masa lalu atau kenangan lama. Apalagi kalau foto tersebut bisa bergerak pasti akan semakin membuat kenangan terasa lebih hidup. Belakangan ini ada sebuah aplikasi yang viral yaitu Aplikasi Deep Nostalgia dari My Heritage yang digadang-gadang bisa menghidupkan kenangan lama. Aplikasi ini diklaim bisa menghidupkan orang mati dari sebuah foto. Lalu seperti apa cara kerja dari aplikasi ini?

BACA JUGA
Cara Mengaktifkan Paket Halo Unlimited Telkomsel, Gampang Banget!

Sebenarnya cara kerja aplikasi ini cukup sederhana. Pengguna cukupĀ  menggunggah foto lama ke dalam aplikasi dan nantinya foto tersebut bisa dibuat bergerak, tersenyum, menengok dan mengedipkan mata.

Aplikasi yang diluncurkan pada tanggal 25 Februari 2021 ini telah digunakan lebih dari 10 juta wajah hanya dalam waktu dua minggu. Dari laporan Newsweek, disebutkan bahwa untuk menjalankan aplikasinya, Deep Nostalgia menggunakan teknik kecerdasan buatan (AI) yang menggunakan perangkat lunak untuk menganimasikan foto-foto yang diunggah.

Tak hanya itu, aplikasi ini disebut bisa menghidupkan kenangan lama karena dapat menghidupkan semua yang memiliki wajah termasuk patung dan lukisan. Seiring dengan peningkatan popularitasnya, aplikasi deep nostalgia ini kini menjadi aplikasi gratis yang paling banyak diunduh di Playstore dan App Store.

Namun karena penggunaannya yang sangat besar membuat fitur di aplikasi ini mengalami masalah stabilitas dalam beberapa hari pertama setelah dirilis. Namun saat ini sudah kembali membaik lagi. “Beberapa orang menyukai fitur Deep Nostalgia dan mengganggapnya ajaib, sementara beberapa lainnya juga menganggapnya menyeramkan dan tidak menyukainya”, tulis My Heritage pada (9/03/21).

Perusahaan mengungkapkan tidak mengharapkan aplikasi tersebut menjadi begitu populer. Namun tidak membutuhkan waktu lama setelah dirilis bahkan penggunanya sudah sangat banyak dan mencapai 10 juta wajah yang diunggah hanya dalam waktu dua pekan saja.

BACA JUGA
Data Pelanggan Diretas, Ini Jawaban Bukalapak

Aplikasi Deep Nostalgia ini membantu menghidupkan kenangan lama yang disimpan oleh seseorang hanya melalui foto saja. Meski demikian My Heritage mengakui bahwa teknologinya mungkin akan kontroversial di tengah maraknya aplikasi deepfake. Namun My Heritage mengklaim tidak membagikan foto kepada pihak ketiga manapun sehingga foto yang tidak menyelesaikan pendaftaran secara otomatis akan dihapus untuk melindungi privasi penggunanya. (ira)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close