Sunday, November 28, 2021
BerandaGadgetApple Turunkan Harga iPhone di China, Ini Alasannya

Apple Turunkan Harga iPhone di China, Ini Alasannya

TechDaily.id – Pada awal tahun ini, Apple dikabarkan menurunkan harga dari produk mereka di China. Setidaknya, terdapat beberapa alasan mengapa Apple memutuskan untuk menurunkan harga grosir dari model iPhone 2018 di China.

Pertama, kekuatan dolar Amerika terhadap Yuan Cina memaksa Apple untuk menurunkan harga iPhone XR yang lebih tinggi dari Huawei Mate 20 20 PRO di China. Ketika dolar lebih kuat terhadap Yuan, itu berarti bahwa Apple mendapat lebih sedikit dolar saat mengkonversi Yuan yang diterimanya dari penjualan produknya di China.

Pada titik ini, Apple memiliki pilihan; dapat tetap menahan harga yang sama dan menderita konsekuensinya, atau dapat menurunkan harga di China dengan menekan margin penjualan mereka.

Sebagai tambahan, munculnya nasionalisme China juga melukai penjualan iPhone karena konsumen di negara tersebut memprotes Perang Perdagangan Amerika-China dan perlakuan pemerintah AS terhadap Huawei menjadi salah satu alasan Apple harus menurunkan produknya di negeri Tirai Bambu ini. Terlebih, karena harga yang tinggi, kurangnya inovasi dan tingkat penetrasi tinggi untuk smartphone.

Dilansir dari Phone Arena (02/4), Apple telah membuat langkah penandaan yang berani di China, kali ini mereka memotong harga perangkat tertentu di toko online dan offline store sebanyak 6%. Produk yang terkena dampak meliputi iPhone, iPad, Airpods dan Mac.

Misalnya, di store mereka di China, iPhone XR4 64GB sekarang dibanderol dengan harga 6,199 yuan (setara dengan USD 924 pada nilai tukar saat ini), angka tersebut turun 4,6% dari 6.499 yuan. Potongan harga memakan 500 yuan atau setara dengan USD 74,50 dari harga iPhone XS dan iPhone XS Max.

Apa yang dilakukan oleh iPhone di China seharusnya dilakukan pula oleh mereka di Indonesia. Pasalnya, penjualan produk flagship dari perusahaan berlambang apel tersebut cukup menurun di tahun ini. Terlebih, saat ini Indonesia tengah di serbu oleh banyak perangkat flagship dari beberapa vendor seperti Samsung, Huawei hingga Vivo dan Oppo yang tentu saja memiliki harga yang jauh lebih murah ketimbang produknya Tim Cook.

BACA JUGA
IQOO 5G Siap Meluncur, Bawa Fast Charging 44W
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi