BerandaSciencePlanetAsteroid Akan Menghantam Bumi, Perlukah Manusia Khawatir?

Asteroid Akan Menghantam Bumi, Perlukah Manusia Khawatir?

TechDaily.id – Sejarah mencatat bahwa asteroid beberapa kali menghantam Bumi. Bahkan, kepunahan dinosaurus disebut-sebut disebabkan oleh asteroid yang sudah menjadi hujan meteor.

Baru-baru ini, Lembaga Antariksa Eropa (European Space Agency/ESA) melaporkan bahwa ada kemungkinan asteroid bernama 2006 QV89 menuju Bumi pada bulan September mendatang.

Sejak terpantau ESA, para ilmuwan terus memonitor rute yang diambil 2006 QV89. Asumsi sementara, mereka memperkirakan bahwa asteroid ini kemungkinan besar akan melewati Bumi dengan jarak lebih dari 6,8 juta kilometer.

Artinya, asteroid 2006 QV89 berpotensi menghantam planet Bumi. Meski begitu, ESA menghimbau agar masyarakat di seluruh dunia tidak mengkhawatirkan masalah tersebut.

“ESA telah membuat daftar obyek luar angkasa paling berbahaya, dan mereka baru menambahkan sebuah asteroid berukuran sekitar lapangan bola mengarah langsung ke kita, tapi tak perlu khawatir. Itu karena asteroid 2006 QV68 hanya punya kemungkinan 1 banding 7.000 menabrak Bumi,” tulis Austin Williams, kolumnis sains di Foxnews.

“Kemungkinan terjadinya (tabrakkan) adalah 1 banding 6.045 karena ukuran asteroid tidak melebihi luas Bumi,” lanjutnya.

Dalam catatan ESA, asteroid 2006 QV89 memiliki panjang 40 meter. Mereka memperkirakan asteroid itu akan melintasi Bumi pada tanggal 9 September 2019.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi