Wednesday, September 29, 2021
BerandaGadgetTipsCara Atasi HP Panas Saat Main Game Berat

Cara Atasi HP Panas Saat Main Game Berat

Techdaily.id – Saat bermain game mobile yang berat, hal yang paling mengesalkan adalah HP yang mudah panas. Selain merusak baterei, HP yang panas juga dapat membuat performa turun. Nah, untuk mengatasi HP cepat panas  ketika bermain game, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Apa saja? Simak ulasan cara atasi HP panas saat main game berat berikut ini.

BACA JUGA
Cara Download Video YouTube dengan Layanan YouTube Premium

  1. Kurangi tingkat kecerahan

Pemakaian HP dengan settingan kecerahan layar tinggi bisa menjadi salah satu alasan yang membuat HP kamu menjadi cepat panas ketika bermain game. Karena itu, ubah settingan tingkat kecerahan menjadi berada di level rendah.

Selain membuat HP bekerja lebih ringan dan hemat baterai, menurunkan tingkat kecerahan juga akan membantu menjaga kesehatan mata kamu agar tidak terlalu banyak terkena radiasi yang ditimbulkan oleh kecerahan smartphone.

  1. Kecilkan volume

Ternyata suara juga bisa menjadi salah satu alasan kenapa HP menjadi cepat panas ketika dipakai main game. Alasannya sama, karena dengan suara yang besar maka kinerja HP akan menjadi lebih berat.

Solusinya, cukup gunakan volume kecil ketika bermain game, atau kalau perlu tidak usah nyalakan volume. Kamu dapat mengubah settingan volume ini di pengaturan game ataupun bisa mengubahnya langsung dari tombol volume smartphone kamu.

  1. Lepas casing HP

Ternyata, casing justru bisa memperburuk kondisi hp karena panas yang ditimbulkan oleh HP menjadi terserap dan tidak terlepas.

Bagi kamu yang belum tahu, setiap bodi smartphone dilengkapi dengan butiran besi halus yang berfungsi sebagai konduktor untuk melepas panas di dalamnya.

Jika panas itu tidak dibuang, maka akan membuatnya mengendap dan bisa membuat HP over heat. Jadi, ketika bermain game, lebih baik lepas dulu casing kamu.

  1. Tutup aplikasi multitasking

Menjalankan lebih dari satu aplikasi bersamaan atau multitasking merupakan hal yang cukup lumrah untuk HP dengan RAM besar. Namun beda cerita bila HP kalian memiliki RAM kecil yang pastinya perangkat harus bekerja lebih keras menjalankan hal tersebut.

Nah, agar HP tidak cepat panas saat main game, kalian bisa menggunakan tombol recent apps lalu clear semua aplikasi yang berjalan di latar belakang, atau bisa juga melalui menu “Settings” > “Application Manager” > Lalu pilih menu “Running“.

BACA JUGA
Trik Mengakali Layar Hape Retak

  1. Main game secukupnya

Sebaiknya kamu bermain game di smartphone dalam waktu yang tidak terlalu lama, karena hal ini akan membuat HP menjadi menjadi lebih cepat panas.

Selain itu, main game dalam waktu yang tidak terlalu lama juga membantu menjaga kondisi dapur pacu agar selalu stabil.

BACA JUGA
Tips Mencegah Baterai Kembung, Sudah Coba?

Nah, itulah tips atasi HP cepat panas saat main game berat. Sangat mudah bukan? Selain bisa membuat kamu lebih nyaman ketika bermain game berat, cara tersebut juga dapat membantu menjaga performa HP kamu tetap oke. (ran)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi