Tuesday, September 21, 2021
BerandaGadgetTipsCara Atasi Memori Internal HP Yang Penuh

Cara Atasi Memori Internal HP Yang Penuh

Techdaily.id – Pernah tidak sih kamu mendapatkan notifikasi peringatan memori internal HP yang penuh? Pastinya jika sering mendapatkan notifikasi tersebut bisa mengganggu kenyamanan kita saat menggunakan HP. Nah, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi, karena pada artikel berikut ini tim redaksi Techdaily akan memberikan cara atasi memori internal HP yang penuh. Simak yuk!

BACA JUGA
Tips Keluar Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan

  1. Hapus Cache

Salah satu hal yang membuat memori hp habis adalah terlalu banyak menyimpan data atau cache. Setiap aplikasi yang terpasang berpotensi untuk menyimpan file sampah atau cache dan jumlahnya bisa mencapai puluhan MB.

Kamu harus segera membersihkannya agar memori internal HP kembali tersedia. Bagaimana caranya? Mudah banget!

  • Masuk ke Pengaturan (Setting) lalu pilih Aplikasi
  • Kemudian Manajer Aplikasi
  • Setelah itu, pilih aplikasi yang hendak dibersihkan, kemudian ketuk Clear Cache atau Hapus Memory
  • Agar dikosongkan secara sempurna, lakukan cara tersebut untuk semua aplikasi yang terpasang.
  1. Gunakan Penyimpanan Cloud

Cara atasi memori internal yang penuh selanjutnya adalah menggunakan penyimpanan cloud. Ini merupakan sebuah media penyimpanan data yang bisa dipakai dengan memberikan akun tertentu di server milik aplikasi tersebut.

Ada beberapa layanan penyimpanan cloud yang cukup banyak dipakai saat ini, seperti Google Drive, Dropbx, atau OneDrive.

Untuk menggunakannya, kamu cukup mendaftarkan diri di akun tersebut, maka kamu sudah bisa menggunakan aplikasi penyimpanan cloud di sana. Bahkan kamu akan mendapatkan layanan ini secara gratis dalam kapasitas tertentu seperti di Google Drive.

  1. Tambahkan Memori Eksternal

Cara ketiga yaitu dengan menambahkan memori eksternal. Cara ini sangat cocok digunakan oleh hp yang dilengkapi oleh slot microSD. Kamu bisa menggunakan memori eksternal yang kapasitasnya sesuai dengan yang disanggupi smartphone milikmu.

BACA JUGA
Motorola Edge S Bakal Gunakan Chipset Terbaru Qualcomm

Nah, itulah 3 cara atasi memori internal HP yang penuh. Sangat mudah bukan? Jika dirasa file sangat penting dan berukuran besar, sebaiknya kamu simpan atau backup file kamu terlebih dahulu. Selain aman juga bisa mengatasi memori internal HP yang seringkali cepat penuh. Selamat mencoba ya! (ran)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi