Tips

Cara Cek IMEI Samsung, Gampang Kok!

Techdaily.id – Ketika ingin menjual sebuah smartphone, kamu mungkin akan diminta untuk memasukkan IMEI. Apakah IMEI ini? IMEI (International Mobile Station Equipment Identity) adalah nomor unik yang berfungsi sebagai identitas suatu perangkat telekomunikasi baik handphone maupun tablet. Samsung juga memiliki IMEI. Bagaimana cara cek IMEI Samsung? Simak penjelasannya berikut ini.

BACA JUGA
Hadir di Indonesia, Ini Deretan Laptop Terbaru Acer

Selain berfungsi sebagai identitas perangkat, IMEI juga berfungsi untuk melacak keberadaan perangkat yang hilang. Selain itu, dengan IMEI kamu juga bisa memastikan keaslian perangkat telekomunikasi yang kamu gunakan. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui nomor IMEI ini.

Cara Cek IMEI Samsung

Nah bagi kamu pengguna Samsung, berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek IMEI perangkat kamu:

  1. Cek IMEI lewat kode USSD

Cara pertama ini adalah mengecek IMEI melalui USSD. Cara ini cukup mudah dilakukan yaitu dengan melakukan panggilan atau dial ke *#06# dan jika sudah, kamu tinggal menunggu beberapa detik sampai keluar kode informasi IMEI perangkat yang kamu gunakan.

2. Melalui Pengaturan

Untuk cara ini, kamu bisa masuk ke menu Pengaturan di smartphone mu lalu scroll ke bawah dan pilih opsi about phone dan di dalamnya akan langsung tertera nomor IMEI smartphone kamu yang berada di samping nomor seri dan nomor model HP kamu.

3. Lihat di Box Pembelian

Cara lainnya untuk mengetahui IMEI Samsung adalah dengan melihatnya di box pembelian. Cara ini juga bisa kamu gunakan ketika ingin membeli HP bekas yaitu dengan mencocokkan nomor IMEI yang tertera di box sama dengan IMEI yang ada di pengaturan atau di informasi via dial seperti pada metode pertama.

BACA JUGA
Cara Daftar Jadi Kurir Shopee Food, Ini Persyaratannya

4. Cek di Belakang Baterai

Jika smartphone yang kamu menggunakan baterai yang removeable atau bisa dilepas, cara ini juga bisa dilakukan untuk melihat nomor IMEI. Biasanya nomor IMEI ini tertulis di bagian belakang baterai dan kamu bisa mencocokkannya dengan yang ada di pengaturan.

Demikian cara cek IMEI Samsung. Cukup gampang bukan? Yuk cek IMEI HP kamu untuk memastikan keasliannya. (ira)

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close