Saturday, October 23, 2021
BerandaGadgetTipsCara Cek IMEI Smartfren, Gampang Kok

Cara Cek IMEI Smartfren, Gampang Kok

Techdaily.id – Smartfren adalah salah satu perusaan telekomunikasi yang cukup dikenal di Indonesia. Perusahaan ini menyediakan berbagai produk seperti modem, operator seluler dan ponsel. Harga yang ekonomis dan fitur yang canggih membuat perangkat smartfren ini banyak diburu. Jika kamu ingin memiliki perangkat smartfren, kamu bisa mengetahui IMEI perangkat tersebut. Nah bagaimana cara cek IMEI Smartfren? Simak ulasannya dalam artikel ini.

BACA JUGA
Cara Scan Barcode dan QR Code di HP Android, Mudah Banget!

cara cek IMEI Smartfren

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengecek IMEI Smartfren sebagai berikut:

  1. Menggunakan Dial Number

Setiap perangkan Smartfren dilengkapi dengan nomor IMEI yang membedakan antara unit yang satu dengan unit lainnya. Untuk mengecek nomor IMEI dapat dilakukan dengan menggunakan dial number melalui langkah sebagai berikut:

  • Buka ponsel dan masuk ke menu telepon
  • Selanjutnya tekan angka *#06#
  • Tunggulah beberapa saat sampai muncul informasi berisi deretan nomor IMEI perangkat yang kamu gunakan

2. Cek IMEI pada Kotak Kemasan

Mengecek nomor IMEI perangkat Smartfren juga bisa dilihat pada kotak kemasan pembelian perangkat. Biasanya nomor IMEI ditulis berdekatan dengan nomor serial number dari tipe ponsel yang ada di dalam kemasan. Jika sudah mendapatkan nomor IMEI pada kotak kemasan, kamu bisa mencocokkannya dengan nomor IMEI yang terdapat pada ponsel.

3. Cek Bagian Dalam Bodi Ponsel

Cara lainnya untuk mengecek nomor IMEI perangkat Smartfren adalah dengan mengecek bagian dalam bodi perangkat. Biasanya penempatan serian number dan nomor IMEI ini ditempatkan di bagian belakang bodi ponsel atau tertulis di bagian belakang baterai. Namun karena beberapa perangkat ponsel Smartfren sudah menggunakan baterai tanam, jadi penempatan nomor IMEI ini dituliskan pada bagian luar bodi.

5. Cek IMEI dari Menu Setelan

Selanjutnya untuk mengecek IMEI pada ponsel Smartfren juga bisa dilihat pada menu setelan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu setelan pada ponsel
  • Gulir ke bawah sampai ada opsi About, kemudian pilih status
  • Setelah opsi menu terbuka, maka akan muncul informasi mengenai nomor IMEI pada perangkat

BACA JUGA
Cara Menambah Kapasitas RAM di HP vivo Tanpa Root

6. Cek IMEI Melalui Situs Kemenperin

Nomor IMEI sebuah perangkat seperti ponsel juga bisa dicek pada situs Kemenperin yang memiliki tampilan sederhana sehingga memudahkan untuk melakukan pengecekan nomor IMEI.

Demikian beberapa cara cek IMEI Smartfren. Gampang kan? Kamu perlu melakukan pengecekan nomor IMEI ini untuk memastikan keabsahan produk atau perangkat yang kamu beli. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat. (ira)

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi