Tips
Trending

Cara Cek Saldo BPJSTK, Gampang!

Techdaily.id – Sebagai seorang pekerja wajib memiliki yang namanya BPJS Ketenagakerjaan sebagai jaminan di hari tua. Secara umum bagi penerima upah, besarnya iuran yang harus dibayarkan adalah sebanyak 5,7 persen dari upah yang didapat dengan ketentuan sebanyak 2 persen dibayarkan oleh pekerja sementara sedangkan sisanya sebanyak 3,7 persen dibayarkan oleh pemberi kerja. Nah setiap peserta BPJSTK pasti ingin tahu berapa jumlah saldo yang dimilikinya. Lalu bagaimana cara cek saldo BPJSTK? Gampang kok.

BACA JUGA
CyberReal AR, Aplikasi OPPO Untuk Tingkatkan Pengalaman AR Pengguna

Upah yang dijadikan dasar penentuan iuran BPJSTK adalah upah per bulan yang terdiri dari upah pokok dan tunjangan yang dibayarkan oleh perusahaan. Dikutip dari beberapa sumber, untuk mengecek saldo BPJSTK bisa dilakukan dengan berbagai metode sebagai berikut:

  1. Melalui SMS 2757

Sebelumnya calon peserta BPJSTK harus mendaftar melalui SMSĀ  dengan mengetik daftar spasi saldo# no KTP#Tanggal lahir#Nomor peserta# Email dak dikirimkan ke 2757.

2. Menggunakan Aplikasi BPJSTKU Mobile

Mengecek saldo BPJSTK juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi mobile BPJSTKU yang bisa didownload untuk Android, iOS dan Blackberry. Setelah mengunduh aplikasi, peserta harus membuat akun terlebih dahulu untuk mendapatkan PIN. Syarat yang diperlukan untuk melakukan registrasi adalah Nama lengkap, NIK, No. KPJ dan tanggal lahir. Setelah mendaftar, maka peserta akan mengetahui jumlah saldo yang dimilikinya denga cara klik opsi “Lihat Saldo” di aplikasi BPJSTK setelah login.

3. Cek Saldo BPJSTK Melalui Website

Selain itu untuk mengecek saldo BPJSTK dapat juga dilakukan melalui website resmi https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Cara selanjutnya adalah sebagai berikut:

  • Setelah membuka website https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/, pilih menu registrasi
  • Formulir sesuai dengan data yang diperlukan.
  • Jika sudah berhasil registrasi, maka kamu akan mendapatkan PIN yang dikirim melalui email

Sementara untuk mengecek saldo BPJSTK melalui website, kamu bisa mengikuti cara ini:

  • Masuk ke website https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/, lalu masukkan alamat email di kolom user
  • Masukkan kata sandi
  • Selanjutnya pilih menu layanan dan pilih cek saldo JHT
  • Masukkan PIN yang dikirim melalui email dan saldo JHT kamu akan ditampilkan

4. Cek Saldo BPJSTK di Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara selanjutnya untuk cek saldo BPJSTK adalah dengan mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan. Cara ini adalah cara paling sederhana yang bisa dilakukan dengan membawa semua persyaratan yang diperlukan untuk mengecek saldo JHT di BPJSTK. (ira)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close