Tuesday, March 5, 2024
BerandaGadgetCara Cepat Mengisi Daya Ponsel, Berguna saat Buru-Buru

Cara Cepat Mengisi Daya Ponsel, Berguna saat Buru-Buru

TechDaily.id – Mengisi daya secara terus-menerus dapat membuat frustasi. Makanya, Anda perlu tahu cara cepat mengisi daya ponsel agar tidak perlu menunggu lama.

Peralihan ke kabel USB-C memang telah memangkas waktu yang diperlukan untuk memberi daya tambahan pada perangkat. Waktu pendek mengisi daya tentu saja sangat penting.

Apalagi jika seseorang sedang buru-buru dikejar waktu. Menunggu mengisi ponsel sungguh melelahkan dan menguras energi. Berutung, ada hack yang dapat Anda coba lakukan agar waktu mengisi ponsel lebih pendek. Penasaran seperti apa?

Cara Cepat Mengisi Daya Ponsel

  1. Aktifkan Airplane Mode

Salah satu daya tarik terbesar pada baterai yakni sinyal jaringan. Sebagai aturan umum, semakin buruk sinyal, semakin cepat baterai habis. Akibatnya, jika Anda tinggal di daerah dengan sinyal buruk, pengisian daya ponsel akan memakan waktu lama dibanding di tempat dengan sinyal kuat.

  1. Matikan Ponsel

Sederhana tetapi sering diabaikan. Jika ponsel dimatikan saat dihidupkan kembali, pengisian daya akan jauh lebih cepat. Tidak ada yang akan menarik baterai saat Anda mengisinya.

BACA JUGA
Cara Memperbaiki Masalah Ghost Touch di Android

Tentu saja, mematikan telepon Anda saat sedang mengisi daya memiliki kelemahan — Anda tidak akan dapat menerima panggilan atau pesan mendesak. Tapi jika Anda ingin memberi ponsel Anda dorongan cepat 15 menit sebelum Anda meninggalkan rumah, mematikannya jelas merupakan cara yang harus dilakukan.

  1. Batasi Penggunaan Ponsel saat Mengisi Daya

Jika tidak dapat mematikan ponsel untuk mengisi daya lebih cepat karena ingin tetap mengetahui notifikasi, cobalah untuk tidak menggunakannya terlalu banyak saat sedang terhubung. Menggunakan ponsel saat sedang mengisi daya akan memperlambat proses.

Secara khusus, menggunakan aplikasi intensif seperti game akan memanaskan ponsel Anda, memperlambat proses pengisian daya, dan merusak baterai Anda dalam jangka panjang.

  1. Pastikan Charge Mode Diaktifkan

Perangkat Android Anda memungkinkan Anda menentukan jenis koneksi apa yang dibuatnya saat Anda mencolokkan kabel USB. Jika Anda mengisi daya melalui laptop atau perangkat lain, Anda perlu memastikan fitur pengisian daya diaktifkan dan tidak dinonaktifkan secara tidak sengaja.

Buka Pengaturan> Perangkat yang terhubung> Preferensi USB. Pada daftar opsi, pastikan sakelar Isi daya perangkat yang terhubung diaktifkan.

  1. Gunakan Wall Socket
BACA JUGA
Cara Perbaiki Koneksi No Internet di HP Android Padahal Wifi Terhubung

Menggunakan port USB di komputer Anda atau di mobil Anda menyebabkan pengalaman pengisian daya yang jauh lebih tidak efisien.

Biasanya, port USB non-stopkontak dinding hanya menawarkan output daya 0,5A. Pengisian stopkontak biasanya akan memberi Anda 1A (tergantung pada perangkat Anda). Tidak ada yang salah dengan menerima arus listrik yang lebih rendah—itu tidak akan merusak perangkat Anda—tetapi Anda pasti akan mengutak-atik ibu jari Anda lebih lama.

Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi