Tuesday, May 17, 2022
BerandaCara Download Video YouTube, Bisa Nonton Offline saat Mudik

Cara Download Video YouTube, Bisa Nonton Offline saat Mudik

TechDaily.id – Menonton video YouTube akan baik-baik saja selama kamu memiliki koneksi internet stabil. Jika sedang berada di jalan kamu bisa mengunduh video saja. Begini cara download video YouTube, bisa nonton offline saat mudik.

BACA JUGA
Kualitas Video YouTube Turun Jadi SD Gara-Gara Corona

Ada kalanya kamu tidak ingin memiliki link berkecepatan tinggi ke web saat liburan atau dalam perjalanan. Untuk mempersiapkan situasi ini, kamu mungkin ingin mengunduh video YouTube terlebih dulu untuk ditonton secara offline.

Jika kamu tertarik untuk mengunduh video YouTube agar bisa ditonton offline, coba ikuti langkah-langkah berikut ini baik di desktop maupun di mobile, sebagaimana dikutip dari Gizmodo.

BACA JUGA
Google Ujicoba Iklan YouTube Menggunakkan AR

Cara Download Video YouTube

Download Video YouTube di Desktop
Jika kamu masuk ke YouTube dengan akun premium, kamu akan melihat tombol Unduh di bawah video saat Anda menontonnya: Klik dan unduhan dimulai. Jika kamu menelusuri gambar mini video dalam kotak (misalnya di beranda YouTube), kamu dapat mengeklik tiga titik di sebelah video mana pun untuk menemukan opsi unduhan.

Kotak status unduhan kecil muncul di sudut kiri bawah, dan kamu harus tetap membuka tab browser saat ini hingga unduhan selesai. Unduhan tidak disinkronkan antar perangkat— unduhan lokal ke perangkat yang kamu gunakan — dan unduhan tidak akan dihapus secara otomatis kecuali perangkat berjalan selama 30 hari tanpa tersambung ke internet.

Untuk menemukan unduhan kamu di YouTube web, klik tombol Download di panel navigasi di sebelah kiri. Apa pun yang kamu lihat di halaman ini dapat ditonton tanpa koneksi internet jika perlu. Klik Pengaturan unduhan (kanan atas) untuk mengubah kualitas video default unduhan Anda, hingga maksimum 1080p HD.

Di layar yang sama, kamu akan melihat tombol Hapus semua unduhan, yang menghapus semua klip yang disimpan ke perangkat saat ini. Untuk menghapus unduhan individual, klik tiga titik di sebelah klip pada halaman unduhan dan pilih Hapus dari unduhan, atau buka halaman video dan klik Diunduh lalu Hapus pada kotak dialog berikutnya.

Download Video YouTube di Mobile
Kamu juga dapat mengunduh video YouTube di dalam aplikasi seluler untuk Android dan iOS. Kamu dapat mengetuk tombol Unduh yang muncul di bawah video saat kamu menontonnya, atau kamu dapat mengetuk tiga titik di sebelah video saat menjelajahinya dan kemudian memilih opsi Unduh video.

Pertama kali melakukan ini, kamu akan diminta untuk memilih pengaturan kualitas video, hingga 1080p HD. Jika kamu ingin aplikasi YouTube tetap menggunakan setelan yang sama di masa mendatang, centang kotak Ingat setelan saya—jika tidak, kamu akan diminta untuk memilih kualitas video unduhan setiap kali kamu menyimpan klip.

Kamu dapat menemukan opsi kualitas unduhan video dan berbagai pengaturan lainnya—seperti membatasi unduhan pada waktu perangkat kamu menggunakan wifi atau tidak—dengan mengetuk gambar profil Anda (kanan atas di layar depan) lalu Pengaturan dan Latar Belakang dan unduhan. Ada juga sakelar sakelar Rekomendasikan unduhan: Aktifkan ini dan YouTube merekomendasikan video yang mungkin ingin kamu simpan berdasarkan aktivitas menonton Anda.

Untuk menemukan video dan video yang direkomendasikan yang telah Anda unduh ke perangkat Anda, ketuk Perpustakaan lalu Unduhan dari layar depan aplikasi. Sekali lagi, Anda harus terhubung ke internet setidaknya sekali setiap 30 hari agar unduhan tetap di tempatnya, agar YouTube tahu bahwa Anda masih pelanggan Premium.

Ketuk tiga titik di sebelah video yang diunduh untuk menemukan opsi untuk menghapusnya dari perangkat Anda. Anda dapat mengakses opsi untuk menghapus semua video yang diunduh—bersama dengan perincian tentang seberapa banyak ruang yang mereka gunakan saat ini di ponsel atau tablet Anda—dengan membuka layar pengaturan unduhan yang kami sebutkan di atas.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi