Monday, February 26, 2024
BerandaTipsCara Edit Video di Steam Deck

Cara Edit Video di Steam Deck

TechDaily.id – Bagi gamers, nama Steam Deck sudah tidak asing. Anda bisa mengedit video juga dari Steam Deck lho. Begini cara edit video di Steam Deck.

Bagi yang belum tahu, Steam Deck adalah perangkat game yang hebat. Tapi Deck juga dapat menjadi komputer pribadi yang lengkap, sebagaimana dikutip dari Makeuseof.

Untuk sejumlah orang, ini mungkin PC paling kuat di rumah kita. Dengan APU yang kuat dimaksudkan untuk mendorong grafik yang intens, mesin ini juga mampu merender video dengan kecepatan yang paling baik yang dapat dialami banyak dari kita pada perangkat dengan grafis terintegrasi Intel.

Cara Edit Video di Steam Deck

  1. Switch Desktop Mode

Pertama-tama, kamu harus mengubah konsol game menjadi komputer. Jika belum terbiasa dengan cara kerjanya, prosesnya cukup mudah. Jika kamu menahan tombol daya Steam Deck, sebuah menu akan muncul dengan opsi untuk Beralih ke Desktop.

Ketika kamu memilih opsi ini, komputer akan reboot. Secara default, desktop akan muncul di layar Steam Deck. Kamu dapat menavigasi ini dengan paling mudah menggunakan touchpad bawaan Deck di bawah joystick, meskipun kamu mungkin perlu menunggu beberapa saat untuk mengaktifkannya.

  1. Pastikan Memiliki Ruang Penyimpanan Cukup
BACA JUGA
Cara Uninstall Game Steam

Kamu ingin memastikan memiliki ruang penyimpanan yang cukup? Mengingat file video bisa agak besar. Kamu membutuhkan ruang yang cukup untuk file yang ingin diedit, ukuran file yang sudah selesai, dan jumlah ruang yang digunakan oleh proses rendering itu sendiri.

Karena ruang penyimpanan menjadi perhatian, Steam Deck 64GB bukanlah pilihan yang ideal. 64GB terisi dengan cepat, terutama jika kamu menggunakan Deck untuk bermain game. Beberapa judul yang lebih baru dapat menggunakan keseluruhan ruang itu sendiri.

  1. Install Kdenlive

Sekarang kamu berada dalam Mode Desktop dan memiliki penyimpanan yang cukup untuk digunakan, saatnya untuk menginstal editor video. Sebagian besar opsi yang kamu kenal dari Windows atau macOS mungkin tidak akan tersedia untuk Steam Deck.

Muncul dengan SteamOS, sistem operasi berbasis Linux. Khususnya, kamu menggunakan desktop KDE Plasma. Editor video paling mumpuni dan terkenal untuk KDE Plasma adalah Kdenlive.

Kamu dapat menemukan Kdenlive di dalam app store yang disertakan dengan Steam Deck yang dikenal sebagai Discover. Ini bukan program khusus yang dirancang Valve. Alih-alih, Discover adalah aplikasi KDE untuk menemukan aplikasi baru, add-on, dan lainnya. Itu juga cara Anda menghapus barang yang sudah kamu instal.

BACA JUGA
Apple Kucurkan Dana Rp 7 Triliun Untuk Apple Arcade

Setelah terinstal, jika kamu pernah menggunakan editor video sebelumnya, kamu mungkin dapat mengetahui cara menggunakan Kdenlive. Setiap editor video memiliki alur kerjanya sendiri, tetapi banyak dari dasarnya sama.

Apakah Editor Video Lain Tersedia?

Jika Anda belum memiliki Steam Deck, atau kamu tidak memilikinya di dekat, kamu dapat memeriksa aplikasi mana yang tersedia untuk Deck dengan memeriksa Flathub.

Flathub adalah situs web yang mendistribusikan aplikasi Linux dalam format Flatpak, yang digunakan oleh Steam Deck. Perangkat lunak ini tersedia untuk semua desktop Linux, bukan hanya Deck. Berikut ini daftar editor video sumber terbuka lainnya.

  • OpenShot
  • Shotcut
  • Flowblade
  • Pitivi
Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi