Monday, August 8, 2022
BerandaGadgetCara Hapus Data Android Secara Permanen

Cara Hapus Data Android Secara Permanen

TechDaily.id – Kamu sudah tahu cara hapus data Android secara permanen? Mudah lho untuk melakukan ini. Jika kamu bingung, kamu bisa ikuti langkah-langkah ini.

BACA JUGA
Kabar Baik, Huawei Mate X Masih Adopsi OS Android

Saat menghapus file dari ponsel Android, file akan tetap berada di penyimpanan perangkat hingga ditimpa dengan data baru. Ini dulunya adalah masalah privasi utama karena artinya file yang dihapus dapat diambil menggunakan software pemulihan data.

Sejak Android 6 (Marshmallow), semua ponsel Android dienkripsi secara default, mencegah alat pemulihan mengakses kontennya. Tapi, jika kamu masih khawatir tentang file sensitif yang jatuh ke tangan yang salah, perlu tahu mengatasinya.

BACA JUGA
Cara Gabung FaceTime dari Android

Cara Hapus Data Android Secara Permanen

1. Hapus Item Menggunakan File Manager
Cara terburuk untuk menghapus file pribadi dari ponsel Android adalah dari dalam aplikasi terkait. Ini berisiko item dipindahkan ke folder Sampah atau Bin daripada dihapus secara permanen atau terus ada sebagai salinan cloud yang disinkronkan.

Aplikasi Google Photo, misalnya, menyimpan gambar dan video yang dihapus selama 60 hari kecuali kamu mengosongkan sampahnya secara manual. Bahkan jika kamu melewati ini dengan memilih Hapus dari perangkat, item akan tetap ada di akun Google Anda.

Pilihan yang jauh lebih baik adalah menggunakan file explorer atau aplikasi pengelola file untuk menghapus item sensitif secara permanen. Ada banyak penjelajah file gratis untuk Android, termasuk aplikasi File Google yang luar biasa.

2. Hapus Data Dengan Penghancur File
Penghancur file seperti iShredder, Shreddit, dan Data Eraser menawarkan pilihan algoritme penghancuran. Ini memungkinkan kamu memutuskan berapa kali data ditimpa dengan karakter acak. Semakin banyak lintasan, semakin kecil peluang data yang dihapus dapat diambil.

Kamu harus memberikan izin kepada aplikasi ini untuk mengakses file kamu (dan secara opsional, kontak Anda, yang tidak kami sarankan), tetapi mereka tidak akan merusak apa pun tanpa meminta konfirmasi dari kamu.

3. Hapus File Android dari PC
Jika kamu tidak ingin menginstal aplikasi untuk menghapus file secara permanen, kamu dapat menghubungkan ponsel Android ke PC dan menghapus data melalui Windows. Metode ini membuat pencarian dan penghapusan item tertentu menjadi lebih mudah menggunakan File Explorer dengan cepat.

Hubungkan ponsel kamu menggunakan kabel USB dan pilih Buka perangkat untuk melihat file dari opsi Putar Otomatis. Atau, buka File Explorer, pilih PC ini, dan klik dua kali ikon drive ponsel kamu.

Jika drive terlihat kosong, tarik ke bawah baki notifikasi dari bagian atas layar ponsel Anda, ketuk USB mengisi daya perangkat ini, dan pilih Transfer file atau Transfer file. Atau buka Pengaturan > Perangkat yang terhubung > USB dan aktifkan opsi di sana.

4. Hapus File Sensitif dari SD Cards
Jika file pribadi yang ingin kamu hapus terletak di kartu memori SD daripada di penyimpanan internal ponsel kamu, ada beberapa cara untuk menghapusnya.

Pertama, buka Pengaturan> Penyimpanan> kartu SD. Cari file dan hapus dari sana. Namun, ini tidak akan membuatnya tidak dapat dipulihkan, jadi kamu mungkin ingin memformat kartu juga. Ini akan menghapus isinya sepenuhnya, jadi pastikan kamu memindahkan file apa pun yang ingin kamu simpan ke ponsel terlebih dahulu.

Ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas dan pilih Pengaturan penyimpanan. Pilih Format, lalu ketuk Hapus & Format atau Format kartu SD untuk menghapus dan memformat kartu.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi