Thursday, May 19, 2022
BerandaGadgetTipsCara Kembali ke Android Versi Lama

Cara Kembali ke Android Versi Lama

TechDaily.id – Sudah tahukah kamu cara kembali ke Android versi lama? Jika kamu belum mengetahui trik untuk downgrade sistem operasi Google, coba cari tahu cara kembali ke Android versi lama.

BACA JUGA
Cara Gunakan Bonus Dadakan Lazada 2021

Secara umum, hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah selalu memperbarui perangkat. Sayangnya, update terkadang dapat merusak perangkat lunak, mengubah fitur dengan cara yang tidak diinginkan, atau membawa bug yang mungkin tidak dapat diperbaiki oleh pabrikan.

Beralih kembali ke versi Android sebelumnya umumnya tidak disarankan, tapi bukannya tidak mungkin. Bingung cara melakukannya? Inilah cara Anda dapat melakukannya.

BACA JUGA
Cara Close Aplikasi di Android

Cara Kembali ke Android Versi Lama

Langkah 1: Aktifkan USB Debugging
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengaktifkan opsi Pengembang di ponsel dengan masuk ke Pengaturan, temukan bagian Tentang ponsel, lalu ketuk nomor Bangun hingga kamu mendapatkan pesan yang mengatakan “Anda sekarang adalah pengembang!”.

Selanjutnya, masuk ke opsi Pengembang dan aktifkan USB debugging dan OEM unlocking.

Langkah 2: Hubungkan Ponsel ke Komputer
Di PC kamu, navigasikan ke folder tempat Android SDK disimpan, dan letakkan gambar pabrik Android yang diunduh di sana. Gambar pabrik biasanya datang dalam file ZIP yang berisi file IMG; unzip gambar pabrik di sana di folder Android SDK.

Sekarang, saat masih di folder Android SDK, tahan Shift lalu klik kanan di dalam jendela, lalu pilih Buka jendela PowerShell di sini. Di jendela PowerShell yang terbuka, ketik adb devices untuk memeriksa apakah ponsel kamu terdeteksi.

Jika ya, kamu akan melihat nomor serinya terdaftar. Jika tidak, coba gunakan kabel USB lain. Sekarang kamu harus mem-boot perangkat ke mode fastboot. Untuk melakukan ini, ketik adb reboot bootloader di PowerShell.

Langkah 3: Buka Kunci Bootloader
Setelah perangkat kamu dalam mode fastboot, coba buka kunci bootloader. Tergantung pada perangkat yang digunakan, ketik fastboot oem unlock, dan jika ini tidak berhasil, ketik fastboot flashing unlock sebagai gantinya. Jika semuanya berjalan dengan baik, kamu akan melihat konfirmasi di perangkat bootloader sekarang tidak terkunci.

Langkah 4: Instal Android Versi Lama
Beberapa produsen akan menyertakan skrip “flash-all” sebagai bagian dari gambar pabrik yang diunduh yang secara otomatis akan mem-flash semuanya untuk kamu. Jika demikian, skrip harus berada di folder Android SDK, bersama dengan file IMG yang Anda ekstrak.

Klik dua kali pada skrip flash-all.bat. Sebuah kotak akan muncul yang menunjukkan kepada kamu proses flashing saat itu terjadi. JANGAN cabut telepon kamu selama proses ini!

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi