Tuesday, July 27, 2021
BerandaGadgetTipsCara Melindungi Smartphone Android dari Malware

Cara Melindungi Smartphone Android dari Malware

Techdaily.id – Apakah kamu tahu bahwa serangan malware dapat terjadi kapan saja? Malware yang berada di sebuah smartphone memberikan akses kepada pembuatnya untuk mengeksploitasi perangkat kamu. Serangan malware terjadi karena pengguna smartphone mengunduh berbagai aplikasi dari pihak ketiga. Untungnya, terdapat banyak cara melindungi smartphone Android dari Malware loh.

BACA JUGA
Cara Mengetahui Password WiFi di Laptop

Berbicara soal malware, Kabarnya, sekarang ini hadir beragam jenis malware baru yang menyerang smartphone, salah satunya Joker. Nah, kira-kira bagaimana cara menghindari serangan malware? Simak cara berikut ini!

Instal dan Update Antivirus di Smartphone

Mengunduh aplikasi antivirus di smartphone akan membantu menghindari serangan malware. Pastikan mengunduh aplikasi antivirus yang terpercaya agar tidak rentan masalah dan update secara berkala. Aplikasi antivirus yang tidak jelas seringkali sudah tertanam malware dan spyware yang berbahaya.

Hindari Mengunduh Aplikasi Sembarangan

Cara melindungi smartphone Android dari Malware selanjutnya adalah dengan tidak mengunduh aplikasi sembarangan. Seperti di poin pertama, mengunduh aplikasi antivirus di Play Store belum sepenuhnya terbebas dari malware atau spyware. Telitilah saat memberikan access permission ketika sedang mengunduh aplikasi. Apabila muncul permintaan izin yang mencurigakan, kamu bisa menghentikan proses tersebut.

Update OS secara Rutin

Menghindari malware bisa dilakukan dengan terus memperbarui sistem operasi smartphone kamu. Perangkat yang terus ter-update sering menyertakan perbaikan bugs dan mampu mencegah malware.

Waspada saat Menggunakan WiFi Publik

Para hacker sering memanfaatkan jaringan WiFi gratis untuk menyerang smartphone kamu melalui malware. Jika terpaksa menggunakan WiFi publik, pastikan koneksi tersebut aman dan ditawarkan oleh layanan yang terpercaya.

Nah, itu tadi merupakan cara-cara menjaga smartphone kamu dari serangan Malware, cukup mudah bukan? Hanya dengan menerapkan keempat cara tersebut, kamu dapat terhindar dari serangan malware.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi