Thursday, May 19, 2022
BerandaCara Maksimalkan RAM di HP Android

Cara Maksimalkan RAM di HP Android

TechDaily.id – Sudah tahukah kamu cara maksimalkan RAM di HP Android? Jika belum, kamu bisa mengetahui solusi agar kerja RAM di HP Android lebih maksimal.

BACA JUGA
Review Samsung Galaxy Buds Pro, Earphone TWS Premium

Saat kamu memiliki smartphone seiring waktu akan terasa lambat. Random Access Memory (RAM) bisa bermasalah. Tapi, ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Cara Maksimalkan RAM di HP Android

Jika kamu merasa hanya membutuhkan sedikit tambahan dari RAM, maka membeli smartphone baru bukanlah satu-satunya pilihan. Meskipun belum dapat mengunduh RAM, beberapa produsen Android telah menerapkan fitur yang disebut Virtual RAM.

BACA JUGA
Tips Foto Produk Menggunakan OPPO A95 Versi CEO Gentanala

Virtual RAM ini mengubah beberapa penyimpanan internal berkecepatan tinggi kamu menjadi memori RAM, memungkinkan perangkat mendapatkan keuntungan dari beberapa gigabyte tambahan memori.

Tapi, karena ini masih menggunakan chip memori SSD yang lebih lambat, ekstensi RAM ini hanya akan berguna untuk aplikasi latar belakang, penjelajahan, dan tugas-tugas lain yang tidak terlalu intensif.

Jadi jangan berharap untuk meningkatkan kinerja kamu dalam game secara langsung. Apa yang dapat dilakukannya, adalah membantu perangkat mengalokasikan aplikasi latar belakang di sana, memberikan game bagian yang lebih besar dari RAM berkecepatan lebih tinggi.

Proses berikut mungkin berbeda dari satu pabrikan ke pabrikan lainnya, tetapi secara umum, Anda dapat menemukan opsi ini di Tentang Perangkat > RAM > Ekspansi RAM.

Bagaimana cara menghemat RAM Anda
Untuk perangkat tersebut, Anda tidak dapat secara ajaib menambahkan lebih banyak memori, dan memori virtual tidak cukup cepat untuk memenuhi kebutuhan game. Tapi kamu dapat memanfaatkan apa yang kamu miliki dengan lebih baik.

Sebagai aturan praktis, semakin banyak yang dilakukan ponsel kamu, semakin banyak RAM yang digunakan. Jadi, jika kamu dapat mengurangi apa yang sedang berjalan, kamu dapat mengosongkan lebih banyak memori untuk tugas-tugas yang benar-benar penting.

Batasi widget dan Live Wallpaper
Widget dan live wallpaper cukup rakus dalam hal penggunaan RAM. Banyak yang sering refresh dan menempati bandwidth, sementara beberapa terus aktif. Ini juga dapat menyebabkan baterai kamu lebih cepat habis. Jadi ingatlah untuk membatasi jumlah widget dan wallpaper hidup yang berlaku untuk mengoptimalkan memori yang tersedia saat ini, sebagaimana dikutip dari Next Pit.

Tutup atau hapus instalan aplikasi secara manual
Jika menghapus aplikasi tidak membantu, kamu mungkin perlu mengambil pendekatan yang lebih keras dan menutup aplikasi secara manual. Ini dapat dilakukan di Pengaturan > Aplikasi, lalu ketuk aplikasi. Di bawah judul Memori, Anda dapat melihat berapa banyak RAM yang telah digunakan dalam 3 jam terakhir.

Nonaktifkan animasi
Animasi sering mencuri RAM dan sangat tidak penting; Anda dapat mengelola ini di opsi pengembang. Untuk mengaktifkan Opsi Pengembang di perangkat kamu, buka Pengaturan, lalu Tentang Ponsel, lalu ketuk nomor build sekitar tujuh kali hingga memberi tahu Anda bahwa Anda telah menjadi pengembang.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi