Tips

Cara Melacak Barang Hilang dengan Samsung Smart Tag

Techdaily.id – Samsung merilis salah sebuah perangkat bernama Samsung Smart Tag yang berfungsi untuk melacak keberadaan suatu barang. Menggunakan perangkat ini, anda bisa melacak barang yang hilang atau lupa tempat menyimpannya. Nah inilah cara melacak barang hilang menggunakan Samsung Smart Tag.

BACA JUGA
Cara Aktifkan Paket Spotify Premium Mini Tanpa Kartu Kredit

Samsung Smart Tag didesain dengan bentuk mungil dan berbentuk kotak yang memiliki dimensi sekitar 3,5 mm di setiap sisinya dan terdapat sebuah lubang yang bisa digunakan untuk pengait layaknya gantungan kunci.

Perangkat ini bisa digunakan untuk melacak barang yang hilang baik dengan bantuan internet maupun tidak. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Cukup dengan pasangkan atau gantung Smart Tag di barang seperti dompet, koper maupun kunci dan bahkan bisa dipasangkan pada binatang peliharaan. Maka barang yang dipasangi Smart Tag ini akan secara otomatis terkoneksi ke HP melalui aplikasi Smart Things.

Untuk lebih jelasnya, simak cara menggunakan Smart Tag untuk melacak barang hilang sebagai berikut:

1.Mengkoneksikan Smart Tag ke HP

Sebelum menggunakan perangkat Smart Tag dan mengkoneksikannya ke HP, anda terlebih dahulu harus mendownload aplikasi Smart Things di HP anda dan kemudian mulai mengkoneksikannya dengan perangkat Smart Tag. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Smart Things
  • Lalu aktifkan Galaxy Smart Tag dengan menekan tombol di bagian tengah selama beberapa detik
  • Setelah muncul notifikasi, selanjutnya klik add now dan ikuti perintah yang muncul di HP
BACA JUGA
7 Smartphone Terbaik OPPO Rilisan 2019 yang Wajib Kamu Punya Menjelang Tahun Baru 2020

2. Cara Menggunakan Smart Tag

Untuk mencari barang hilang menggunakan Smart Tag, berikut adalah langkah-langkahnya:

    • Buka aplikasi Smart Things
    • Selanjutnya pada halaman My Home, pilihlah Smart Tag
    • Pilih view map
    • Maka barang yang sedang dicari akan terdeteksi melaui view map
    • Jika jarak barang yang dicari dekat, maka cukup tekan menu Ring dan Smart Tag akan berbunyi sehingga barang yang dicari segera ditemukan
    • Jika jaraknya jauh dari lokasi kita, maka gunakan menu Navigate untuk melacak barang yang hilang

Saat melacak barang yang hilang, Smart Tag menggunakan teknologi BLE (Bluetooth Low Energy) yang akan memberikan sinyak kepada Smart Things Find dan aplikasi Smart Things secara offline. Menggunakan sesama perangkat Galaxy pun dapat membantu menemukan barang yang hilang di tempat yang jauh dengan Galaxy Find Network.

Cara kerja Smart Tag adalah pada saat Smart Tag berada jauh dari smartphone selama 30 menit maka Galaxy Smart Tag dengan BLE memberikan sinyak kepada SmartThings Find di perangkat-perangkat Galaxy di sekitarnya yang kemudian akan mengirimkan sinyal tersebut ke perangkat Galaxy untuk memudahkan melacak lokasi Smart Tag.

Dengan fitur Private ID memastikan sepanjang SmartTag mengirimkan sinyal BLE, maka akan membentuk sebuah ID rahasia yang berfungsi untuk menjaga data-data kita tetap aman. Harga Smart Tag ini dibanderol senilai Rp 399 ribu dan saat ini tersedia dalam varian hitam dan putih.

BACA JUGA
Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Gak Stabil, Gak Susah!

Demikian cara melacak barang hilang menggunakan Smart Tag. Menarik bukan? Jika ingin mencoba perangkat pintar ini, kamu bisa mendapatkannya di store resmi Samsung dengan harga yang cukup terjangkau. (ira)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close