Tuesday, July 27, 2021
BerandaGadgetCara Melihat Nomor IMEI OPPO

Cara Melihat Nomor IMEI OPPO

Techdaily.id  – Apakah kamu meragukan ponsel yang kamu miliki itu asli atau palsu? atau apakah IMEI ponselmu terdaftar atau tidak? Tenang saja, sekarang kamu bisa cek IMEI dari ponselmu. Bagi yang belum tahu apa itu IMEI, yaitu nomor identitas khusus yang berfungsi mengidentifikasi ponsel pintar. Pada artikel berikut ini, tim redaksi Techdaily akan mengulas bagaimana cara melihat nomor IMEI OPPO.

BACA JUGA
Cara Scan Barcode dan QR Code di HP Android, Mudah Banget!

IMEI terdiri dari 14 digit yang digabung dengan 1 digit yang berfungsi untuk memverifikasi semua digit sebelumnya. Digit-digit tersebut bukan hanya sekadar kumpulan angka saja tetapi membawa makna mulai dari nomor model, pabrikan, hingga asal muasal ponsel pintar tersebut dirancang.

Fungsi IMEI selain sebagai pembeda ponsel asli dan tidak, juga bisa digunakan untuk memblokir ponsel yang hilang atau dicuri agar tidak memiliki konseksi dengan GSM, dan untuk menghindari ponsel yang ilegal.

Setiap ponsel yang dikeluarkan oleh perusahaan pasti memiliki nomor IMEI, tak terkecuali ponsel bermerek OPPO. Bagi kamu pengguna OPPO, apakah kamu sudah mencatat atau menyimpan nomor IMEI OPPO milikmu atau belum tahu bagaimana cara melihat nomor IMEI OPPO?

  1. Periksa nomor IMEI OPPO di Boxnya

Cara pertama untuk memeriksa nomor IMEI cukup mudah, hanya dengan melihatnya di dus box ponselmu. Lalu kamu mesin pencarian Chrome untuk buka situs IMEI dari Kemenperin untuk memeriksa apakah IMEI OPPOmu terdaftar atau tidak. Setelah itu tulis nomor IMEI OPPO di kolom yang sudah tersedia, jika ponsel OPPOmu asli akan muncul tulisan “IMEI terdaftar di database Kemenperin”.

  1. Cek nomor IMEI OPPO di cangkang ponsel

Box ponsel OPPO mu hilang ? tenang saja, kamu bisa memeriksanya di cangkang atau body baterai ponselmu. Hampir sama dengan cara sebelumnya, cek nomor IMEI terlebih dahulu. Kemudian buka situs Kemenperin melalui ponsel, laptop, atau komputermu yang terkoneksi dengan internet. Isikan nomor IMEI pada kolom yang tersedia. Jika ponsel OPPOmu asli maka akan muncul “IMEI terdaftar di database Kemenperin”.

  1. Pada Pengaturan

Jika kedua cara tersebut cukup kesulitan karena kehilangan nomor IMEI, kamu bisa memeriksanya di pengaturan di ponsel OPPO. Lalu pilih menu tentang ponsel, kemudian pilih status. Salin atau catat nomor IMEInya. Sama seperti sebelumnya, yaitu buka situs Kemenperin di Chorme, lalu isikan nomor IME pada kolom yang tersedia. Jika ponsel OPPOmu asli maka akan muncul “IMEI terdaftar di database Kemenperin”.

  1. Gunakan kode rahasia

Dari ketiga cara tersebut, cara keempat ini yang paling mudah. Cukup menggunakan kode rahasia saja. Cukup buka menu telepon, lalu ketik kode *#06#. Setelah itu muncul nomor IMEI ponsel OPPOmu lalu salin atau screenshot. Kemudian Kemudian buka situs Kemenperin melalui ponsel, laptop, atau komputermu yang terkoneksi dengan internet. Isikan nomor IMEI pada kolom yang tersedia. Jika ponsel OPPOmu asli maka akan muncul “IMEI terdaftar di database Kemenperin”.

BACA JUGA
5 Rekomendasi HP Android untuk Bermain Game Berat

Nah, itulah cara melihat nomor IMEI OPPO, sangat mudah kan? selamat mencoba ya. (ran)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi