Saturday, May 21, 2022
BerandaGadgetHead2headCara Membedakan Layar Amoled dan IPS

Cara Membedakan Layar Amoled dan IPS

Techdaily.id – Sebagian orang mungkin masih tidak mengetahui cara membedakan layar Amoled dan IPS. Padahal, untuk membedakannya tidak terlalu sulit dan bisa dipelajari.

BACA JUGA
Mudik Virtual, Silaturahmi di Tengah Pandemi

Nah, pada ulasan kali ini, kami akan menghadirkan tips tersebut agar kalian bisa dengan mudah membedakan dua jenis panel layar tersebut. 

Cara Membedakan Layar Amoled dan IPS

Sekadar informasi, layar Amoled dan layar IPS memang menjadi dua jenis layar yang sering digunakan oleh produsen smartphone. 

IPS LCD LCD (Liquid Crystal Display) menggunakan kristal cair, dimana satu piksel LCD terbuat dari satu buah kristal cair sebagai titik cahaya. Di belakang susunan kristal cair ini ada backlight yang menjadi sumber cahaya. 

Cahaya yang melewati kristal cair ini kemudian terpolarisasi, dikontrol oleh filter horizontal dan vertikal yang ada disisi susunan kristal, sehingga beberapa warna akan diteruskan dan warna lainnya akan tersaring.

Sementara layar AMOLED (Active Matrix Organic Light-Emitting Diode) merupakan teknologi yang lebih baru dari IPS LCD. Pada intinya AMOLED menggunakan anoda dan katoda untuk mengalirkan elektron melalui lapisan film yang sangat tipis. 

BACA JUGA
Harga Advan G9, Cuma Sejutaan!

Kecerahan ditentukan oleh kuat tidaknya elektron yang mengalir, sedangkan warna diatur oleh emitting dioda merah, hijau, dan biru yang tertanam di layar.

Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia saat ditemui tim Techdaily menjelaskan cara membedakan dua layar tersebut yang paling mudah adalah dengan mengakses warna hitam atau gelap di smartphone tersebut. 

“Layar amoled kalau menyala dengan warna hitam, maka akan berwarna hitam seluruhnya karena tiap pikselnya akan mati, sehingga lebih hemat daya,” ujar Aryo. 

Aryo menambahkan, sementara jika layar IPS, layarnya tidak berwarna hitam pekat, karena masih ada piksel yang menyala.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi