Sunday, August 14, 2022
BerandaGadgetCara Membersihkan Earbuds, Patut Dicoba!

Cara Membersihkan Earbuds, Patut Dicoba!

TechDaily.id – Earbuds telah menjadi pilihan banyak orang mendengarkan musik belakangan ini. Karena sering dipakai, tentu saja earbuds bisa kotor. Bagaimana cara membersihkan earbuds?

BACA JUGA
Redmi 6 Gak Dapet Update Android Pie?

Penjualan wireless earbuds meningkat saat Apple melepas jack headphone iPhone 7 dan merilis AirPods. Sejak itu, setiap produsen smartphone juga ikut mengeluarkan aksesori itu.

Ada yang berukuran besar dan mahal. Namun, beberapa earbuds juga memiliki desain plastik satu ukuran. Sedangkan model memiliki ujung karet yang dapat diganti pengguna agar sesuai bentuk telinga.

BACA JUGA
Tips Merawat HP Samsung Agar Awet

Tapi, satu hal yang sama dari semua earbuds. Pada akhirnya, semuanya akan menjadi kotor dengan penumpukan kotoran telinga atau debu yang dapat menghambat kualitas suara dan mengurangi output volume secara keseluruhan.

Akibatnya, kamu perlu meluangkan waktu untuk membersihkan earbuds. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk membersihkan earbuds. Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Membersihkan Earbuds

Hal yang Perlu Diperhatikan
Penting untuk diingat sebagian besar produsen menyarankan untuk membersihkan earbud hanya dengan kain mikrofiber bersih atau kapas kering. Instruksi dari produsen besar seperti Samsung dan Apple menyarankan untuk tidak menggunakan alkohol atau cairan lainnya.

Pembersihan alkohol sederhana mungkin baik-baik saja untuk beberapa permukaan jika dijauhkan dari speaker, lubang mikrofon, atau port pengisian daya, tetapi itu memang menimbulkan beberapa bahaya, sebagaimana dikutip dari The Verge.

Jika kamu mencoba menggunakan proses basah atau pembersih apa pun, kamu akan dihadapkan dengan risiko sendiri. Hal yang perlu ditekankan adalah jangan pernah menenggelamkan earbud atau wadah pengisi daya ke dalam cairan apa pun untuk membersihkannya.

Mulai dari Basics
Pendekatan “kurang lebih” selalu menjadi cara yang harus dilakukan saat membersihkan barang elektronik. Jadi mari kita mulai dengan membahas cara paling sederhana dan paling tidak berisiko untuk membersihkan penumpukan dari sebagian besar earbud.

Mulailah dengan alat pembersih paling dasar dan lanjutkan hingga earbud cukup bersih. Tidak perlu invasif dengan tusuk gigi jika embusan udara menanganinya. Selalu mulai dari yang kecil sebelum melompat ke yang ekstrem.

Banyak alat yang disebutkan di sini adalah barang-barang rumah tangga biasa. Kamu dapat membeli kit pembersih untuk earbud yang memiliki banyak alat serupa, tetapi kamu mungkin sudah memiliki yang kamu butuhkan.

– Force Air
Meskipun meniupkan udara dari mulut ke earbud kamu mungkin menghilangkan debu atau kotoran telinga, kemungkinan besar itu tidak akan cukup, dan kamu dapat secara tidak sengaja menyemburkan sedikit air liur ke sesuatu yang masuk ke telinga kamu, sehingga tidak benar-benar bersih. Coba alat berikut:

*A bulb / rocket blower

* Canned air

Untuk earbud plastik keras, arahkan drill speaker yang kotor menjauh dari kamu dan ke arah lantai. Coba arahkan peniup ke atas dan ke drill speaker earbud. Kamu ingin mencegah puing-puing dari kemungkinan terbang ke arah mata kamu.

Untuk earbud dengan ujung karet lunak yang dapat dilepas, lepaskan dengan hati-hati dan pegang ujungnya ke lantai. Hembuskan udara ke dalam dan melalui lubang di ujung earbud, mengarah ke bawah dan menjauhi kamu.

Kemudian balikkan dan hembuskan udara melalui sisi lain sebelum pindah ke earbud itu sendiri dan hembuskan semua kotoran yang berhasil masuk ke drill speaker. Setelah ujung karet dilepas, itu menjadi satu-satunya bagian earbud yang dapat kamu bersihkan dengan aman dengan cairan.

Jika kamu memilih untuk membersihkan ujung yang terlepas dengan air, biarkan mengering semalaman untuk memastikan tidak ada kelembapan yang tersisa sebelum memasangkannya kembali ke earbud.

Menggunakan Cotton Swabs dan Sikat
Kepulan udara jarang cukup untuk penumpukan yang macet, terutama jika kamu memiliki telinga yang terlalu berlilin. Tahap selanjutnya adalah menggunakan alat kecil untuk memecah kotoran telinga atau penumpukan kotoran tanpa risiko kerusakan.

Kamu akan mengambil atau memeriksa bagian elektronik, jadi berhati-hatilah dan berhati-hatilah. Pertimbangkan alat berikut:

– Kapas

– Tusuk gigi kayu atau plastik dasar

– Alat spudger plastik (mirip dengan yang disertakan iFixit dengan banyak kit perbaikan DIY)

– Tusuk sate (biasanya digunakan untuk makanan/memasak)

– Sikat kering (sikat gigi bagus, tetapi jangan pernah mengambil risiko menggunakannya untuk perawatan gigi setelah ini)

– Pembersih pipa (jenis seni dan kerajinan)

Perhatikan alat di atas cukup lembut seperti katun dan kuas atau keras tetapi tidak terlalu keras seperti kayu dan plastik. Karena logam dapat menyebabkan goresan atau kerusakan pada drill speaker atau cangkang plastik earbud.

Untuk earbud plastik keras, mulailah dengan kapas dan coba pecahkan dan bersihkan kotoran atau lilin di speaker. Miringkan mereka ke bawah untuk membiarkan gravitasi membantu tujuan kamu. Jika swab tidak cukup kuat, naik ke tusuk gigi, spudger, atau tusuk kayu dan hati-hati pisahkan penumpukan yang tertanam di sudut dan tepi rongga speaker.

Untuk ujung karet lunak, tusuk gigi mungkin merupakan salah satu alat terbaik — tusuk gigi dapat masuk melalui lubang ujung earbud yang terlepas dan mengikis dinding bagian dalam.

Pastikan untuk membersihkan speaker yang terbuka dengan kapas, sikat, atau tusuk gigi jika lilin telah menempel di atasnya. Jika earbud kamu memiliki sirip atau sisir karet untuk membantu mengamankan pas di telinga, ini mungkin paling baik dibersihkan dengan sikat gigi.

Pembersih pipa juga bisa sangat membantu untuk bagian-bagian karet lunak ini, tetapi karena inti batang logamnya, tidak boleh digunakan untuk hal lain. Setelah kamu memecahkan penumpukan yang membandel, hembuskan lebih banyak udara dari kaleng atau peniup dan lihat apakah itu akhirnya menghilangkan puing-puing. Ambil kain pemoles ke semua permukaan, dan mudah-mudahan, kamu sekarang memiliki beberapa earbud yang cukup bersih.

Perlu diingat, simpan handuk kertas atau spons yang dibasahi air, dan kamu dapat dengan rapi menghapus semua barang kotor saat terkumpul di tusuk gigi sambil meminimalkan kekacauan. Bersiaplah untuk membersihkan ruang kerja kamu setelah selesai. Karena kamu mungkin terkejut betapa banyak kotoran yang keluar saat melakukan pembersihan mendalam pada earbud yang sudah lama diabaikan.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi